Ini Lho 6 Vitamin dan Mineral yang Bantu Hindari Risiko Infeksi Virus

Ini Lho 6 Vitamin dan Mineral yang Bantu Hindari Risiko Infeksi Virus

font size A Ǎ

Tak hanya menerapkan protokol kesehatan 5M – yang meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas saja, namun selama pandemi Covid-19 masyarakat disarankan untuk mengonsumsi sejumlah vitamin untuk meningkatkan imunitas.

Ada beragam jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh, namun tenang – sejumlah vitamin ini mudah untuk didapatkan kok. Tapi, yang perlu kamu ingat, yaitu selain mengonsumsi vitamin secara lengkap, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga diperlukan agar tubuh lebih kuat dalam menangkal berbagai macam virus penyebab penyakit.

Lantas, apa saja sih sejumlah vitamin yang diperlukan untuk mencegah terinfeksi virus corona, sekaligus meningkatkan imun tubuh? Dilansir dari Detik, berikut ini 6 di antaranya.

 

 

Vitamin C: Nutrisi Esensial Untuk Meningkatkan Imun

Ini Lho 6 Vitamin dan Mineral yang Bantu Hindari Risiko Infeksi Virus

Credit Image - bachhoaxanh.com

Yang pertama, yaitu Vitamin C – jenis nutrisi penting untuk meningkatkan imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus corona. Nutrisi yang satu ini juga dapat bantu meningkatkan produksi sitokin oleh sel darah putih. Sitokin berfungsi sebagai protein komunikasi yang dilepaskan dari sel darah putih tertentu – dan dapat mengirimkan informasi ke sel lain, sehingga meningkatkan respons imun.

Selain itu, Vitamin C juga mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko peradangan paru-paru akibat Covid-19, lho. Biasanya, vitamin C dapat ditemukan secara alami pada jeruk, stroberi, pepaya, paprika merah, dan bayam.

Mengonsumsi sumber makanan vitamin C memang dapat bantu memenuhi kebutuhan hariannya, tapi cara ini belum tentu cukup.

Untuk itu, penting mengonsumsi suplemen Vitamin C yang bisa bantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Direkomendasikan untuk minum Enervon-C dan Enervon Active yang punya kandungan lengkap.

Enervon-C mengandung yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Atau, kamu dapat konsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Vitamin B6 yang Dapat Membantu Kinerja Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, ada pula Vitamin B6 yang ternyata dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam virus, termasuk Covid-19. Tak hanya itu, vitamin yang satu ini – tentunya berperan penting dalam menjaga sistem imunitas ya.

Kamu dapat mendapatkan asupan Vitamin B6 dari berbagai sumber makanan, seperti ayam, maupun sayur-sayuran hijau, seperti buncis. Selain itu, direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C dan Enervon Active – telah disebutkan sebelumnya, kedua suplemen ini mengandung Vitamin B6 ya.

 

Zinc: Mineral Penting Untuk Menjaga Kesehatan

Ini Lho 6 Vitamin dan Mineral yang Bantu Hindari Risiko Infeksi Virus

Credit Image - alodokter.com

Selain vitamin, asupan mineral yang cukup juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, sekaligus meningkatkan imun tubuh, lho. Dari sekian banyaknya mineral yang ada – Seng alias Zinc menjadi yang terpenting.

Tak hanya dapat meningkatkan kekebalan, namun Zinc juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Mineral yang satu ini bisa didapatkan dengan pada asupan nabati dan hewani. Pada asupan nabati seperti pada yogurt, buncis, dan kacang panggang. Sementara pada hewani, yaitu pada kerang, tiram, dan juga kepiting.

Untuk mendapatkan asupan Zinc, kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active secara rutin setiap harinya ya.

 

Asupan Vitamin D Juga Wajib Dipenuhi

Vitamin D ternyata juga bisa membantu tubuh untuk terhindar dari virus corona, lho.  Nutrisi yang satu ini bisa membantu tubuh mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah yang bisa diperoleh dari paparan sinar matahari.

Hasil studi klinis yang dipublikasi di Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics – menyebutkan bahwa Vitamin D juga bisa melindungi tubuh dari infeksi pada saluran pernapasan. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengkonsumsi ikan tuna, salmon, dan susu kedelai.

 

Vitamin A, Nutrisi yang Turut Berperan Dalam Meningkatkan Imun

Ini Lho 6 Vitamin dan Mineral yang Bantu Hindari Risiko Infeksi Virus

Credit Image - jatim.idntimes.com

Selanjutnya, ada pula Vitamin A yang penting dipenuhi – sehingga, imunitas tubuh bisa semakin terjaga. Jika kekebalan sudah kuat, maka risiko terinfeksi virus pun dapat diminimalisir, kan? Untuk itu, mendapat asupan Vitamin A secara rutin juga penting ya.

Jenis vitamin yang satu ini berfungsi sebagai penangkal infeksi, lho. Kamu bisa menemukan Vitamin A di berbagai sumber makanan hewani, seperti  seperti ikan, daging, dan produk susu. Selain itu, vitamin A juga ada pada wortel, labu, serta ubi jalar.

 

Selenium, Mineral Penting Lainnya

Tak hanya Zinc – mineral Selenium juga diperlukan untuk tubuh, sehingga imunitas dapat terjaga dengan baik. Mineral yang satu ini memiliki efek yang cukup kuat, sehingga kekebalan tubuh bisa bekerja secara maksimal – dan mencegah infeksi.

Untuk mendapatkan asupan mineral yang satu ini – bisa dengan rutin mengonsumsi daging merah, daging unggas, dan makanan laut seperti ikan tuna dan sarden.

 

Wah, itulah keenam jenis vitamin dan mineral yang wajib dipenuhi asupannya agar imun tubuh dapat terjaga secara maksimal. Sudahkah kamu memenuhi kebutuhan asupan tersebut?

 

 

Featured Image - newhope.com

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!