Moms, apakah Si Kecil tahun ini sudah mulai belajar berpuasa? Meskipun belum diwajibkan, tetapi tidak ada salahnya ia sudah mulai mengenal ibadah puasa, lho. Tak perlu memaksakan puasa penuh – namun, anak bisa melakukannya setidaknya dengan batasan setengah hari.

Agar pertumbuhan sekaligus kesehatan anak tetap terjaga selama ia menjalani puasa, moms perlu memperhatikan asupan nutrisinya. Dengan menjaga sistem kekebalan.

Tapi, bagaimana ya caranya memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa – agar kesehatan anak terjaga? Mengingat, waktu makan yang cukup terbatas, yaitu saat sahur di pagi hari, dan berbuka puasa. Tak perlu khawatir, setidaknya ada 7 cara yang bisa dilakukan.

Apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasannya sampai habis!

 

 

Tetapkan Waktu yang Konsisten

Credit Image - beritagar.id

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama ia berpuasa, yaitu menetapkan waktu makan konsisten. Seperti disebutkan, Si Kecil yang masih berusia dini seringkali tertarik menjalani ibadah puasa, tapi ada baiknya beri ia batasan, seperti setengah hari ya.

Moms dianjurkan untuk menetapkan waktu makan yang konsisten. Misalnya, jika anak masih sulit bangun sahur dini hari, maka ajak ia untuk saur di waktu sarapan pagi. Kemudian, berbuka puasa di waktu makan siang. Hal ini bisa menjadi awalan yang baik untuk Si Kecil, lho.

 

Perhatikan Menu Makanan Sahur Anak

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak, tentu dipengaruhi oleh menu makanan yang ia konsumsi, termasuk saat sahur. Berbicara mengenai menu tepat untuk sahur, sebaiknya pilih berbagai jenis makanan yang dapat membuat anak kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tapi, tetap perhatikan kandungan nutrisinya ya!

Sebagai rekomendasi, para ahli menyarankan orangtua untuk menyajikan hidangan makanan kaya akan protein, seperti kacang-kacangan, oatmeal, dan telur. Untuk menu yang bercita rasa manis, moms bisa sediakan susu maupun yogurt.

Dengan demikian, nutrisi tetap terpenuhi selama berpuasa – dan, kesehatan anak pun semakin terjaga.

 

Pastikan Si Kecil Mencukupi Kebutuhan Cairan

Credit Image - parenting.dream.co.id

Sebagai orangtua, moms pasti paham betul bahwa meminum air putih sangatlah penting – terutama untuk menjaga kesehatan anak, membantu proses tumbuh kembang, sekaligus menjaga kinerja otaknya. Jadi, selama ia berpuasa – pastikan kebutuhan cairan tubuh Si Kecil tetap terpenuhi.

Minum air putih yang banyak, bukan berarti harus berlebihan! Tentu, ada takaran yang sebaiknya diberikan – yang telah disesuaikan dengan kebutuhan anak, misalnya usia 4-5 tahun diberi 1,6 liter per hati. Nah, asupan cairan tersebut dapat dibagi rata ketika sahur dan berbuka puasa.

 

Beri Buah-Buahan Sebagai Asupan Vitamin

Berbicara mengenai memenuhi kebutuhan nutrisi, tak akan lengkap tanpa adanya vitamin. Apakah moms setuju? Selain dapat mempertahankan kesehatan anak, vitamin juga berperan untuk mempertahankan stamina, sekaligus menjaga daya tahan tubuh Si Kecil.

Untuk mewujudkannya, bisa dilakukan dengan memberi anak buah-buahan di waktu sahur dan berbuka puasa. Secara khusus, disarankan memberi buah seperti semangka, berries, anggur, dan jeruk. Atau, moms bisa berikan pemanis, misalnya yogurt – yang punya cita rasa nikmat.

 

Perhatikan Pula Menu Berbuka Puasa

Credit Image - genpi.co

Jika sebelumnya menu sahur sudah sudah dibahas – dan tentu wajib diperhatikan. Begitu pula dengan sajian berbuka puasa untuk Si Kecil. Hal ini tentu tidak boleh dilewatkan ya. Sebab, menu berbuka yang tepat juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, lho.

Selain buah-buahan dan air putih, dianjurkan untuk memberikan hidangan sehat, seperti sup berisi sayur-sayuran pada anak. Sajian tersebut juga tidak membuat perut anak “kaget” usai menahan lapar dalam waktu tertentu.

 

Hindari Sejumlah Makanan dan Minuman Ini Ya!

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama berpuasa, bukan berarti semua jenis makanan dapat disajikan pada Si Kecil, lho. Tetap saja, ada sejumlah makanan maupun minuman yang mesti dihindari – sehingga kesehatan anak tetap terjaga.

Untuk makanan, hindari yang memiliki kandungan tinggi gula. Sementara, untuk minuman – moms disarankan agar hanya fokus pada air putih, susu, maupun jus murni. Selain dari jenis minuman tersebut, sebaiknya dihindari dahulu ya.

 

Beri Multivitamin Khusus Anak

Credit Image - orami.co.id

Kebutuhan nutrisi Si Kecil tidak hanya melulu harus diperoleh dari sumber makanan saja, lho. Melainkan bisa dibantu dengan memberinya asupan multivitamin khusus anak – yang juga dapat membantu menjaga kesehatan anak.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat bantu meningkatkan napsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Itulah ketujuh tips yang bisa diterapkan untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama ia berpuasa. Yuk, moms ikuti sejumlah kiat di atas – agar kesehatan anak semakin terjaga, dan proses tumbuh kembangnya dapat berjalan maksimal.

 

 

Featured Image - klikdokter.com