Sebagian besar orang masih sering berpikir bahwa stamina dan kekebalan tubuh – alias daya tahan merupakan hal yang sama. Meski demikian, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho. Namun, baik stamina maupun kekebalan tubuh punya peranan penting, termasuk dalam menjaga fungsi tubuh.

Perlu diketahui, menjaga sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh merupakan perlindungan utama dalam menghindari berbagai ancaman penyakit, terutama virus corona yang kini tengah mewabah. Dengan kekebalan tubuh yang kuat – maka tubuh pun lebih mudah melawan virus. Sementara, jika imun melemah, penyakit yang menyerang pun dapat menjadi lebih berat.

Sementara, sulit membuatmu fokus, dan akhirnya pekerjaan pun tidak dapat diselesaikan.

Berkaitan dengan stamina dan kekebalan tubuh, jadi apa sebenarnya perbedaan di antara kedua hal tersebut? Dan, bagaimana caranya untuk meningkatkan, sekaligus menjaga keduanya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Stamina VS Kekebalan Tubuh, Apa Perbedaannya?

Credit Image - jovee.id

Pada dasarnya, kekebalan tubuh merupakan mekanisme pertahanan untuk membantu tubuh melawan zat-zat asing, seperti jamur, virus, bakteri, dan parasite yang mampu membahayakan tubuh. Sedangkan, stamina – pertahanan yang lebih mudah didapat, namun lebih cepat hilang ketimbang daya tahan tubuh.

Umumnya, stamina diperlukan untuk memberikan energi bagi tubuh, sehingga mampu menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan stamina yang kuat – maka, kamu tidak akan mudah lelah dalam berkegiatan, lho.

Stamina yang baik dapat diperoleh dengan rutin berolahraga. Seperti diketahui, melakukan kegiatan fisik dapat mengoptimalkan metabolisme, sehingga proses pembentukan energi pun semakin maksimal. Dalam kata lain, stamina bisa terbentuk dengan baik ya.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Stamina Tubuh?

Credit Image - genpi.co

Untuk meningkatkan stamina tubuh, ada sejumlah hal yang dapat kamu terapkan, yaitu:

1. Aktif bergerak

Kamu pasti sudah sering mendengar, kalau ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar maka harus rajin berolahraga. Ya, hal ini betul adanya. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tubuh yang aktif bergerak, entah dengan kegiatan ringan di rumah atau olahraga akan memicu peningkatan energi. Itu sebabnya, orang yang aktif secara fisik biasanya tidak gampang lelah.

Hal tersebut pun didukung oleh direktur fisiologi di Johns Hopkins University School of Medicine, Kerry J. Stewart, yang berpendapat bahwa tubuh yang aktif banyak dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup. Bahkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot juga akan semakin membaik berkat aktivitas fisik.

 

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Padatnya aktivitas bukanlah alasan untuk lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh ya! Karena, kekurangan asupan cairan dapat memecah persendian energi dan mengacaukan kinerja tubuh. Dengan demikian, kamu pun menjadi mudah lelah dan kurang bersemangat.

Selain itu, kekurangan cairan juga telah terbukti membuatmu sulit konsentrasi. Ini karena air mendukung kerja seluruh organ dalam tubuh, termasuk otak. Itu sebabnya, ketika kebutuhan cairan tidak terpenuhi dengan baik, maka otak tidak dapat bekerja secara optimal.

 

3. Makan tepat waktu

Yang tentunya tak boleh kamu lewatkan, yaitu makan tepat waktu. Pasalnya, makanan bertugas menyuplai energi utama yang nantinya akan dimanfaatkan tubuh untuk beraktivitas.

Saat tubuh telah bekerja keras dalam beberapa jam, maka perlu asupan makanan untuk mengembalikan energi. Jika tidak terpenuhi tepat waktu, cadangan energi sudah semakin terkuras. Akibatnya, kamu akan mudah lelah.

Penting juga bagimu untuk memenuhi asupan nutrisi dari berbagai sumber makanan sehat. Ini termasuk protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang tepat, bukan berlebihan. Intinya, harus disiplin dan tidak boleh mudah tergoda makan fast food ketika sedang sibuk.

 

4. Optimalkan stamina tubuh dengan mengonsumsi multivitamin

Suplemen multivitamin dapat menjadi pilihan yang tepat – untuk menjaga stamina tubuh, lho. Hal ini menjadi penting, apabila kamu memiliki kegiatan harian yang cukup padat.

Kamu disarankan mengonsumsi Enervon-C – yang merupakan multivitamin dengan kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B2, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya dapat membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tidak perlu khawatir badan tidak berenergi selama beraktivitas ya.

Konsumsi Enervon-C Effervescent – yang satu ini memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg!

Untukmu yang memiliki aktivitas padat, dapat minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk memberi stamina pada tubuh sehingga tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas.

 

Sementara, Menjaga Kekebalan Tubuh Bisa Dilakukan Dengan…

Credit Image - klikdokter.com

Lalu, untuk menjaga kekebalan tubuh – kamu disarankan menerapkan pola hidup sehat dengan menerapkan sejumlah hal berikut ini ya.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Langkah pertama – dan paling banyak disarankan, yaitu menerapkan pola makan yang sehat. Mengapa demikian? Dengan asupan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan pun semakin terjaga, otomatis imun akan ikut meningkat.

Disarankan perbanyak makan sayur, buah-buahan, dan biji-bijian utuh – seperti oat dan nasi merah. Dan, cobalah batasi makanan tinggi lemak dan gula ya. Pastikan kamu selalu konsumsi hidangan sehat seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, serat, dan protein.

Tak perlu khawatir, karena ada berbagai macam menu sederhana yang bisa dipilih kok, seperti nasi, bayam, dan ikan.

 

2. Mengelola Stres Dengan Baik

Perlu diketahui, stres berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol – yang bisa menyebabkan kerja sistem imun dalam melawan infeksi dapat terganggu. Untuk itu, usahakan selalu mengelola stres dengan baik.

Tapi, bagaimana caranya? Tak perlu repot – kamu bisa dengan meluangkan waktu untuk hobi, melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, serta melakukan meditasi.

 

3. Istirahat yang Cukup

Ingatlah bahwa tubuh juga harus mendapatkan istirahat yang cukup. Kalau kekurangan waktu tidur – tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan, mulai dari menurunnya kekebalan tubuh, hingga sistem pencernaan yang terganggu.

Jika kamu sedang tidak memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari – tak perlu khawatir tidur siang bisa menggantikan waktu istirahat. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, maka energi pun dapat bertambah, suasana hati membaik, dan daya ingat semakin meningkat!

 

4. Konsumsi Suplemen Vitamin C

Kamu pasti sudah tahu bahwa untuk menjaga imun tetap optimal – tentu, diperlukan dukungan dari sejumlah vitamin, terutama Vitamin C. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin tersebut, sistem kekebalan akan semakin kuat dan tubuh pun tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Tapi, tahukah kamu bahwa kebutuhan Vitamin C – mungkin tidak tercukupi hanya dengan konsumsi makanan saja? Untuk itu, kamu sangat disarankan mengonsumsi multivitamin secara rutin. Nah, kamu bisa mengonsumsi multivitamin Enervon Active – yang juga berperan untuk menjaga stamina serta energi tubuh ya.

 

Itulah ulasan mengenai perbedaan stamina dengan kekebalan tubuh. Jadi, bisa dipastikan keduanya merupakan hal yang berbeda!

 

 

Featured Image - pacificgarden.co.id