Biar Seimbang, Begini 5 Tips Atur Jam Kerja dengan Kehidupan Pribadi

Biar Seimbang, Begini 5 Tips Atur Jam Kerja dengan Kehidupan Pribadi

font size A Ǎ

Sampai saat ini, sebagian perusahaan masih memberlakukan kebijakan bekerja di rumah – alias work from home selama pandemi Covid-19. Cara yang satu ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona. Apakah kamu juga masih menjalani work from home? Mesti harus bersabar ya! Sebab, bekerja di rumah dapat mengubah jam kerja, lho

Sebenarnya, work from home untuk beberapa hari – atau masuk selang-seling dalam seminggu, mungkin terasa menyenangkan. Namun, bagaimana kalau terus-menerus? Selain jenuh, kebijakan tersebut juga bisa mempengaruhi kehidupan pribadi, lho. Mungkin, kamu kesulitan membagi antara jam kerja dengan kehidupan pribadi.

Inilah salah satu tantangan terbesar dalam menjalani work from home – jam kerja sulit untuk dikontrol! Misalnya, jika di kantor kamu sudah bergegas pulang di jam 5 sore, tapi karena di rumah – kamu pun bisa bablas kerja sampai malam.

Wah, apalagi kalau diselingi dengan berbagai aktivitas mengurus rumah – seperti menyapu, mengepel, mencuci pakaian, dan lain sebagainya. Pasti makin sibuk, sehingga pekerjaan kantor pun terbengkalai. Kalau sudah begini, gimana ya cara atasinya?

Tenang, setidaknya ada lima tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatur jam kerja dengan kehidupan pribadi, terutama selama work from home. Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Pisahkan Antara Urusan Kantor dengan Pribadi

Biar Seimbang, Begini 5 Tips Atur Jam Kerja dengan Kehidupan Pribadi

Credit Image - izinusahakantor.com

Ya, namanya juga bekerja di rumah – pasti jam kerja akan terbagi dengan tugas mengurus rumah, seperti memasak, mengepel, menyapu, maupun aktivitas lainnya. Apalagi, jika sudah berkeluarga – dan memiliki anak, sepertinya kamu pun mesti harus sembari mengasuh Si Kecil di jam kerja ya.

Untuk itu, cobalah memisahkan anatara tugas kantor dan rumah, sehingga jam kerja pun dapat tertata dengan baik. Buatlah komitmen dalam diri, untuk tetap utamakan menyelesaikan urusan kantor terlebih dahulu. Nanti, usai pukul 5 sore – baru melakukan kegiatan rumah, atau bermain dengan anak. Intinya, tetap profesional!

 

Fokus Bekerja, Abaikan Godaan yang Ada

Selama work from home, pastikan kamu tetap fokus bekerja. Biasanya, ketika bekerja di rumah – ada banyak gangguan, lho. Mulai dari tugas rumah tangga, suara tetangga berisik, anak-anak yang sedang bermain, hingga teriakan orang yang lewat depan rumah. Terkadang, hal tersebut bisa mengganggu jam kerja, kan?

Walaupun sulit, pastikan kamu tetap fokus dan berkonsentrasi. Abaikan sejenak gangguan dan godaan tersebut – hingga pekerjaan sudah terselesaikan. Jika fokus, maka pekerjaan kantor akan selesai lebih cepat, tepat, dan hasilnya maksimal.

 

Hindari Mencuri-Curi Waktu

Biar Seimbang, Begini 5 Tips Atur Jam Kerja dengan Kehidupan Pribadi

Credit Image - hops.id

Memang sih, bekerja dari rumah berarti tidak ada atasan, HRD, maupun rekan kerja yang memantau. Terdengar menyenangkan ya? Padahal, kalau kamu terlalu terlena – hal ini bisa juga mengganggu jam kerja, lho. Ketika tidak ada yang mengawasi, keinginan untuk curi-curi waktu akan meningkat.

Misalnya, kamu sering bermain ponsel sesuka hati. Nah, hal tersebutlah yang bisa mengganggu jam kerja. Kalau begini terus, tugas kantor tidak bakal selesai tepat waktu! Inilah yang sering dilakukan banyak karyawan, dan akhirnya terpaksa bekerja hingga larut malam.

 

Bekerja di Ruangan Khusus Juga Membantu, Lho

Ingin lebih nyaman dan fokus ketika bekerja? Ada baiknya, kamu bekerja di ruangan khusus. Misalnya, siapkan satu tempat yang bisa digunakan selama work from home. Tapi, hindari bekerja di ruangan yang menghadap ke jalan raya – karena justru bisa mengganggu ya.

Dan, pastikan ruang kerja yang digunakan bukan kamar ya. Sebab, kamar tidur bisa menjadi ‘setan’ yang menggodamu. Dari awalnya kerja sambil rebahan di kasur, lama-lama bisa ketiduran nih! Selain itu, kamu dapat menempel tulisan ‘jangan diganggu’.

 

Konsumsi Multivitamin – Untuk Tingkatkan Energi!

Biar Seimbang, Begini 5 Tips Atur Jam Kerja dengan Kehidupan Pribadi

Credit Image - kompas.com

Menyelesaikan sejumlah pekerjaan, tentu membutuhkan energi yang cukup ya? Apalagi, di bulan puasa – jumlah energi yang dibutuhkan pasti semakin besar. Untuk itu, pastikan kamu sudah rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tetap optimal, sehingga kamu tak mudah terserang berbagai macam penyakit, terutama di masa pandemi Covid-19. 

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dapat bantu membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi untuk beraktivitas. Jadi, dengan rutin konsumsi Enervon Active, dijamin kamu bakal makin produktif – dan jam kerja pun tidak mengganggu urusan pribadi!

 

Wah, itulah kelima tips yang bisa diterapkan untuk seimbangkan jam kerja dengan kehidupan pribadi. Yuk, coba ikuti berbagai kiat di atas – agar pekerjaan bisa terselesaikan secara maksimal, tanpa harus mengorbankan waktu bersama keluarga!

 

 

Featured Image - mymilk.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!