Sama seperti tahun sebelumnya, menerapkan protokol kesehatan lainnya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk mengurangi kegiatan berkumpul. Ingat, walau terpisahkan oleh jarak di antara keluarga dan kerabat – namun, kamu tetap dapat menjalin tali silaturahmi secara online, lho.

Tapi, bagaimana caranya biar suasana rumah lebih terasa nuansa lebaran? Tenang, ada 4 tips dekorasi rumah di hari raya Idul Fitri, supaya makin terlihat cantik – tetapi, tetap terasa nyaman. Penasaran apa saja sih tipsnya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Yang Pertama, Bisa Lakukan Decluttering Dahulu

Credit Image - summareconserpong.com

Hal utama yang dapat kamu lakukan terlebih dahulu, yaitu melakukan kegiatan decluttering. Mengapa demikian? Ini merupakan momen yang tepat – Idul Fitri adalah saatnya untuk bersih-bersih. Jadi, tak hanya hati saja yang kembali suci, namun rumah pun juga merasakan hal serupa.

Kegiatan decluttering dapat dilakukan dengan memilah-milah barang sesuai kegunaan. Ada baiknya, kamu fokus pada satu ruangan dahulu, setelah pengelompokan barang dalam satu ruangan selesai – barulah berpindah ke ruangan lainnya.

Ada empat kategori barang yang bisa membantumu dalam proses decluttering, yaitu:

  • Keep – barang yang disimpan sudah diperhitungkan seberapa sering penggunaannya, seberapa genting kebutuhannya, dan seberapa berharga barang tersebut bagi pemiliknya.
  • Donatebarang yang didonasikan diutamakan yang masih dalam kondisi baik ya.
  • Sell – barang ini sudah tidak dibutuhkan, namun masih memiliki nilai jual, misalnya barang elektronik.
  • Trash barang tersebut sudah dalam kondisi yang tidak baik, dan tidak dapat digunakan.

 

Memilih Area Untuk Silaturahmi Virtual, Kemudian Atur Ulang Ruangan Tersebut

Selanjutnya, menentukan spot favorit keluarga. Untuk tips yang satu ini, kamu disarankan untuk memilih ruangan yang luas, nyaman, serta memiliki pencahayaan yang cukup. Misalnya, ruang makan – atau bisa juga ruang keluarga.

Lalu, kamu dapat mengatur ulang tata letak furnitur di ruangan tersebut, lho. Trik yang satu ini paling efektif untuk menciptakan suasana baru di dalam rumah. Hal ini juga penting dilakukan – karena, dapat membantumu membersihkan area-area yang tidak terjangkau sebelumnya.

Bahkan, dengan melakukan penataan yang tepat, ruangan pun akan terasa lebih lapang. Menarik untuk dicoba, ya?

 

Mewarnai Dinding Ruangan Biar Tak Bosan!

Credit Image - clare.com

Ingin melakukan trik dekorasi yang lebih ekstra? Kamu dapat mewarnai ulang dinding di rumah, lho. Dinding ruangan berperan penting, karena bisa menjadi background ketika melakukan silaturahmi virtual. Selain itu, tips ini pun bisa menciptakan nuansa ruangan yang lebih segar.

Tak hanya mengect ulang seluruh dinding di dalam ruangan saja, namun kamu juga dapat mengecat hanya satu bagian saja – atau sekedar memberikan motif sederhana yang unik. Hal ini akan memberikan kesan rumah lebih playful, dan tentunya tidak membosankan.

 

Berikan Dekorasi yang Selaras Dengan Suasana Ruangan

Tips terakhir, yaitu tambahkan dekorasi menarik dan sesuai dengan tema yang diusung dalam ruangan tersebut ya. Biar suasana terkesan meriah, kamu dapat tambahkan frame foto – atau gunakan rak penyimpanan yang sudah dirapihkan. Ini juga dapat dijadikan background cantik saat melakukan silaturahmi virtual, lho.

Untuk dekorasi di meja, kamu dapat meletakkan pot bunga segar sebagai hiasan. Selain memberikan nuansa fresh pada ruangan, peletakkan tanaman juga dapat membuat ruangan dalam rumah lebih harum. 

Jadi, kalau malas untuk mewarnai ulang dinding di rumah – tinggal mainkan urusan dekor saja ya. ganti pernak-perniknya, seperti bantal sofa, atau gelas.

 

Itulah keempat tips dekorasi rumah untuk silaturahmi online di hari lebara nanti. Apakah kamu tertarik melakukannya?

 

 

Featured Image - meramuda.com

Source - idntimes.com