Saat ini, berbagai varian Delta – atau B1617.2 yang ditemukan di India, bahkan disebut lebih mudah menular.

Tak hanya dengan mengintensifkan tracing kasus baru, pencegahan penularan varian baru Covid-19 juga dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, jangan lupa untuk terus menjaga imunitas – yang berperan sebagai senjata utama tubuh untuk mengurangi risiko tertular virus.

Tapi, apa saja kebiasaan yang perlu diterapkan untuk meminimalisir penularan virus, terutama varian baru, termasuk Delta?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

Kurangi Waktu Untuk Berkumpul

Credit Image - rightasrain.uwmedicine.org

Yang pertama, perlu diketahui bahwa kegiatan berkumpul bersama keluarga, maupun teman sering memicu munculnya klaster baru Covid-19. Meski termasuk dalam lingkungan yang dekat, sebaiknya tetap kurangi, atau hindari melakukan kontak dengan orang lain, mengingat adanya varian Delta yang lebih mudah menular.

Setiap orang yang menghabiskan waktu di dalam ruangan di luar rumah, berarti risiko terpapar Covid-19 pun semakin meningkat. Memang, mengurangi berkumpul sulit dilakukan, namun hal ini penting diterapkan agar pandemi dapat segera teratasi.

 

Batasi Frekuensi Belanja di Luar Rumah

Di tengah banyaknya kasus varian baru Corona, penularan virus ini bisa menjadi dua kali lipat lebih tinggi. Untuk itu, para ahli menyarankan agar masyarakat melakukan kegiatan belanja makanan hingga pakaian melalui aplikasi online.

Daripada harus berbelanja makanan, pakaian, maupun kebutuhan lainnya dengan santai, cobalah untuk mempersingkat waktu di luar, jika memungkinkan gunakan layanan belanja daring saja – atau, gunakan opsi seperti delivery.

 

Masih Bekerja ke Kantor? Waspadai Pula Hal Ini!

Credit Image - kepner-tregoe.com

Bagi yang masih harus bekerja di luar rumah, ahli juga menyarankan untuk tetap berhati-hati pada tempat, maupun ruangan dengan ventilasi buruk. Sebab, banyak kasus hingga klaster Covid-19 yang terbentuk di lingkungan kerja.

Hal yang satu ini mungkin terjadi, akibat banyaknya karyawan yang melakukan rapat atau bekerja di dalam ruangan dengan ventilasi udara yang buruk, sehingga risiko penularan semakin besar. Untuk itu, pastikan tetap menjaga jarak di tempat kerja, atau jika memungkinkan lakukan rapat secara virtual saja.

 

Direkomendasikan Memakai Masker Ganda

Penggunaan masker ganda juga disarankan oleh para ahli. Hal ini dinilai lebih efektif untuk mencegah penularan virus corona, termasuk varian baru yang semakin mudah menyebar. Masker ganda – terdiri dari masker medis dan masker kain.

Meski demikian, penggunaan masker ganda tidak diperlukan, ketika masker yang digunakan sudah terdiri dari 2-3 lapisan. Penelitian menunjukkan bahwa tindakan ini cukup untuk menghentikan droplets agar tidak mudah masuk. Tapi, pastikan sudah memakai masker dengan benar!

 

Selalu Bawa Hand Sanitizer Ketika Bepergian

Credit Image - packagingdigest.com

Untuk mengurangi penularan varian virus corona, mencuci tangan dengan air dan sabun menjadi cara penting yang masih harus dilakukan. Tapi, bagaimana jika tak memungkinkan untuk cuci tangan? Bisa gunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan setidaknya 60 persen alkohol.

Gunakan pembersih tangan tersebut ketika bepergian, terutama usai menyentuh permukaan benda yang berada di ruang publik, seperti gagang pintu. Selain itu, disarankan pula untuk membawa disinfektan untuk membersihkan permukaan benda usai beraktivitas.

 

Segera Lakukan Vaksinasi!

Cara lain yang ditempuh untuk mencegah penularan varian baru Covid-19, yaitu dengan segera melakukan vaksinasi. Saat ini, varian baru yang menyebar belum banyak memengaruhi efikasi vaksin yang tersedia.

Berbagai penelitian pun menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 yang ada, masih efektif untuk menangkal varian baru, termasuk Delta yang disebut lebih cepat menular. Adapun vaksin tersebut, meliputi AstraZeneca dan Pfizer.

Meski demikian, jika sudah mendapatkan vaksinasi, pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan, hingga pandemi terbukti sudah terkendali. Sebab, vaksin bukanlah penjamin seseorang dapat kebal dari risiko infeksi virus.

 

Optimalkan Pula Imunitas Tubuh

Credit Image - jovee.id

Dalam penyakit apapun, istilah lebih baik mencegah daripada mengobati memang benar adanya. Ini pun berlaku pada Covid-19. Jadi, selain menerapkan sejumlah protokol kesehatan sederhana yang sudah disebutkan di atas, menjaga imunitas juga sangat penting.

Optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Dan, yang tak boleh dilupakan – lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin secara rutin. Direkomendasikan untuk minum Enervon Active dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, direkomendasikan pula untuk mengonsumsi Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat bantu menjaga imun tubuh, sekaligus mengoptimalkan stamina agar tak mudah lelah!

 

Yuk, sama-sama lawan virus corona! Tetap terapkan langkah pencegahan dan jaga selalu imunitas tubuh agar risiko terinfeksi virus dapat diminimalisir.

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - detik.com