Waduh! Ternyata Ini 5 Tanda Kontrak Kerja Tak Diperpanjang

Waduh! Ternyata Ini 5 Tanda Kontrak Kerja Tak Diperpanjang

font size A Ǎ

Mendapatkan pekerjaan baru memang menjadi hal yang menarik bagi kebanyakan orang, apalagi jika pekerjaan tersebut sesuai dengan passion yang dimiliki. Hal tersebut akan semakin terasa menyenangkan – jika, pekerjaan sudah cukup lama diimpikan, lho. Apakah kamu setuju dengan pernyataan ini?

Nah, sebelum akhirnya bekerja sebagai karyawaan tetap dalam perusahaan – setiap pekerja baru pasti akan diberikan kontrak kerja oleh pihak perusahaan terlebih dahulu ya. Dalam kontrak tersebut, tertulis sejumlah hak dan kewajiban kedua belah pihak yang bekerja sama, yaitu kamu – sebagai karyawan, dan perusahaan selaku pemberi kerja.

Namun sayangnya, risiko kontrak kerja juga sering mengintai, lho. Apalagi, mengenai kontrak yang tidak lagi diperpanjang. Bagi kamu yang bekerja dengan sistem ini – mesti cermat dalam memerhatikan sejumlah indikasi bahwa kontrak kerja tidak diperpanjang.

Jadi, apa saja sih sejumlah “sinyal” yang mesti diperhatikan – yang mungkin menandakan kontrak kerja tak lagi diperpanjang? Yuk, simak ulasannya sampai habis ya!

 

 

Sering Ditegur Atasan, Wajib Jadi Perhatian Utama

Waduh! Ternyata Ini 5 Tanda Kontrak Kerja Tak Diperpanjang

Credit Image - ekrut.com

Apakah belakangan waktu terakhir kamu seringkali ditegur oleh atasan? Jangan anggap sepele hal tersebut ya. Bisa jadi, ini merupakan indikasi utama – yang menandakan bahwa kontrak kerja kamu tidak akan diperpanjang, lho.

Hindari menganggap remeh teguran atasan, apalagi yang sudah terjadi secara terus-menerus. Sebab, atasan yang merasa kewalahan menghadapi ulah bawahan berstatus karyawan kontrak – biasanya  akan memilih solusi untuk tidak memperpanjang kontrak tersebut.

 

Muncul Pembicaraan Mengenai Kualitas Kerja

Sebenarnya, pembicaraan – atau sering juga disebut gosip di lingkungan kerja merupakan hal yang tak perlu terlalu dianggap serius. Namun, ada sejumlah gosip tertentu yang justru bisa menjadi kenyataan, salah satunya mengenai kualitas kerja kamu.

Rumor yang berkembang tentang penurunan kualitas kerjamu dapat menjadi hal yang menunjukkan – kalau kontrak kerja tidak diperpanjang. Untuk itu, kamu harus bekerja sepenuh hati demi meminimalkan risiko terjadinya kondisi ini ya.

 

Tugas dan Pekerjaan yang Semakin Berkurang

Waduh! Ternyata Ini 5 Tanda Kontrak Kerja Tak Diperpanjang

Credit Image - magazine.job-like.com

Kalau beberapa waktu terakhir pekerjaanmu semakin berkurang, jangan senang dahulu! Ini bisa mengindikasikan bahwa kontrak kerja kamu tidak akan lagi diperpanjang, lho. Apalagi, kalau sebelumnya kamu memiliki tugas dan pekerjaan yang menumpuk. Biasanya, perusahaan mesti beradaptasi dahulu – dengan kondisi pasca menyudahi kontrak kerja.

Nah, jadi pengurangan tugas maupun proyek justru harus membuat kamu semakin waspada. Ada baiknya, segera evaluasi diri sendiri – lalu, sebisa mungkin perbaiki kinerja. Atau, kamu juga dapat berinisiatif untuk segera mencari pekerjaan baru.

 

Diminta Mengalihkan Pekerjaan ke Rekan Kerja

Tanda kontrak kerja tidak diperpanjang selanjutnya yang mesti kamu perhatikan, yaitu ketika kamu diminta untuk mengalihkan pekerjaan ke rekan-rekan kerjamu. Perlu diketahui, ini merupakan tanda yang cukup jelas, lho! Perusahaan tentu saja tidak ingin sejumlah pekerjaan terbengkalai usai menyudai kontrak kerjamu.

Inilah sebabnya, peralihan tanggung jawab dilakukan secara perlahan-lahan agar rekan kerja pun dapat terbiasa menangani tugas yang selama ini menjadi tanggung jawabmu. Jadi, apakah kamu mengalami kondisi yang satu ini? Tetap waspadai ya!

 

Atasan Mulai Membicarakan Rencana Karir

Waduh! Ternyata Ini 5 Tanda Kontrak Kerja Tak Diperpanjang

Credit Image - journal.sociolla.com

Yang terakhir, menjelang pemberhentian kontrak kerja – biasanya atasan akan memanggil kamu dan membicarakan tentang rencana karir di masa mendatang. Nah, ketika kamu menghadapi situasi ini, ada baiknya tidak menunjukkan sikap terlalu ambisius maupun arogan.

Jika kamu masih ingin bekerja di perusahaan tersebut, cobalah untuk memberikan jawaban yang mampu menggambarkan dedikasi kerja. Cara sederhana yang satu ini – termasuk bentuk upaya untuk mencegah risiko kontrak kerja tidak diperbaharui.

 

Nah, itulah kelima tanda yang menjadi indikasi kontrak kerja mungkin tidak akan diperpanjang. Sejumlah ciri-ciri ini wajib kamu waspadai, lho. Tapi, kalaupun mengalaminya – tak usah berkecil hati ya, terimalah dengan lapang dada dan bersiap untuk mencari pekerjaan baru.

 

 

Featured Image - nova.grid.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!