5 Tips Perencaan Keuangan Jitu Untukmu yang Suka Boros!

5 Tips Perencaan Keuangan Jitu Untukmu yang Suka Boros!

font size A Ǎ

Kalau membicarakan soal perencanaan keuangan, sepertinya memang tidak ada habisnya ya. Memang sih hal yang satu ini terlihat mudah untuk dilakukan, padahal sebenarnya penerapan perencanaan keuangan – justru sulit, lho!

Buktinya, masih banyak orang yang merasa sulit untuk menabung, apalagi buat kamu yang seringkali boros, atau bahkan tidak dapat menahan napsu berbelanja. Apakah kamu juga mengalami hal yang satu ini? Ingatlah, memiliki perencanaan keuangan yang tepat – wajib dimiliki setiap orang yang sudah memiliki penghasilan sendiri.

Sebenarnya, faktor yang menyulitkan seseorang untuk memiliki perencanaan keuangan, sekaligus menerapkannya, yaitu kebiasaan dan pola hidup yang biasa dilakukan sehari-hari. Kalau dibiarkan terus-menerus, keuanganmu bisa berantakan nih. Hal ini pun juga berdampak pada kondisi keuanganmu di masa mendatang.

Lantas, bagaimana sih cara tepat untuk memiliki perencanaan keuangan bagi yang masih suka boros? Biar nggak penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Susun Anggaran Keuangan Dalam Sebulan

5 Tips Perencaan Keuangan Jitu Untukmu yang Suka Boros!

Credit Image - nova.grid.id

Poin terpenting dalam menyusun perencanaan keuangan, yaitu memiliki anggaran keuangan terlebih dahulu. Mengapa demikian? Karena, hal ini akan memudahkanmu untuk mengatur pengeluaran ke depannya.

Jadi, cobalah untuk menyusun anggaran keuangan yang tepat dan efektif – di mana semua pos yang terdapat di dalamnya sudah benar-benar seimbang, dan sesuai dengan kebutuhan serta pendapatan yang kamu miliki ya.

Ingatlah bahwa anggaran keuangan bukanlah rencana semata, ini akan percuma kalau kamu tidak pernah menerapkannya sama sekali. Selain itu, hindari memaksakan sejumlah anggaran pengeluaran yang berlebihan, sehingga mengharuskanmu untuk mengurangi budget di berbagai pos lainnya yang lebih penting.

 

Yuk, Mulai Menabung!

Siapa sih yang tidak ingin bebas secara finansial, misalnya sebelum umur 50 tahun? Sepertinya, setiap orang menginginkan hal ini ya. Nah, untuk mewujudkannya – kamu dapat mulai menabung ya. Tips yang satu ini juga berperan penting dalam perencanaan keuangan.

Memang, menabung mungkin terdengar berat bagi sebagian orang, namun kebiasaan ini baik untuk dilakukan agar masa depanmu lebih tertata rapih.

Menabunglah dengan cara yang menyenangkan, seperti mencoba menabung dengan cara unik. Misalnya, menabung konsisten dalam nominal tertentu, menabung di rekening bank yang tidak memiliki kartu ATM, menabung dalam bentuk emas, ataupun menyimpan uang dengan cara digital.

 

Mulai Berinvestasi Juga Direkomendasikan, Lho

5 Tips Perencaan Keuangan Jitu Untukmu yang Suka Boros!

Credit Image - folderbisnis.com

Investasi juga termasuk solusi jitu untuk memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik. Tips ini juga direkomendasikan bagi kamu yang boros, lho. Karena, dengan berinvestasi, mau tidak mau – kamu mesti mengeluarkan uangmu untuk hal tersebut. Jadi, uang berbelanja pun akan semakin dikit. Wah, kalau begini, tidak ada lagi kata impulsive buying, ya?

Saat ini, investasi bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dengan sejumlah dana yang terbilang terjangkau kok. Lalu, pilih jenis investasi yang sesuai, misalnya tabungan emas, investasi saham, reksadana atau yang lainnya.

Segera investasikan sejumlah pendapatan kamu sesaat setelah gaji cair, sehingga mengurangi niatmu untuk membeli  keperluan yang tidak begitu penting.

 

Bawa Uang Cash Secukupnya Saja Ya

Trik perencanaan keuangan yang satu ini termasuk cara lama, namun paling ampuh agar kamu tidak boros. Yaitu, dengan membawa uang tunai secukupnya saja, tapi tetap disesuaikan dengan kebutuhanmu setiap minggunya ya.

Hindari membawa uang dalam jumlah besar ketika berpergian, bahkan ketika berbelanja sekalipun. Bawalah uang secukupnya, sehingga kamu tidak selalu memiliki kesempatan untuk menghabiskannya. Dengan begitu, kebiasaan boros pun dapat segera dihentikan!

 

Tahan Keinginan Untuk Berbelanja

5 Tips Perencaan Keuangan Jitu Untukmu yang Suka Boros!

Credit Image - goodnewsfromindonesia.id

Semuanya pasti setuju kalau berbelanja merupakan hal yang menyenangkan. Apakah kamu setuju? Apalagi, kalau melihat diskon yang menggiurkan. Sepertinya, hasrat untuk berbelanja pun semakin sulit untuk ditahan, bahkan keinginan untuk memborong semakin besar.

Tapi, ingatlah kamu harus mulai mengendalikan napsu berbelanja, terutama untuk berbagai barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Ada baiknya, kamu belajar untuk memprioritaskan membeli barang yang penting saja ya.

 

Wah, itulah kelima tips perencanaan keuangan yang cocok diterapkan bagi kamu yang seringkali boros. Jadi, apakah kamu ingin segera menerapkan sejumlah trik di atas?

 

 

Featured Image - jurnal.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!