Munculnya varian virus Delta memang cukup memicu kekhawatiran. Belum lagi, ada varian virus lainnya, seperti meminimalisir risiko infeksi virus.

Yang perlu diwaspadai, varian Delta yang disebut sangat mudah menular, bahkan berisiko menimbulkan dampak yang lebih berat. Dari sejumlah sumber, dikatakan pula kalau varian Delta bisa menular hanya dengan berpapasan saja, lho. Meski demikian, hal tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Belum lama ini disebutkan juga bahwa ada varian Delta plus yang kini sudah masuk ke dalam variant of concern. Dilansir dari Suara, menurun pejabat kesehatan, varian baru tersebut memiliki 3 karakteristik yang membuatnya lebih berbahaya dan mengkhawatirkan.

Ketiga karakteristik tersebut di antaranya meliputi peningkatan transmibilitas, pengikatan yang lebih kuat pada reseptor sel paru-paru, dan kurang respons terhadap antibodi monoklonal. Lantas, apa tindakan yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dari varian virus tersebut?

Nah, setidaknya ada 4 poin terpenting yang perlu dilakukan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

 

Jaga Jarak, Gunakan Masker Ganda, dan Rutin Cuci Tangan

Credit Image - kompas.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, varian Delta lebih mudah menular dan cepat menyebar dibandingkan dengan varian virus lainnya. Untuk itu, pastikan kamu terus menjaga jarak antar individu, menggunakan masker ganda, dan rutin mencuci tangan.

Selain itu, hindari pula kerumunan, dan menghindari bepergian kecuali untuk urusan yang mendesak ya. Lalu, ketika berada di dalam ruang yang terututp, pastikan  ruangan tersebut sudah memiliki ventilasi yang baik – sehingga, risiko penularan virus melalui udara dapat diminimalisir.

Tapi ingat, sejumlah langkah pencegahan tersebut masih harus diterapkan, meskipun nantinya kamu sudah mendapatkan vaksinasi, setidaknya sampai herd immunity di Indonesia sudah dapat tercapai – dan, ketika pandemi terbukti sudah bisa dikendalikan.

 

Tidak Ada Urusan Mendesak? Sebaiknya di Rumah Saja!

Sebelum lonjakan kasus terjadi, menjalani berbagai aktivitas di tengah pandemi Covid-19 mungkin bukanlah sebuah kekhawatiran bagi sebagian besar orang. Untuk itu, tak heran kalau sudah banyak masyarakat yang telah kembali melakukan berbagai kegiatannya di luar rumah.

Namun, kegiatan tersebut sebaiknya dihindari terlebih dahulu ya. Karena, virus corona telah bermutasi dan memunculkan berbagai varian baru di Indonesia – tidak hanya varian Delta saja. Tetapi, kalau gunakan masker ganda, serta hindari menyentuh permukaan yang mungkin sudah terkontaminasi.

 

Segera Dapatkan Vaksinasi Covid-19

Credit Image - bbc.com

Hingga kini, tidak sedikit orang yang masih skeptik terhadap vaksin Covid-19. Padahal, vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kekebalan, sekaligus mampu memberikan perlindungan tubuh dari virus corona, lho.

Untuk keamanannya pun sudah terjamin, sebab vaksin yang beredar sudah melewati berbagai fase uji klinis. Jadi, untuk kamu yang belum mendapat vaksin – yuk, segera dapatkan, jangan ditunda lagi ya! Tapi ingat, setelah mendapat vaksin, tetap lakukan protokol kesehatan untuk memaksimalkan perlindungan terhadap diri.

 

Jaga Daya Tahan Tubuh Tak Boleh Dilupakan

Selain menerapkan protokol kesehatan, sekaligus mendapatkan vaksin – jangan lupa, tetap jaga imunitas tubuh yang menjadi “senjata” utama dalam melawan berbagai macam penyakit, termasuk infeksi virus corona.

Untuk memperoleh imun tubuh yang kuat, kamu disarankan menerapkan kebiasaan hidup sehat, seperti rutin melakukan kegiatan relaksasi.

Selain itu, optimalkan pula kekuatan imunitas tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap – kaya akan vitamin yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan! Untuk itu, kamu direkomendasikan minum Enervon-C setiap harinya, lho.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, bisa juga minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Wah, itulah keempat poin penting dalam mencegah penularan Covid-19, termasuk varian Delta. Yuk, tetap patuhi protokol kesehatan, sebisa mungkin lakukan aktivitas di rumah, dan terus jaga imunitas untuk meminimalisir risiko infeksi virus!

 

 

Featured Image - validnews.id

Source - suara.com