Menjalani hidup bersih dan sehat memang merupakan salah satu langkah terpenting dalam upaya pencegahan penularan berbagai macam penyakit, termasuk virus corona. Meskipun terdengar sepele – namun, hal yang satu ini punya peranan besar, lho. Sayangnya, hidup bersih dan sehat pun masih luput dari perhatian sebagian besar orang.

Padahal, menerapkan kebiasaan tersebut tak hanya dapat melindungi diri dari penyakit, namun dapat menjaga kesehatan orang-orang di sekitar kamu juga. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan kebiasaan sehat dan bersih?

Secara umum, hal tersebut dapat dimulai dari hal paling sederhana, yaitu menjaga kebiasaan diri sendiri dan lingkungan rumah. Lebih dari itu – masih ada sejumlah kebiasaan baik dan sederhana lainnya – yang  perlu kamu terapkan dalam menjalani perilaku hidup bersih dan sehat.

Apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Cuci Tangan Dengan Sabun dan Air Mengalir

Credit Image - kompas.com

Hal pertama dan paling penting yang wajib diterapkan, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin. Langkah ini juga termasuk protokol kesehatan yang disarankan, karena dapat bantu membunuh kuman, virus, maupun bakteri yang menempel pada bagian tanganmu.

Berdasarkan panduan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, cuci tangan secara rutin merupakan cara terbaik untuk membersihkan kuman pada tangan, terhindar dari penyakit, serta mencegah kuman di tangan diri sendiri – sehingga tidak menyebar ke orang lain.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, pastikan kamu menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen ya.

 

Gunakan Toilet Secara Aman dan Jaga Kebersihannya

Menggunakan toilet dengan tepat, sekaligus menjaga kebersihannya dengan baik – juga termasuk dalam perilaku hidup bersih dan sehat, lho. Apakah kamu sudah menerapkan cara yang satu ini? Ingat, rumah yang bersih wajib memiliki sanitasi yang berfungsi dengan baik, serta terjaga kebersihannya.

Pasalnya, toilet merupakan tempat yang rentan menjadi sarang bakteri, kuman, maupun virus penyebab penyakit. Jadi, tak heran kalau jika tidak dijaga kebersihannya dengan baik, maka risiko beragam macam penyakit pun semakin mengintai.

 

Tetap Memakai Masker Ketika Bepergian

Credit Image - voi.id

Di masa pandemi, menggunakan masker menjadi hal esensial setiap kali harus bepergian ke luar rumah. Selain itu, ketika dengan memakai masker – ini dapat mengurangi risiko terjadinya penularan virus corona selama masa pandemi.

Masker terbukti efektif untuk mencegah percikan air liur atau droplets yang menyebar di udara, dan masuk ke saluran pernapasan. Tak hanya dapat melindungi dirimu, namun pemakaian masker dapat melindungi kesehatan orang lain di sekitar – ketika kamu sedang terserang suatu penyakit.

 

Menerapkan Jaga Jarak Fisik

Apakah kamu sudah sering beraktivitas di luar rumah? Selain memakai masker, pastikan kamu juga sudah menerapkan jaga jarak fisik dengan orang lain, setidaknya sejauh dua meter ya. Perilaku hidup bersih dan sehat ini dapat melindungi diri dan orang di sekitarmu dari penularan virus, lho.

Menurut sebuah studi dari British Medical Journal, dinyatakan bahwa jaga jarak fisik merupakan satu dari sekian banyak langkah mencegah penyebaran virus penyakit – yang efektif jika dilakukan secara disiplin. Jadi, selama pandemi, cobalah menghindari tempat-tempat yang ramai ya!

 

Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Credit Image - pikiran-rakyat.com

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dan tinggi gizi – termasuk perilaku hidup sehat dan bersih yang dapat bantu meningkatkan imun tubuh. Tak heran kalau banyak yang menyebut bahwa “apa yang kamu makan dan minum, menjadi faktor penentu kesehatan tubuh”.

Dalam penerapannya, pastikan kamu banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang dapat bantu memenuhi kebutuhan gizi harianmu. Selain itu, perhatikan juga cara mengolah, serta memasak makanan – untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri yang bisa menjadi potensi keracunan.

 

Rutin Konsumsi Suplemen Vitamin C

Seperti diketahui, sangat dianjurkan selama pandemi, bahkan setelah mendapat vaksin sekalipun.

Lantas, suplemen seperti apa yang dianjurkan? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon setiap harinya.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Nah, itulah keenam tips hidup bersih dan sehat yang perlu diterapkan selama masa pandemi. Apakah kamu sudah rutin untuk menjalani sejumlah hal tersebut?

 

 

Featured Image - today.com

Source - hellosehat.com