Aktivitas Padat Bukan Masalah! Terapkan Cara Ini Biar Stamina Tetap Terjaga

Aktivitas Padat Bukan Masalah! Terapkan Cara Ini Biar Stamina Tetap Terjaga

font size A Ǎ

Apakah setiap hari kamu merasa seperti dikejar-kejar oleh waktu? Sepertinya, pekerjaan tidak kunjung selesai, bahkan semakin menumpuk. Wah, tak jarang – kondisi seperti ini membuat tubuh mudah lelah, lho. Jika tidak ditangani dengan baik, hal tersebut pun bisa berdampak negatif pada kegiatan sehari-hari.

Nah, sebelum kamu mengalami kondisi tersebut – yuk, sebaiknya terapkan berbagai hal yang dapat menjaga stamina meskipun aktivitas sedang padat.

Kebanyakan orang lelah karena aktivitasnya sehari-hari memang sangat padat. Apakah kamu juga mengalaminya? Tak sempat makan, kurang tidur, kemudian merasa stres – bisa membuat tubuhmu kehilangan stamina, lho. Dan, pada akhirnya – pekerjaan tidak lancar karena kamu sulit fokus.

Tapi tak perlu khawatir ya, karena ada sejumlah hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan, sekaligus menjaga stamina ketika aktivitas sedang padat. Lantas, apa saja yang perlu diterapkan?

Simak selengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Pastikan Kamu Aktif Bergerak

Aktivitas Padat Bukan Masalah! Terapkan Cara Ini Biar Stamina Tetap Terjaga

Credit Image - malbekasi.com

Kamu pasti sudah sering mendengar, kalau ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar maka harus rajin berolahraga. Ya, hal ini betul adanya. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tubuh yang aktif bergerak, entah dengan kegiatan ringan di rumah atau olahraga akan memicu peningkatan energi. Itu sebabnya, orang yang aktif secara fisik biasanya tidak gampang lelah.

Hal tersebut pun didukung oleh direktur fisiologi di Johns Hopkins University School of Medicine, Kerry J. Stewart, yang berpendapat bahwa tubuh yang aktif banyak dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup. Bahkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot juga akan semakin membaik berkat aktivitas fisik.

 

Luangkan Waktu Berada di Luar Ruangan

Kalau kamu lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan, sekarang cobalah luangkan waktu untuk menikmati udara di luar ruangan, sekaligus mendapatkan paparan sinar matahari. Hal ini disarankan, bukan tanpa alasan, lho.

Paparan sinar matahari dapat menstimulasi pada kerja otak – yang dapat memberi isyarat pada tubuh untuk meningkatkan energinya. Selain itu, otak akan merasa jauh lebih segar, karena tidak berada di dalam ruangan dalam waktu yang terllau lama.

Sebab, sinar matahari dapat menghentikan produksi hormon melatonin – yaitu, hormon yang memicu rasa kantuk. Akhirnya, tubuh akan merasa lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.

 

Jangan Lupa, Penuhi Cairan Tubuh

Aktivitas Padat Bukan Masalah! Terapkan Cara Ini Biar Stamina Tetap Terjaga

Credit Image - hot.liputan6.com

Padatnya aktivitas bukanlah alasan untuk lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh ya! Karena, kekurangan asupan cairan dapat memecah persendian energi dan mengacaukan kinerja tubuh. Dengan demikian, kamu pun menjadi mudah lelah dan kurang bersemangat.

Selain itu, kekurangan cairan juga telah terbukti membuatmu sulit konsentrasi. Ini karena air mendukung kerja seluruh organ dalam tubuh, termasuk otak. Itu sebabnya, ketika kebutuhan cairan tidak terpenuhi dengan baik, maka otak tidak dapat bekerja secara optimal.

 

Kenali Pula Jam Tubuhmu Ya

Kurangnya stamina dan rasa lelah seringkali terjadi karena terlalu memaksakan kerja tubuh. Memang, mungkin terkadang sulit ya untuk menyadari kapan tubuh telah berada di batas kemampuannya.

Solusinya, kamu mesti mengenali jam tubuh sendiri. Misalnya, di siang hari ketika konsentrasi dan tenaga mulai hilang – berarti sudah saatnya untuk mengisi energi dengan makan siang secukupnya. Kalau makan siang ditunda, maka akhirnya kamu akan kelaparan, dan cenderung makan sampai kekenyangan – yang berujung menjadi ngantuk.

Lalu, jangan lupa memberi jeda di tengah-tengah kegiatan engan sekadar duduk santai, menutup mata sejenak, dan biarkan pikiran rileks. Meski kesannya sepele, cara ini bisa membantu menjaga stamina di tengah-tengah padatnya aktivitas, lho.

 

Disiplin Soal Makan

Aktivitas Padat Bukan Masalah! Terapkan Cara Ini Biar Stamina Tetap Terjaga

Credit Image - linisehat.com

Yang tentunya tak boleh kamu lewatkan, yaitu makan tepat waktu. Pasalnya, makanan bertugas menyuplai energi utama yang nantinya akan dimanfaatkan tubuh untuk beraktivitas.

Saat tubuh telah bekerja keras dalam beberapa jam, maka perlu asupan makanan untuk mengembalikan energi. Jika tidak terpenuhi tepat waktu, cadangan energi sudah semakin terkuras. Akibatnya, kamu akan mudah lelah.

Penting juga bagimu untuk memenuhi asupan nutrisi dari berbagai sumber makanan sehat. Ini termasuk protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang tepat, bukan berlebihan. Intinya, harus disiplin dan tidak boleh mudah tergoda makan fast food ketika sedang sibuk.

 

Optimalkan Stamina Dengan Konsumsi Multivitamin

Suplemen multivitamin dapat menjadi pilihan yang tepat – untuk menjaga stamina tubuh selama berpuasa, lho. Hal ini menjadi penting, apabila kamu memiliki kegiatan harian yang cukup padat. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh dapat terhindar dari penyakit, tubuh menjadi lebih segar, dan mampu beraktivitas dengan baik.

Tapi, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi?

Kamu disarankan mengonsumsi Enervon-C – yang merupakan multivitamin dengan kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B2, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya dapat membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tidak perlu khawatir badan tidak berenergi selama beraktivitas ya.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent – yang satu ini memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg!

Untukmu yang memiliki aktivitas padat, dapat minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk memberi stamina pada tubuh sehingga tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga stamina tubuh meskipun punya aktivitas yang padat. Yuk, mulai sekarang terapkan sejumlah tips di atas – sehingga tubuh nggak gampang lelah.

 

 

Featured Image - idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!