5 Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri yang Perlu Diajari pada Si Kecil

5 Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri yang Perlu Diajari pada Si Kecil

font size A Ǎ

Selama pandemi, menjaga kebersihan diri memang menjadi salah satu kunci utama dalam mencegah infeksi virus corona. Tak hanya orang dewasa saja, namun kebiasaan tersebut juga harus dilakukan oleh anak-anak. Untuk itu, orangtua mesti mengajari sejumlah cara untuk menjaga kebersihan dirinya ya!

Menerapkan pola hidup bersih dan sehat – atau disebut juga sebagai PHBS, tentu saja lebih dari sekedar membiasakan anak untuk rutin mencuci tangan. Mengajarkan anak pentingnya menjaga kebersihan diri sejak dini, dapat menciptakan kebiasaan baik yang akan ia jalani hingga beranjak dewasa nanti.

Lantas, apa saja sih hal-hal yang perlu diajarkan agar anak dapat menjaga kebersihan diri sejak kecil, terutama di masa pandemi? Setidaknya ada 5 poin terpenting yang dapat kamu ajari, lho.

Tanpa perlu berlama-lama, yuk moms simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Ajari Anak Untuk Rajin Mandi

5 Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri yang Perlu Diajari pada Si Kecil

Credit Image - republika.co.id

Sebagian anak mungkin merasa tidak suka aktivitas yang satu ini, apakah Si Kecil juga termasuk? Namun, sebagian lainnya menganggap bahwa mandi merupakan aktivitas yang menyenangkan, lho. Cara tersebut memang penting dilakukan setiap harinya untuk menjaga kebersihan diri.

Untuk itu, orangtua perlu menjadikan mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Bagaimana caranya? Kamu dapat membiarkannya berendam dalam air busa, tapi siapkan juga air hangat untuk membilas anak setelah selesai berendam ya.

 

Rutin Mencuci Rambut

Banyak anak kecil yang perlu diajari untuk mencuci rambut, setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu. Hal yang satu ini juga penting diterapkan dalam perihal menjaga kebersihan diri ya. Tapi, keramas terlalu sering juga tidak terlalu dianjurkan, karena bisa membuat kulit kepala rentan kering.

Ketika beranjak dewasa, hormone pubertas akan meningkat, kemudian membuat rambut lebih berminyak. Di masa ini, ajari anak untuk mencuci rambut dengan shampoo sesering mungkin ya. Jika perlu, anjurkan untuk mencucinya setiap hari.

 

Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

5 Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri yang Perlu Diajari pada Si Kecil

Credit Image - halodoc.com

Menjaga kebersihan diri juga tidak luput dari perihal mulut dan gigi, moms. Gigi sekaligus gusi yang bersih dapat mencegah berbagai masalah kesehatan rongga mulut, seperti bau napas, serta gigi berlubamg. Jadi, ajari anak untuk menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari – jika tidak sehabis makan ya.

Kemudian, anak yang lebih besar juga dapat diajari untuk membawa sikat gigi di dalam tas, sehingga ketika bepergian, termasuk pergi ke sekolah, anak dapat menyikat giginya setelah makan. Selain itu, ajari juga anak bahwa dibutuhkan setidaknya dua menit untuk membersihkan gigi secara baik dan benar.

 

Rutin Mencuci Tangan, Sudah Pasti Penting!

Dalam menjaga kebersihan diri, mencuci tangan secara rutin menjadi pilar yang paling penting. Untuk itu, ajari Si Kecil untuk selalu membersihkan tangannya, baik sebelum dan sesudah makan, usai bermain di tempat yang kotor, setelah menyentuh binatang, maupun setelah berkontak dengan orang yang tengah sakit.

Lakukan kegiatan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Biar anak semakin semangat melakukannya – kamu dapat memberikan ia berbagai perlengkapan cuci tangan yang menarik, lho.

Dan, yang perlu diingat bahwa biasakan anak untuk menggunakan hand sanitizer sesedikit mungkin selama masih tersedia air mengalir dan sabun. Sebab, mencuci tangan tetaplah langkah yang efektif, jika dibandingkan menggunakan hand sanitizer.

 

Ajari Pula Untuk Menjaga Kesehatan Kuku

5 Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri yang Perlu Diajari pada Si Kecil

Credit Image - review.bukalapak.com

Seperti diketahui, kuku dapat menjadi tempat yang berkembang biaknya bakteri maupun kuman penyebab penyakit. Kuman yang bersarang di kuku Si Kecil pun dapat mudah berpindah ke mata, hidung, dan mulut, lho.

Jadi, selain membiasakan anak untuk rutin mencuci tangan, ajari pula Si Kecil untuk membersihkan kotoran di bawah kuku, seperti sebelum tidur. Kemudian, gunting kuku seminggu sekali – yang juga dapat membuang kotoran, serta menurunkan kemungkinan terjadinya cantengan.

 

Imbangi Menjaga Kebersihan Diri Dengan Kebiasaan Sehat

Melakukan berbagai kebiasaan sehat juga perlu dilakukan untuk mengimbangi berbagai cara menjaga kebersihan diri, lho. Dengan demikian, perlindungan tubuh pun bisa diperoleh secara maksimal. Sebenarnya, kebiasaan ini sudah diimbau sejak lama, bahkan sebelum pandemi Covid-19 berlangsung.

Adapun pola hidup sehat yang perlu diajari pada anak, yaitu perbanyak konsumsi makanan bernutrisi tinggi, mengajaknya untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin, serta istirahat yang cukup. Selain itu, selama pandemi – anak perlu dibiasakan untuk menggunakan masker ketika bepergian, dan menerapkan jaga jarak ya.

Untuk mendukung gaya hidup sehat yang dianjurkan selama pandemi Covid-19 – lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Tapi, multivitamin apa yang direkomendasikan buat Si Kecil?

Moms direkomendasikan memberikan Enervon-C Plus Sirup secara rutin untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin anak. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

 

Nah, itulah kelima poin penting dalam menjaga kebersihan diri yang perlu diajari pada anak sejak usia dini ya. Jadi, apakah moms sudah mulai mengajarkan Si Kecil sejumlah hal tersebut?

 

 

Featured Image - smarterhealth.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!