Sejak berlangsungnya pandemi Covid-19, sebagian besar masyarakat makin gencar dalam menjaga kesehatan tubuh, yang dilakukan demi cuaca yang tak menentu – membuat serangan penyakit mudah terjadi.

Tak hanya orang dewasa saja, namun anak-anak pun harus dijaga kekebalan tubuhnya, lho. Ini pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk yang paling esensial, yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin.

Selain Vitamin C dan Vitamin B Kompleks, yang tidak kalah penting untuk membantu menjaga imunitas Si Kecil adalah Vitamin D. Vitamin yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan, sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan anak, lho.

 

 

Vitamin D: Manfaatnya Untuk Kesehatan Anak

Credit Image - alodokter.com

Vitamin D juga dikenal sebagai salah satu nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil, termasuk berkaitan dengan kesehatannya, lho. Apa saja manfaat tersebut? Berikut di antaranya.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Vitamin D merupakan salah satu vitamin penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin yang satu ini mampu melawan peradangan di dalam tubuh, berperan dalam regulasi imun, dan membantu mengaktifkan pertahanan sistem imun.

Jika si kecil kekurangan asupan Vitamin D, maka respon imunnya bisa terganggu dan meningkatkan risiko infeksi yang berkaitan dengan imun. Bahkan, Vitamin D juga dapat menurunkan fungsi paru- paru, yang berisiko mempengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi saluran pernapasan.

 

Membantu Penyerapan Nutrisi

Vitamin D membantu optimalkan proses penyerapan nutrisi yang masuk ke tubuh anak. Lalu, Vitamin D juga bisa membantu penyerapakan kalsium serta fosfor yang berperan untuk pembentukan tulang anak selama masa pertumbuhannya.

Selain itu, Vitamin D juga sangat baik untuk mengurangi risiko alergi, lho. Bila anak berisiko tinggi memiliki alergi, maka Ibu perlu untuk mencukupi asupan vitamin tersebut setiap hari. Dengan begitu, risiko ia untuk terkena alergi akan lebih kecil.

 

Menjaga Kesehatan Gigi

Seperti diketahui, tulang anak, termasuk bayi masih tergolong rapuh. Untuk itu, Vitamin D sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tulang, sehingga tak mudah rapih dan meningkatkan risiko osteoporosis pada anak di kemudian hari.

Tak hanya itu, asupan Vitamin D yang cukup juga dibutuhkan agar pertumbuhan gigi dan tulang Si Kecil lebih cepat, semakin kuat, dan tentunya tidak mudah keropos. Jadi, pastikan asupan nutrisi yang satu ini sudah terpenuhi ya, moms!

 

Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang

Anak memiliki pertumbuhan tulang yang cepat.  Agar dapat tumbuh tinggi, maka ia sangat memerlukan cukup asupan vitamin D. Nantinya, jika ia memiliki panjang badan yang normal sesuai usianya, artinya ia sudah cukup mendapatkan asupan vitamin D. Namun jika belum, moms perlu untuk meningkatkan asupan vitamin D pada anak ya.

 

Apa Dampak Kekurangan Vitamin D Pada Anak?

Credit Image - kumparan.com

Tak boleh disepelekan lho, kekurangan Vitamin D pada anak bisa menyebabkan sejumlah dampak buruk, hingga berisiko menimbulkan risiko berbahaya! Ada sejumlah tanda kekurangan Vitamin D yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Mengalami kejang-kejang
  • Mengalami gangguan otot jantung
  • Rakitis
  • Osteoporosis
  • Gigi mudah keropos
  • Pertumbuhan yang terhambat
  • Lemah otot
  • Mudah terserang penyakit

Perhatikan kembali sejumlah tanda kekurangan Vitamin D tersebut ya, moms. Jangan sampai hal ini terjadi pada Si Kecil!

 

Darimana Saja Bisa Peroleh Asupan Vitamin D?

Credit Image - kompas.com

Selain dari paparan sinar matahari pagi, Vitamin D juga dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, seperti kuning telur, ikan laur – salmon, tuna, dan makarel, sereal, margarin, serta susu dan produk olahannya.

Tak hanya dari sumber makanan, Vitamin D juga bisa diperoleh dengan memberikan Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap, lho. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatannya tetap optimal, termasuk selama masa pertumbuhan.

Untuk multivitamin, moms direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut dapat membantu anak tetap aktif selama masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta membantu menjaga daya tahan tubuh dan imunitas Si Kecil agar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah sejumlah manfaat Vitamin D yang juga berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh Si Kecil. Jadi, apakah anak sudah memperoleh asupan vitamin ini secara tepat, moms?

 

 

Featured Image - timesnownews.com

Source - ibudanbalita.com