Memiliki kekebalan tubuh yang kuat memang merupakan hal terpenting selama pandemi Covid-19. Imun tubuh wajib dijaga dengan baik, sehingga kamu tak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit, termasuk virus corona.

Nah, meningkatkan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti istirahat yang cukup, serta mengelola stres dengan baik.

Selain itu, yang tak boleh dilupakan, yaitu memenuhi kebutuhan vitamin, termasuk Vitamin B Kompleks – yang ternyata punya peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Jadi, tak hanya Vitamin C saja yang baik untuk imun – namun, Vitamin B juga tak kalah penting!

 

 

Vitamin B Kompleks: Jenis dan Sejumlah Manfaat Baiknya

Credit Image - wartakota.tribunnews.com

Sejatinya, Vitamin B Kompleks terdiri dari 8 jenis dan memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini kedelapan jenis vitamin tersebut:

  • Vitamin B1 (Thiamin) berfungsi untuk meningkatkan energi, serta mendorong sel tubuh agar dapat memproduksi energi. Selain itu, vitamin B1 baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu proses pengolahan karbohidrat tubuh.
  • Vitamin B2 (Riboflavin) dapat melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya, seperti kanker maupun katarak.
  • Vitamin B3 (Niacin) berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, membantu mengurangi depresi, dan mengatasi permasalahan pada sendi.
  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat) memiliki fungsi untuk mengatasi kelelahan, meningkatkan sistem saraf serta metabolisme tubuh, dan membantu mengurangi alergi.
  • Vitamin B6 (Pyridoxine) untuk membantu produksi sel darah merah, serta dapat meringankan gejala darah tinggi.
  • Vitamin B7 (Biotin) merupakan vitamin yang memiliki peran dalam pelepasan energi dari karbohidrat yang kamu konsumsi, serta dapat membantu proses pertumbuhan rambut dan kuku.
  • Vitamin B9 (Asam Folat) berperan penting untuk membantu hemoglobin, perkembangan janin, dan mengobati anemia.
  • Vitamin B12 (Kobalamin) bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, serta meningkatkan fungsi sistem saraf tubuh.

 

Peran Vitamin B Kompleks Dalam Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Credit Image - halodoc.com

Secara keseluruhan, Vitamin B Kompleks memang dapat membantu menjaga imunitas tubuh. Tapi, jenis Vitamin B yang punya peran besar, yaitu Vitamin B6. Berdasarkan studi yang dirilis oleh PubMed, tubuh yang kekurangan vitamin B6 dapat mempengaruhi respons imun – sebab produksi antibodi yang terganggu.

Vitamin B6 dapat membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah. Selain itu, vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk menyerap vitamin B12 serta memproduksi sel- sel sistem kekebalan tubuh dan sel darah merah.

Jadi, kebutuhan vitamin B6 yang tercukupi dapat berdampak langsung dengan peningkatan sistem imunitas tubuh, karena produksi antibodi yang juga ikut meningkat.

Selain itu, ada pula Vitamin B2 yang juga memiliki peran dalam meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin ini berperan untuk membantu metabolisme makanan sehingga dapat diubah jadi energi, sehingga daya tahan tubuh tidak ikut menurun.

Dan, terakhir Vitamin B12 – yang punya peran besar dalam metabolisme tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, maka bisa berdampak pada penurunan respons imun, terutama ketika tubuh sedang terserang infeksi virus.

 

Bagaimana Cara Memenuhi Asupannya?

Credit Image - runnersworld.com

Kebutuhan Vitamin B Kompleks dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan, seperti daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, buah dan sayur seperti bayam dan brokoli, roti dan pasta, telur, gandum, dan biji- bijian.

Tapi, memenuhi kebutuhan Vitamin B Kompleks dari makanan saja mungkin belum cukup, lho. Jadi, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi sejumlah multivitamin, seperti produk dari Enervon.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi multivitamin dari Enervon setiap harinya aman dilakukan kok. Karena, zat yang ada di dalamnya bersifat larut air, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Kemudian, sisa zat yang tak diperlukan akan dikeluarkan melalui urin ya.

Dan, untuk mendapatkan produk Enervon, baik Enervon-C maupun Enervon Active, kamu dapat kunjungi apotek terdekat, atau membelinya di official store di platform e-commerce, seperti TokopediaShopeeLazada, dan BukaLapak. Yuk, tunggu apa lagi? Dapatkan segera sejumlah produk multivitamin Enervon ya!

 

Nah, itulah ulasan mengenai Vitamin B Kompleks yang juga berperan penting dalam menjaga imun tubuh. Jadi, sudahkah kamu memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini?

 

 

Featured Image - scalarlight.co.uk 

Source - jovee.id