Bangkitkan Mood Saat Weekend, Lakukan Cara Ini. Hanya Butuh 5 Menit!

Bangkitkan Mood Saat Weekend, Lakukan Cara Ini. Hanya Butuh 5 Menit!

TAGS : tips weekend mood
font size A Ǎ

Dalam keadaan tertentu, mungkin seseorang lebih mudah merasa stres, maupun down. Kamu pun pasti pernah merasakan kondisi tersebut ya? Sedangkan, tak semua cara dapat mengembalikan suasana hati dengan mudah, lho. Bahkan, tidak semua alternatif – bisa dilakukan dalam waktu tersebut.

Misalnya, ketika kamu sedang banyak tugas yang harus dilakukan, tentunya kamu tak bisa melakukan meditas, kan? Begitu pula ketika sedang sibuk di pagi hari, mungkin sekedar untuk sarapan dengan tenang – tidak bisa kamu dapatkan.

Rasa tidak mood tersebut juga sering terjadi di akhir pekan lho, apalagi bagi kamu yang masih punya segudang aktivitas saat weekend. Namun, tak perlu khawatir – sebab, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Penasaran bagaimana cara yang direkomendasikan tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Punya Segudang Tugas? Selesaikan yang Paling Sulit Dulu

Bangkitkan Mood Saat Weekend, Lakukan Cara Ini. Hanya Butuh 5 Menit!

Credit Image - diadona.id

Cara pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu melakukan sesuatu hal yang paling sulit dahulu. Menurut Loretta Graziano Breuning, founder dari Inner Mammal Institute dan penulis buku "Habits of a Happy Brain", ada zat kimia di otak yang bisa meningkatkan kebahagiaan.

Salah satunya, hormon dopamin yang digambarkan sebagai “perasaan atas suatu pencapaian” – nah, kamu bisa menstimulasi hormon tersebut dengan menyelesaikan pekerjaan yang paling sulit, dan bisa merasa lega setelahnya.

Jika pekerjaan tersebut tidak bisa selesai dalam 5 menit, maka bagilah menjadi beberapa waktu berbeda. Namun yang pasti, fokus untuk menyelesaikan hal tersulit lebih dulu.

 

Tarik Napas yang Dalam Ya!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin-Madison’s Center for Healthy Minds, terdapat 4 hal yang mampu menjaga kesehatan mental, yaitu  kesiagaan, hubungan, cara pandang, dan tujuan.

Nah, untuk perihal kesiagaan – kamu bisa meningkatkan fokus dan siaga dengan melakukan latihan sederhana dengan latihan pernapasan. Caranya, pejamkan mata dan fokus untuk menarik napas. Kamu bisa lakukan konsep bernapas 4-7-8 atau roll breathing ya.

Peneliti menyebutkan bahwa konsep bernapas ini bisa mengurangi rasa panik dan stres baik di saat itu maupun untuk jangka panjang.

 

Dengarkan Lagu Untuk Meningkatkan Semangat

Bangkitkan Mood Saat Weekend, Lakukan Cara Ini. Hanya Butuh 5 Menit!

Credit Image - doktersehat.com

Setiap orang pasti punya lagu favorit yang bisa meningkatkan mood ya. Kamu pun pasti memilikinya, kan? Dari hasil studi tahun 2016 pada pengidap Alzheimer terbukti bahwa mendengarkan musik yang bersemangat bisa meningkatkan mood, kestabilan, dan menurunkan perasaan stres, lho.

Kemudian, dari hasil studi lainnya disebutkan bahwa bernyanyi pada bayi yang ada di NICU bisa membantu mereka lebih mudah siaga dan mengurangi stres. Selain itu, ketika kamu mendengarkan lagu yang penuh semangat – ini bisa membuatmu cenderung ingin bergerak, yang mampu meningkatkan energi.

 

Menghabiskan Waktu Bersama Orang Tersayang Juga Ampuh, Lho

Ada pula hormon kebahagiaan lainnya, yaitu oksitoksin yang dikaitkan sebagai hormon cinta. Menstimulasi hormon tersebut dapat membantumu meningkatkan rasa percaya diri, serta perasaan nyaman, nih.

Saat sedang merasa cukup down dan tidak bersemangat – atau, bahkan ketika stres, kamu bisa bertanya pada diri sendiri "jika aku butuh support, siapa yang akan ada untukku?" Dari sini, kamu bisa mulai menghubungi orang-orang tersebut ya.

Cukup chatting singkat – atau bisa juga telepon beberapa menit saja, pasti perasaan kamu akan jauh lebih baik.  Sedangkan jika sumber kebahagiaan tersebut ada di rumah, kamu bisa sekadar datang dan memeluknya selama beberapa detik. Sesi yang sangat singkat ini bisa meningkatkan mood secara maksimal.

 

Yuk, Lakukan Juga Kebaikan Untuk Orang Lain

Bangkitkan Mood Saat Weekend, Lakukan Cara Ini. Hanya Butuh 5 Menit!

Credit Image - bola.com

Tahukah kamu bahwa kebaikan juga berperan penting dalam meningkatkan suasana hati? Ya, menurut penelitian – aksi baik bisa menjadi cara paling mudah untuk membangkitkan kembali mood, serta memberikan rasa bahagia.

Nah, tapi ada yang perlu kamu ingat nih – aksi kebaikan tak selamanya harus berhubungan dengan uang maupun materi kok. Kamu juga bisa berperilaku lebih ramah pada orang sekitar, mengirim makanan ke tetangga, atau sekedar menyapa ketika berpapasan dengan teman. Melakukan hal baik untuk orang lain – bisa mendatangkan kebahagiaan, lho!

 

Wah, apakah akhir-akhir ini kamu sering merasa down, atau tidak mood? Kamu bisa melakukan salah satu cara di atas untuk mengatasinya ya. Sejumlah hal tersebut juga berlaku dalam membangkitkan suasana hati di akhir pekan!

 

 

Featured Image - pegipegi.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!