Setiap orang pasti tahu bahwa bekerja sama memang dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk urusan bekerja. Apakah kamu sudah menerapkan hal yang satu ini? Wah, bekerja sama punya banyak manfaat yang baik, lho. Meski demikian, kebiasaan bekerja sama mungkin terbilang cukup sulit dilakukan, termasuk di dunia kerja.

Sifat manusia yang sulit untuk berubah, apalagi ketika ditempatkan dalam kondisi khusus – menyebabkan banyak orang yang akhirnya lebih senang menjadi individualis. Tak hanya karena kurang nyaman berinteraksi dengan orang lain, tapi terkadang sifat ini dianggap lebih baik untuk diterapkan di dunia kerja.

Bekerja sama dalam tim bisa dibilang hal yang gampang-gampang susah, sebab menyatukan banyak isi kepala, termasuk untuk mengambil keputusan – memang tidak mudah dilakukan ya. Kamu pun pasti mengalami hal yang sama, yaitu menyamakan ide dan tujuan dengan teman satu tim.

Tapi, tak perlu khawatir, hal tersebut wajar dialami kok. Nah, agar bekerja sama tim semakin maksimal – kamu bisa menerapkan kelima tips ini ya. Nggak cuma bikin kerja tim makin baik, tapi ini juga bisa meningkatkan produktivitas, lho.

Jadi, apa saja sih kelima tips bekerja sama tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

 

 

Bangun Visi dan Misi Bersama-Sama Ya

Credit Image - sma3jogja.sch.id

Hal pertama yang perlu dilakukan agar bekerja sama dalam tim bisa berjalan dengan baik, yaitu bangun visi dan misi bersama-sama. Tips yang satu ini – merupakan langkah awal yang mesti ditentukan terlebih dahulu, lho.

Untuk memaksimalkan kerja timmu cobalah satukan visi dan misi bersama-sama – baik dari pimpinan tim, sampai anggota. Intinya, visi dan misi mesti dirundingkan ya. Jika tidak, visi dan misi tidak bisa disatukan,  dan selalu memperdebatkan hal yang sama. Tentu saja, aja bekerja sama tim tidak akan menghasilkan sesuatu yang efektif.

 

Terapkan Komunikasi yang Baik Juga Penting

Berikutnya, bekerja sama dalam tim juga pastinya memerlukan komunikasi yang lancar, baik bagi atasan, hingga anggota tim tersebut. Ingatlah bahwa komunikasi bukan hal yang sepele, lho. Ini merupakan ‘tiang penyangga’ dari sebuah tim, sehingga bekerja sama bisa dilakukan dengan baik.

Jika komunikasi tidak terjalin dengan maksimal, maka ini akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan, bahkan bisa memengaruhi kinerja tim. Nah, agar komunikasi tetap lancar – cobalah untuk membuat grup chat untuk menjalin komunikasi satu sama lain, baik saat di kantor maupun diluar.

 

Pahami Peran dan Tanggung Jawab Masing-Masing

Credit Image - wikijob.co.uk

Dalam sebuah tim, tentu saja setiap anggota sudah memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing ya. Poin yang satu ini mesti dijalani dengan tepat, sehingga bekerja sama pun bisa jalan lebih lancar, dan mampu memberikan hasil yang maksimal.

Yang perlu kamu ingat, jangan pernah lari – maupun mangkir dari tanggung jawab yang dimiliki, karena hal tersebut hanya akan membuat image diri memburuk. Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan timbulnya konflik dalam tim, lho.

 

Saling Menghormati dan Menghargai Satu Sama Lain

Dalam menerapkan bekerja sama dalam tim, setiap anggota harus bisa saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya – baik dari pimpinan, sampai anggota tim lainnya. Seperti yang sudah disebutkan, menyatukan banyak isi kepala untuk mencapai satu keputusan memang tidaklah mudah.

Belum lagi, tiap anggota tim memiliki latar belakang yang berbeda, seperti budaya. Untuk itu, cobalah menghargai dan menghormati pendapat setiap orang. Dengan demikian, bekerja sama dalam tim bisa dilakukan dengan baik – dan, bisa mencapai tujuan lebih cepat!

 

Tanamkan Pula Rasa Saling Percaya

Credit Image - sodexo.co.id

Tak hanya dalam urusan hubungan antar pasangan, namun rasa saling percaya juga perlu ditanamkan dalam bekerja sama tim, lho. Percayalah bahwa rekan kerja dapat mengerjakan hal yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Selain itu, hindari untuk terlalu sering ikut campur, sebab kamu bisa saja dianggap sebagai teman kerja yang justru menyebalkan. Dan, cobalah untuk saling membantu satu sama lain, seperti ketika anggota tim ada yang mengalami kesulitan – maka, kamu berinisiatif membantunya.

 

Bekerja sama dalam tim memang tidaklah mudah, namun jika diterapkan secara perlahan – hal ini bisa bantu meningkatkan produktivitas bekerja, lho. Tapi ingat, pastikan kamu juga sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian, biar proses bekerja bisa berjalan maksimal ya!

Selain mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang, kamu juga direkomendasikan untuk minum multivitamin, seperti Enervon Active – yang punya kandungan vitamin lengkap, sekaligus mampu meningkatkan stamina tubuh, lho.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk memberi stamina pada tubuh sehingga tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh biar nggak mudah terserang berbagai macam penyakit.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tips bekerja sama dalam tim agar pekerjaan dapat diselesaikan secara maksimal. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan sejumlah tips di atas?

 

 

Featured Image - glints.com