Jarang Diketahui, Vitamin B Kompleks Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jarang Diketahui, Vitamin B Kompleks Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung

TAGS : Kesehatan
font size A Ǎ

Vitamin B kompleks memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan jantung. Dua jenis vitamin B komples yang penting bagi jantung adalah vitamin B1 dan B2. Saking pentingnya, jika tubuh kekurangan kedua vitamin ini dapat terjadi gangguan hingga kegagalan pada jantung.

Lalu, bagaimana vitamin B1 dan B2 dapat mempengaruhi kesehatan jantung? Ini dia penjelasannya.

Manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan jantung

Jarang Diketahui, Vitamin B Kompleks Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung

Credit: Hello Sehat

Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin). Setiap vitamin B memiliki manfaatnya masing- masing, tetapi secara umum semuanya berperan dalam kesehatan sel, sistem saraf, jantung, otot, dan lainnya.

Vitamin B1, B2, B6, B9, dan B12 adalah vitamin B kompleks yang paling dibutuhkan untuk kesehatan jantung, vitamin ini dapat melindungi tubuhmu dari penyakit jantung, stroke, serta berbagai gangguan lain pada jantung dan sistem peredaran darah.

Namun, vitamin B1 dan B2 yang memegang peran besar dalam mencegah timbulnya penyakit gagal jantung.

1. Vitamin B1 (tiamin)

Jarang Diketahui, Vitamin B Kompleks Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung

Credit: HonestDocs

Tiamin bekerja dengan membantu produksi neurotransmitter aseltilkolin. Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang menyampaikan sinyal pada sistem saraf. Pada persarafan jantung, asetilkolin menyampaikan sinyal antara saraf- saraf dan otot jantung agar jantung selalu berfungsi dengan baik.

Kekurangan asupan vitamin B kompleks ini berpengaruh untuk kesehatan jantung. Detak jantung menjadi tidak teratur sehingga lama kelamaan dapat mengganggu fungsi jantung dan membahayakan kesehatan. Selain itu, kekurangan vitamin B1 juga dapat menyebabkan penyakit beri- beri. Dampaknya adalah pembesaran jantung, penumpukan cairan pada kaki, peningkatan tekanan pembuluh vena, kerusakan saraf, serta gagal jantung.

2. Vitamin B2 (riboflavin)

Jarang Diketahui, Vitamin B Kompleks Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung

Credit: Hello Sehat

Vitamin B kompleks ini berguna untuk kesehatan jantung dengan cara menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Meskipun kasus kekurangan vitamin B2 terbilang jarang, dampaknya dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuhmu. Gejala akibat kekurangan vitamin ini adalah gangguan kulit, hiperemia (kelebihan darah), penumpukan cairan pada mulut dan kerongkongan, masalah sistem reproduksi, serta gangguan pada hati dan sistem saraf.

Sumber vitamin B1 dan B2 untuk memelihara kesehatan jantung

Jarang Diketahui, Vitamin B Kompleks Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung

Credit: Kompas

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin B atau menyimpannya dalam jumlah banyak. Kebutuhan vitamin B1 dan B2 per hari antara laki- laki dan wanita pun berbeda.

Untuk laki- laki kebutuhan harian vitamin B1 yaitu sebanyak 1,2 mg dan B2 yaitu 1,3 mg. Sedangkan untuk wanita kebutuhan harian masing- masing B1 dan B2 adalah 1,1 mg. inilah mengapa asupan vitamin B untuk jantung perlu diperoleh dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari- hari.

Kamu dapat memperoleh asupan B1 dan B2 dari sumber makanan seperti:

  • Biji-bijian dan kacang-kacangan utuh:beras putih, beras merah, kacang hitam, kacang merah, kacang almond, biji bunga matahari, oatmeal, dan quinoa.
  • Ikan dan makanan laut: tuna, kakap, kerang, tiram, salmon, dan ikan kod.
  • Daging dan organ: daging sapi, daging ayam, dan hati sapi.
  • Produk susu: susu segar, yoghurt, dan keju cheddar.
  • Sumber nabati lainnya: apel dengan kulitnya, bayam, dan jamur.

Selain dari sumber- sumber makanan tersebut, kamu juga bisa memperoleh kandungan vitamin B kompleks dari makanan atau minuman yang telah diperkaya dengan kedua vitamin ini. Seperti sereal, makanan yang berbentuk tepung, makanan pokok, roti, dan susu.

Minuman yang mengandung susu dapat menjadi salah satu solusi yang mudah didapat untuk memenuhi vitamin B1 dan B2. Kandungannya dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Dan kamu juga dapat memperoleh manfaat dari vitamin B kompleks dari suplemen vitamin yang dikonsumsi sehari- hari, sesuai dengan kebutuhan harian.

 

Featured Image - Maxliving.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!