6 Tips Camping Di Rumah Bersama Keluarga. Bantu Usir Rasa Bosan Nih

6 Tips Camping Di Rumah Bersama Keluarga. Bantu Usir Rasa Bosan Nih

font size A Ǎ

Di masa PPKM Darurat, kamu memang dianjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah saja, tak terkecuali Si Kecil yang juga belajar secara online. Mungkin, kamu sudah tak sabar ingin kembali keluar rumah, atau mencari pengalaman liburan yang menyenangkan.

Tapi tenang, di rumah pun kamu bisa mendapatkan suasana “liburan”, lho. Salah satunya dengan melakukan kegiatan camping, seperti di halaman belakang rumah sendiri! Nah, dengan perlengkapan yang komplit, pengaturan, serta suasana hati yang senang – maka, hal ini bisa dijadikan kegiatan tepat untuk mengisi waktu di akhir pekan nanti.

Apakah kamu tertarik untuk melakukan aktivitas camping di rumah? Untuk memudahkanmu, berikut ini 6 tips yang dapat diterapkan biar kegiatan tersebut makin seru. Yuk, simak ulasannya sampai habis ya!

 

 

Bangun Tenda yang Sesuai Kenyamanan Anggota Keluarga

6 Tips Camping Di Rumah Bersama Keluarga. Bantu Usir Rasa Bosan Nih

Credit Image - brilio.net

Wah, sepertinya berkemah tidak akan lengkap tanpa kehadiran tenda ya? Memang, tidur menggunakan tenda di alam bebas, termasuk di halaman rumah terasa sangat menyenangkan. Biar lebih nyaman, pilihlah tenda yang cukup besar untuk seluruh anggota keluarga, atau tenda yang lebih kecil jika anak menyukai punya ruang sendiri.

Kalau kamu tinggal di wilayah dengan lampu yang terang, bisa gunakan tenda dengan kain berwarna gelap. Sebab, seharusnya kain tenda dengan warna gelap dapat memblokir 90 persen cahaya dari luar, sehingga kegiatan camping semakin terasa nyaman!

 

Batasi Penggunaan Barang Elektronik Ya

Agar kegiatan liburan di rumah ini semakin terasa intim, yuk batasi penggunaan barang elektronik. Dengan demikian, aktivitas ini pun tidak menjadi hiburan biasa, karena anak dan orangtua sibuk menatap layar gadget masing-masing.

Selain itu, biar makin maksimal, kamu juga dapat mencabut kabel dari ponsel, tablet, maupun permainan video dan komputer, lho. Jadi, gunakan semua waktu yang tersedia untuk saling mengobrol dengan anggota keluarga, bermain permainan bersama, atau hanya menikmati alam bebas.

 

Biar Lebih Ringan, Tiap Anggota Keluarga Bisa Diberikan Tugas Lho

6 Tips Camping Di Rumah Bersama Keluarga. Bantu Usir Rasa Bosan Nih

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Ketika membuat makan malam, kamu pun bisa memberikan tugas sederhana pada setiap anggota keluarga yang berpatisipasi dalam kegiatan camping. Jadi, tugas pun terasa lebih ringan, dan kegiatan ini semakin terasa menyenangkan.

Hal tersebut dapat berupa tugas sederhana, seperti membagikan alat makan kepada setiap orang, atau membawakan bahan-bahan makanan ke area kemah. Ini dapat menunjukkan pada anak bahwa kamu menginginkan bantuannya – sehingga, Si Kecil pun bisa berkontribusi dalam kegiatan perkemahan.

 

Biar Komplit, Buatlah Api Unggun

Siapa yang setuju kalau kegiatan berkemah yang paling penting, yaitu membuat api unggun? Ya, ini bisa menjadi momen yang tepat di mana seluruh anggota keluarga dapat bersantai setelah melewati minggu yang panjang dan melelahkan, sembari melihat bintang – atau membakar marshmallow.

Namun, jika kamu memiliki anak kecil, awasi terus dirinya agar tidak mendekati area api. Kemudian, kalau memiliki anak yang lebih besar, kamu dapat melibatkan ia dalam pembuatan api dengan mengumpulkan kayu, lho.

Kalau masih khawatir dengan keamanan, cobalah membuat lubang api dengan tembok yang lebih tinggi, sehingga setiap anggota keluarga dapat tetap aman dan merasa hangat sepanjang malam.

 

Gunakan Lampu Tambahan Kalau Si Kecil Takut Gelap

6 Tips Camping Di Rumah Bersama Keluarga. Bantu Usir Rasa Bosan Nih

Credit Image - fabelio.com

Si Kecil takut gelap? Tak masalah! Kamu bisa menggunakan lampu tambahan, sebab api unggun tidak bisa dibiarkan nyala semalaman, lho. Gantungkan lampu dengan tali di halaman belakang – dan, voila! bagian belakang rumahmu pun akan terang sepanjang malam.

Jika kegiatan camping dilakukan saat malam berawan, sebaiknya gunakan jenis lampu LED tumblr untuk membuat efek seperti bintang. Gunakan lampu tersebut sebagai momen belajar bagi anak yang menyukai astronomi. Menyenangkan, bukan?

 

Ingin Lebih Seru Lagi? Buatlah Bioskop Malam!

Tak hanya membuat api unggun saja, tapi berkemah di halaman belakang rumah juga bisa diisi dengan kegiatan menonton film, lho. Membuat bioskop malam pun bisa membuat kegiatan camping semakin terasa seru. Nah, kamu bisa mengatur film dengan membawa laptop ke dalam tenda ya.

Kalau punya proyektor, maka bisa gantungkan kain putih bersih ke dinding, pagar, maupun di antara beberapa pohon. Arahkan proyektor ke kain putih tersebut, dan bioskop malam pun sudah siap dinikmati! Biar makin seru, bisa juga sajikan popcorn sebagai camilan.

 

Nah, itulah keenam tips camping di rumah yang tak kalah menyenangkan dengan liburan lainnya. Jadi, apakah kamu tertarik melakukan kegiatan yang satu ini di akhir pekan nanti?

 

 

Featured Image - localpassportfamily.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!