Ketika sedang merasa lelah, kesal, sedih, bahkan saat dapat dijadikan pilihan tepat untuk menghilangkan rasa stres dan penat, terutama selama pandemi Covid-19.

Lalu, bagaimana kalau memiliki budget yang terbatas? Tak perlu khawatir, kamu tidak harus melakukan sesuatu yang terlalu fancy – atau berlebihan kok. Cukup dengan melakukan hal sederhana lainnya – maka, rasa stres pun dapat segera diatasi.

Nah, jika kamu sedang membutuhkan me-time tanpa harus merogoh kocek dalam, setidaknya ada 5 kegiatan yang direkomendasikan untuk dilakukan, termasuk di masa pandemi. Penasaran apa saja hal tersebut?

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Merapihkan Ruangan, Ternyata Bersifat Relaksasi

Credit Image - roomme.id

Meskipun terdengar sepele, namun merapihkan ruangan dapat menjadi salah satu perawatan diri tanpa harus mengeluarkan uang, lho. Dilansir dari Very Well Mind – kegiatan ini dapat bermanfaat baik bagimu yang dilanda stres.

Dengan menjaga ruangan tetap bersih dan rapih, hal ini akan membuat suasana hati tetap baik. Sementara, ruangan yang berantakan – justru akan membuatmu lebih lelah dan memicu stres. Nah, kondisi ini juga berlaku untuk dapur dan kulkas. Jadi, pastikan kamu hanya menyimpan benda yang biasa digunakan di dapur, dan sisa barang lainnya – bisa ditaruh di tempat lainnya ya.

 

Mengatur Ruangan Kerja Agar Lebih Nyaman

Jika kamu sedang bekerja dari rumah saja selama masa pandemi, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu – merapihkan ruang kerja agar terasa lebih nyaman. Ingatlah bahwa setiap orang berhak atas ruang kerja yang terorganisir lho, termasuk kamu.

Cobalah membersihkan ruangan kerjamu secara rutin – meskipun ruangan tersebut tergolong kecil. Kemudian, kamu juga dapat merombak ulang desain ruang kerja, dan buatlah senyaman dan sesuka hatimu. Misalnya, jika ingin ruang kerja seperti kantor pada umumnya, maka buatlah desain seperti demikian.

Selain itu, kamu juga dapat mengorganisir barang-barang yang mendukung pekerjaan. Dan, jika ada orang lain di rumah – mintalah mereka untuk tidak menyentuh barang di meja kerja, atau pastikan menaruhnya kembali di tempat yang telah disediakan untuk memudahkanmu.

 

Mengatur Jadwal Untuk Pagi Harinya

Credit Image - magazine.job-like.com

Me-time juga dapat berupa mengatur jadwal keesokan harinya, lho. Apakah kamu sudah pernah melakukan kegiatan yang satu ini sebagai momen relaksasi? Kalau belum, cobalah untuk mengatur rutinitas pagi agar tidak tergesa-gesa dan mengacaukan banyak hal.

Misalnya, kamu dapat mencoba atur rutinitas setelah bangun tidur – dimulai dengan minum segelas air putih, kemudian melakukan peregangan, dan lakukan aktivitas ringan lainnya. Pilihlah aktivitas yang paling cocok untukmu, seperti jika mandi pagi dirasa bisa membangkitkan mood, maka lakukan hal tersebut.

Kemudian luangkan beberapa menit untuk memusatkan pikiran, seperti merenungkan apa saja yang akan kamu lakukan hari ini – atau, bisa juga isi waktu dengan berdoa.

 

Menyederhanakan Rutinitas di Malam Hari

Selain di pagi hari, kamu juga dapat menyederhanakan kegiatan di malam hari. Seperti, menghindari televisi atau ponsel yang dapat menstimulasi otak untuk aktif – sehingga dapat mengganggu waktu dan kualitas tidurmu.

Cobalah untuk menjauhkan gadget, setidaknya selama 30 menit sebelum tidur. Sebagai gantinya, kamu dapat menyiapkan beberapa hal untuk rutinitas keesokan pagi – seperti, menyiapkan sarapan di malam hari, menyiapkan tas kerja, atau merapihkan tempat tidur agar terasa lebih nyaman.  Hal tersebut akan membuat pikiran lebih siap untuk tidur nih!

 

Jangan Lupa, Tetap Nikmati Waktu Istirahatmu

Credit Image - halodoc.com

Yang terakhir, kegiatan me-time ini juga bisa kamu lakukan untuk melepas penat. Caranya sederhana, yaitu dengan menikmati waktu istirahat. Ingatlah bahwa manusia bisa mendapat banyak manfaat dari istirahat yang rutin.

Nikmati waktu tersebut dengan berjalan-jalan santai ke tempat yang kamu sukai, menonton film, membaca buku, atau bahkan melakukan perawatan sendiri di rumah. Selain itu, bermalas-malasan juga dapat menjadi pilihan yang menarik kok.

 

Wah, bagaimana nih? Itulah kelima rekomendasi kegiatan me-time yang cocok untuk melepas penat di masa pandemi Covid-19. Jadi, kamu ingin melakukan aktivitas yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - blibli.com

Source - cnnindonesia.com