Kata introspeksi diri sepertinya sudah tidak lagi asing terdengar. Hal yang satu ini berperan penting untuk membantumu memperbaiki diri, agar menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam kehidupan, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Kamu pun pasti setuju ya? Nah, agar kesalahan yang sama tidak terulang – maka, introspeksi diri perlu dilakukan.

Tak hanya itu mencegah mengulangi kesalahan yang sama, namun introspeksi diri juga berlaku dalam urusan pekerjaan, lho. Seperti, apakah kamu merasa tidak bahagia dengan pekerjaan yang sedang dijalani? Di sini, introspeksi diri juga berperan penting.

Saat sibuk menyelami pekerjaan, tak bisa dipungkiri, kamu jadi sering terbawa suasana. Bersamaan dengan padatnya agenda kerja – hal tersebut sering membuatmu berubah menjadi seseorang yang mudah panik dan selalu terburu-buru. Hentikan sekarang juga! Dan segera lakukan introspeksi diri.

 

 

Apa Sih Introspeksi Diri?

Credit Image - alodokter.com

Introspeksi diri merupakan cara berpikir serius dan cermat – atau, bisa juga disebut merenungkan tentang karakter, perilaku, emosi, dan motif yang ada pada diri sendiri. Saat melakukan hal ini, kamu akan melihat ke belakang mengenai hal-hal yang pernah dilakukan di masa lalu, kemudian merefleksikan hidup di masa kini.

Tindakan introspeksi diri dapat memberi kesempatan pada otak untuk berhenti sejenak dari berbagai pemikiran yang kacau. Nantinya, selama beristirahat – kamu akan memilih berbagai pengalaman yang pernah terjadi, serta mengevaluasi kejadian tersebut. Hal inilah yang bisa dijadikan pembelajaran dalam menentukan pola pikir dan perilaku yang baik di masa depan.

Introspeksi diri termasuk salah satu cara untuk memahami dan berdamai dengan diri sendiri serta memperbaiki atau meningkatkan hubungan dengan orang lain. Tak hanya itu, ini juga menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan di semua bidang kehidupan, lho.

 

Tak Merasa Bahagia Dengan Pekerjaan? Coba Refleksikan Kembali Diri

Credit Image - health.detik.com

Jika belakangan waktu terakhir kamu tak merasa bahagia dengan pekerjaan yang sedang dijalani, cobalah untuk melakukan introspeksi diri. Tanyakan pada diri sendiri – apakah ini merupakan pekerjaan yang kamu impikan? Atau, sebenarnya masa depan seperti apa yang diinginkan? Lalu, apakah kamu sudah semakin dekat dalam meraihnya?

Jika kamu ingin bertindak secara tepat, langkah pertama yang perlu dikerjakan, yaitu menyadarkan diri sendiri – alias melakukan introspeksi diri. Identifikasikan akar masalah, kemudian tulis sebuah daftar hal yang berguna dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Selanjutnya, dengarkan hati nurani untuk mendapatkan solusi yang bijak dalam masalah yang sedang kamu hadapi. Dengan melakukan introspeksi diri – kamu akan mengingat kembali masa-masa awal bekerja, kemudian diingatkan kembali dengan tujuan yang kamu miliki.

Bila ternyata selama ini jiwa tidak menyatu dengan apa yang dikerjakan, dan lebih buruk lagi – kamu tidak menemukan kebahagiaan. Mungkin ini saatnya untuk pindah pekerjaan!

 

Introspeksi Diri: Cara Tepat Melakukannya

Credit Image - kumparan.com

Dilansir dari HelloSehat, setidaknya ada 3 langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan introspeksi diri, yaitu:

1. Identifikasi pertanyaan yang penting

Sebelum memulai introspeksi diri, kamu bisa menyiapkan beberapa pertanyaan penting yang akan membantu proses evaluasi. Misalnya, apa yang berhasil dan tidak pada diri, apa pencapaian atau kesuksesan yang diimpikan – atau pikirkan, berbagai hal yang patut disyukuri, serta bagaimana caranya meningkatkan kehidupan.

2. Pilihlah metode yang sesuai

Ada beragam cara introspeksi diri yang dapat kamu lakukan, lho. Misalnya, kamu bisa melakukan evaluasi diri sembari berjalan, duduk santai, menuliskannya di jurnal – atau bahkan dilakukan sambil melakukan aktivitas fisik, seperti berlari.

3. Tetapkan Waktu yang Sesuai

Selain waktu untuk melakukan introspeksi diri, kamu juga perlu menetapkan durasi waktu yang perlu diterapkan. Nah, bagi kamu yang baru memulai tindakan ini, kegiatan introspeksi diri bisa dilakukan selama 10 menit. Tapi, kamu pun bisa melakukannya lebih lama, bahkan hingga satu jam jika dibutuhkan.

 

Jadi, apakah kamu sudah merasa bahagia dan puas dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini? Jika belum, cobalah lakukan introspeksi diri – agar solusi bisa segera didapatkan!

 

 

Featured Image - cermati.com