Sepertinya, sudah banyak yang mengetahui bahwa kekebalan lemah, maka lebih mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19.

Memangnya, mengapa sih Vitamin C dapat bantu meningkatkan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh? Ini dikarenakan Vitamin C dapat mendukung produksi interferon – yang bertugas untuk menghadapi keberadaan patogen yang sudah terdeteksi.

Selain itu, Vitamin C pun memiliki berbagai manfaat lainnya, dikutip dari Healthline – vitamin yang satu ini dapat membantu produksi kolagen, mempercepat proses pemulihan ketika sedang sakit, mendukung penyembuhan luka, hingga bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Belum cukup sampai di situ, Vitamin C pun punya beragam peran penting lainnya untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, meliputi meningkatkan imun tubuh. Lantas, apa saja hal tersebut? Dan, bagaimana cara memenuhi kebutuhan Vitamin C?

Untuk ulasan lengkapnya, silahkan simak di bawah ini.

 

 

Vitamin C Dapat Bantu Meningkatkan Imun Tubuh

Credit Image - klikdokter.com

Selain sejumlah peran Vitamin C yang sudah disebutkan di atas, nutrisi yang satu ini juga dapat bantu meningkatkan produksi sitokin oleh sel darah putih. Sitokin berfungsi sebagai protein komunikasi yang dilepaskan dari sel darah putih tertentu – dan dapat mengirimkan informasi ke sel lain, sehingga meningkatkan respons imun.

Hal tersebut telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Bagaimana dengan hasilnya? Ditunjukkan bahwa asupan Vitamin C dapat mengurangi durasi, atau keparahan dari gejala flu. Kemudian, dalam 31 penelitian lainnya, ditemukan  bahwa mengonsumsi Vitamin C setiap hari bisa mengurangi durasi pilek sebesar 18 persen pada anak-anak dan 8 persen pada orang dewasa.

Dalam kasus yang lebih berat, Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi pernapasan akut – termasuk yang dialami oleh pasien Covid-19, pada orang yang mengalami kurang gizi, dan merasakan tingkat stres tinggi.

Karena, individu yang memenuhi kebutuhan Vitamin C secara rutin dan memiliki kadar Vitamin C tinggi dalam tubuhnya, dianggap lebih mampu melawan infeksi dibanding yang tidak.

 

Sumber Terbaik Vitamin C

Credit Image - goodfon.com

Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan Vitamin C, seperti:

  • Jambu biji.
  • Jeruk.
  • Pepaya.
  • Stroberi.
  • Lemon.
  • Kiwi.
  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Kembang kol.

Mengonsumsi sumber makanan vitamin C memang dapat bantu memenuhi kebutuhan hariannya, tapi cara ini belum tentu cukup. Karena, cara memasak sumber makanan tersebut – terutama untuk sayur, dapat mempengaruhi kadar vitamin di dalamnya. Jika salah metode masak, kandungan vitamin justru bisa rusak.

Untuk itu, penting mengonsumsi suplemen Vitamin C yang bisa bantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang punya kandungan lengkap.

Enervon-C mengandung yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Atau, kamu dapat konsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dan, kandungan vitamin B kompleks di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme – jadi, makanan yang dikonsumsi dapat diolah jadi sumber energi untuk beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, baik Enervon-C maupun Enervon Active, kamu dapat kunjungi apotek terdekat, atau membelinya di official store di platform e-commerce, seperti TokopediaShopeeLazada, dan BukaLapak. Yuk, tunggu apa lagi? Dapatkan segera sejumlah produk multivitamin Enervon ya!

 

Tapi, Amankah Minum Suplemen Vitamin C Setiap Hari?

Credit Image - blog.karafsapp.com

Rutin minum suplemen vitamin C – termasuk Enervon-C dan Enervon Active, tentu aman dilakukan setiap hari. Mengapa demikian? Karena, kandungan vitamin yang ada dalam dua multivitamin tersebut, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin larut air.

Jenis vitamin larut air merupakan vitamin yang dapat diproses bersama air dan siap diserap ke dalam jaringan tubuh – lalu, segera diedarkan. Jenis vitamin ini tidak dapat disimplan dalam tubuh, sehingga asupannya harus dipenuhi setiap hari.

Lalu, vitamin larut air juga tidak akan menumpuk dalam tubuh, karena zat-zat yang tidak lagi diperlukan akan segera dikeluarkan melalui urin. Jadi, tak lagi perlu khawatir untuk minum suplemen vitamin C setiap hari ya. Jawabannya, sudah tentu aman!

 

Itulah ulasan mengenai cara Vitamin C meningkatkan imun tubuh. Di masa pandemi Covid-19 – pastikan kamu memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini agar kekebalan senantiasa terjaga.

 

 

Featured Image - azcentral.com

Source - detik.com