Siapa di sini yang punya segudang aktivitas, bahkan sulit menyempatkan diri untuk berolahraga? Coba deh, ingat-ingat kembali, kapan sih terakhir melakukan kegiatan fisik? Nah, kalau jawabanmu lebih dari 3 bulan yang lalu – harus segera waspada ya!

Bukan tanpa alasan lho, namun kurang berolahraga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit tak menular, seperti meningkatkan risiko hipertensi, diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, obesitas, stroke, sampai depresi. Pastinya, kamu tak ingin merasakan sejumlah penyakit ini, kan?

Untuk itu, mulai sekarang, kamu perlu menyempatkan diri untuk berolahraga. Tapi, jika sibuk dan tidak punya banyak waktu – tenang, masih ada sejumlah olahraga ringan yang bisa dilakukan di sela-sela waktu kok.

Tanpa perlu berlama-lama, silahkan scroll artikel ini sampai habis ya!

 

Plank: Olahraga Ringan, Namun Menyehatkan

Credit Image - beritagar.id

Pilihan pertama, ada plank yang dapat kamu lakukan di sela-sela kesibukan. Gerakan yang satu ini – merupakan latihan sederhana yang bisa memperkuat tubuh karena melibatkan banyak otot. Bahkan, plank dapat dilakukan di mana saja, dan kapan saja, lho!

Plank memperkuat otot-otot di bahu, dada, kaki dan punggung. Dengan melakukan olahraga ini setiap hari akan membakar kalori lebih banyak dari latihan perut lainnya. Meski terlihat mudah, menahan posisi plank nyatanya sulit, lho. Coba lakukan selama 30 detik terlebih dahulu. Jika bisa, maka tingkatkan lagi durasinya.

 

Bisa Juga Lakukan Squats Secara Rutin

Berikutnya, kamu juga dapat melakukan gerakan squats yang tentunya punya banyak manfaat, seperti membangun otot kaki, paha depan, paha belakang dan betis serta bisa meningkatkan massa otot. Ketika dilakukan dengan benar, squats bisa menguatkan sendi pergelangan kaki, lutut dan pinggul pada waktu yang bersamaan.

Tak hanya itu saja, squats juga dapat bantu membakar lemak, mengencangkan bokong dan menurunkan berat badan. Cara melakukannya dengan benar adalah dengan membuka kaki lebar-lebar ke samping, lalu tekuk lutut serendah mungkin.

Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu bangkit dan ulangi hingga 10-15 kali. Lakukan setiap hari, agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal!

 

Wall Sits Untuk Membentuk Tubuh Bagian Bawah!

Credit Image - coachmag.co.uk

Kalau kamu punya aktivitas yang super padat, nah olahraga wall sits juga bisa jadi pilihan yang tepat, lho. Latihan duduk di dinding ini sangat bagus untuk membentuk paha, pinggul, betis dan perut bagian bawah.

Tentunya, latihan ini juga tergolong mudah dilakukan – dan, tidak membutuhkan modal yang besar, alias gratis! Biar hasilnya semakin terasa, lakukan wall sits selama 20 menit setiap harinya ya. Caranya, dengan bersandar ke dinding, majukan kaki ke depan lalu perlahan-lahan turunkan badan. Tetaplah bersandar dan buatlah posisi seolah-olah kita sedang duduk di kursi.

Tahan posisi selama 20-30 detik. Jika sudah merasa kuat, coba tingkatkan durasi hingga satu menit atau lebih.

 

Chair Dips Juga Bisa Jadi Pilihan Lainnya, Lho

Jika kamu butuh latihan untuk memperkuat otot lengan, maka chair dips – merupakan latihan yang tepat! Sama seperti latihan lain, kamu tak perlu modal apa pun kecuali sebuah kursi yang kuat dan kokoh.

Adapun cara melakukannya, yaitu dengan duduk, lalu menggeser tubuh hingga bokong terlepas dari kursi, sementara tangan tetap memegang dudukan kursi. Tahan posisi tersebut, sembari perlahan-lahan turunkan badan. Ingat, jangan sampai bokong menyentuh lantai ya. Lalu, tahan posisi ini selama 10-15 detik.

Ulangi selama 10 kali. Chair set bermanfaat untuk memperkuat otot trisep, otot lengan atas, otot bahu dan otot paha.

 

Gerakan Lunges yang Mampu Meningkatkan Massa Otot

Credit Image - healthline.com

Mencuri-curi waktu untuk melakukan lunges bisa dilakukan di sela-sela kesibukan, lho. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat seperti meningkatkan massa otot, membuat pinggul jadi fleksibel, melatih otot paha, mengencangkan kaki dan bisa meningkatkan sistem metabolisme! Alhasil, lemak tubuh terbakar dan bisa menurunkan berat badan.

Bagaimana cara melakukan lunges? Mudah kok, pertama, jaga agar bagian tubuh atas tetap lurus, bahu menghadap belakang dan rileks. Lalu majukan satu kaki, turunkan pinggul sampai kedua lutut ditekuk sampai sudut 90 derajat. Pertahankan berat badan pada tumit, tahan selama 15 detik lalu kembali ke posisi awal.

 

Wah, dari penjelasan di atas – melakukan sejumlah gerakan olahraga tersebut di sela-sela kesibukan memang penting ya, apalagi kalau bukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, biar aktivitas olahraga makin maksimal, yuk jaga stamina tubuhmu dengan memenuhi kebutuhan vitamin.

Selain dari makanan, kebutuhan vitamin juga bisa kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah. Dan pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit ya.

 

Jadi, dari sejumlah olahraga di atas – kamu ingin melakukan yang mana dahulu, nih?

 

 

Featured Image - runnersworld.com