Tak bisa dipungkiri, Dibutuhkan kemampuan diri lainnya untuk menarik perhatian perusahaan, serta membantumu bertahan di tengah persiangan.

Jika kamu sedang mencari pekerjaan, hal tersebut juga termasuk yang sulit dilakukan, lho. Apalagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tengah genting. Dilansir dari CNN Indonesia – hal ini bisa semakin dipersulit, dengan prediksi dari World Economic Forum yang mengatakan bahwa akan ada 75 juta pekerjaan yang hilang, kemudian digantikan dengan teknologi.

Dari ungkapan tersebut, dapat diartikan kalau kamu tidak hanya bersaing dengan sesama sumber daya manusia saja, namun dalam dunia kerja – kamu juga harus berkompetisi dengan teknologi yang semakin berkembang.

Lantas, dalam menghadapi dunia kerja, apa saja hal yang perlu dilakukan agar tetap dapat bersaing dan meraih kesuksesan?

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

 

Mulailah Kembangkan Kreativitas

Credit Image - sehatq.com

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menghadapi persaingan di dunia kerja, yaitu mengembangkan kreativitas. Poin yang satu ini dapat membantumu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang, lho. Setuju, kan?

Memiliki kreativitas yang baik pun dapat membuatmu lebih mudah dalam memecahkan masalah yang dihadapi di dunia kerja. Bahkan, menjadi kreatif akan memudahkan kamu menghadapi ketidakpastian dengan lebih baik. Ingatlah bahwa kreativitas bisa menjadi aset – yang terus memacu keinginan belajar kamu.

 

Yuk, Terus Berinovasi!

Credit Image - futuready.com

Yang tak kalah penting dari poin sebelumnya, dalam dunia kerja kamu pun harus terus melakukan inovasi. Jangan salah, terus berinovasi merupakan kemampuan yang dapat membantu seseorang memecahkan masalah di tempat kerja, lho.

Tenang, berinovasi bukan melulu soal menciptakan program, maupun perangkat baru kok. Kamu dapat memulainya dengan langkah kecil, seperti mnemukan cara – maupun metode baru yang bisa memudahkanmu dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Bisa Juga Dengan Lakukan Kolaborasi

Credit Image - gkdi.org

Selanjutnya, dalam menghadapi persaingan di dunia kerja, kamu juga mesti mampu melakukan hal yang satu ini. Kalau kamu berpikir kalau persaingan harus membuatmu selalu berkompetisi dengan rekan kerja – maka, sudah saatnya pola pikir tersebut diubah!

Karena, kamu dapat melakukan kolaborasi dan bergabung dalam sebuah tim yang dapat membuatmu bekerja lebih cepat dan efektif, jika dibandingkan dengan bekerja sendiri. Jadi, jika ingin mendapatkan dampak yang lebih besar – aspek kolaborasi boleh diterapkan ya. Jangan jadikan kompetisi justru menjadi penghalang untuk mencapai kesuksesan.

 

Terapkan Pola Pikir “Agile Mindset

Credit Image - 7mindsets.com

Apakah kamu pernah mendengar pola pikir yang satu ini? Ya, seperti diketahui, di zaman sekarang semua dituntut untuk dilakukan secara cepat. Untuk itu, kamu perlu menerapkan agile mindset – alias serangkaian sikap dan pola pikir tangkas, serta mendukung lingkungan kerja yang gesit.

Pola pikir tersebut akan mendorong seseorang untuk tangkas, mau terus belajar, dan mudah beradaptasi dengan perubahan. Jadi, kamu harus bisa menjadi orang yang terus berkembang, sekaligus bisa terus mengikuti perkembangan zaman. Dan yang penting, jangan jadikan kamu sebagai orang yang tidak mau berubah ya!

 

Nah, itulah keempat tips yang dapat membantu menghadapi persaingan di dunia kerja. Agar diri semakin berkompeten dan bisa mencapai kesuksesan – selalu bangun sisi positif dalam diri, kemudian jadikan dirimu lebih baik lagi ya!

 

 

Featured Image - halodoc.com