Selama pandemi, masker merupakan salah satu benda yang wajib untuk digunakan, terutama ketika bepergian ke luar rumah. Sebab, masker berperan penting untuk menghalau virus yang dapat masuk melalui bagian wajah, seperti hidung dan mulut.

Selain itu, masker juga dapat menghindari virus menyebar – dari seseorang yang sakit, atau kemungkinan terinfeksi virus. Meski demikian, perlindungan virus dengan memakai masker dapat diperoleh secara maksimal, ketika selalu diganti secara berkala.

Mengganti masker menjadi hal yang wajib, terutama ketika berada di luar dalam waktu yang lama. Tapi memangnya mengapa sih hal tersebut direkomendasikan?

Untuk ulasan lengkapnya, berikut informasi yang perlu diketahui.

 

 

Bepergian Dalam Waktu Lama, Pastikan Ganti Masker Secara Berkala!

Credit Image - facetofeet.com

Ketika berada di luar rumah dalam waktu lama, masyarakat direkomendasikan untuk mengganti masker. Karena, menggunakan masker yang sama dalam waktu lama – akan meningkatkan kemungkinan seseorang untuk jatuh sakit.

Selain itu, ada lebih banyak bakteri dan jamur yang ditemukan pada masker, yang digunakan dalam waktu lama sekitar selama 6 jam – dibanding, pada masker yang diganti secara rutin. Tak hanya itu, masker yang dipakai lama juga bisa menjadi lembab, dan sangat cocok sebagai tempat berkembangnya mikroba.

Mikroba tersebut dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk, seperti memungkinkan seseorang jatuh sakit, serta mengakibatkan timbulnya jerawat. Saat ini, belum ada panduan khusus soal berapa kali masker harus diganti dalam sehari. Namun, sebaiknya segera ganti masker ketika kotor, lembab atau basah, maupun rusak.

 

Berada di Luar Rumah Dalam Waktu Lama, Gimana Cara Tepat Menggunakan Masker?

Credit Image - kumparan.com

Ada sejumlah tips yang perlu diterapkan dalam memakai masker, ketika berada di luar rumah dalam waktu lama, yaitu pastikan selalu membawa beberapa masker cadangan di tas maupun saku. Dengan begitu, ketika masker kotor – maka bisa segera diganti.

Kemudian, jika menggunakan masker kain – sesampainya di rumah, segera cuci masker dengan sabun setiap selesai digunakan. Lalu, jangan lupa untuk menjemurnya hingga kering. Sehingga, kumpulan minyak dan sel kulit mati yang menempel pada bagian masker dapat hilang.

 

Lengkapi Perlindungan Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Lainnya

Credit Image - kompas.com

Selain menggunakan masker setiap bepergian ke luar rumah, lengkapi pula perlindungan diri dengan berbagai cara lainnya, seperti berjaga jarak, rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan jika tidak mendesak sebaiknya hindari bepergian.

Selain itu, yang tidak boleh dilupakan – menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat. Jadi, tubuh pun tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus corona. Untuk mencapai kekebalan yang baik, maka sebaiknya terapkan pola hidup sehat.

Hal tersebut meliputi rutin berolahraga — aktif bergerak bisa kurangi risiko infeksi virus, miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta kelola stres dengan baik.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan vitamin harian — terutama vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Vitamin yang satu ini juga bisa didapat dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Dan, untuk yang memiliki aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan daya tahan tubuh.

 

Jadi, pastikan kamu selalu mengganti masker secara berkala, sehingga perlindungan terhadap tubuh semakin maksimal!

 

 

Featured Image - rukita.co

Source - instagram.com/@pandemictalks