Beberapa waktu belakangan ini, pasti kamu pernah mendengar tren meditasi yang semakin sering dilakukan oleh berbagai kalangan. Setuju? Bahkan, berbagai manfaat dari meditasi pun sudah diketahui – dan mungkin akan membuatmu tertarik untuk mencobanya.

Meditasi merupakan salah satu cara untuk mencapai mindfulness, yang tentunya membutuhkan waktu yang sedikit. Namun, ketika kamu sudah memahami dan mendapatkan manfaatnya, maka waktu yang dikorbankan pun tak terasa sia-sia, lho!

Umumnya, meditasi identik dengan pose bersila di dalam ruangan sepi dan gelap – namun, tidak selalu seperti ini kok! Bahkan, ada beragam jenis meditasi yang bisa kamu lakukan di mana saja. Penasaran apa jenis meditasi tersebut?

Yuk, simak ulasannya berikut ini. Baca sampai habis ya!

 

 

Meditasi Untuk Relaksasi Otot Tubuh

Credit Image - untukyangterbaik.com

Tujuan utama dari melakukan meditasi, yaitu mencapai titik mindfulness. Pada meditasi ini, kamu dituntut untuk bisa mengatur napas dengan baik – yang dapat memudahkanmu dalam hal pengamatan diri yang lebih objektif.

Tapi ingat, meditasi untuk relaksasi otot tubuh tidak dapat dilakukan, jika pikiran sedang negatif – sebab, tubuh akan mengalami ketegangan akibat kecemasan berlebih.

Untuk melakukan meditasi tersebut kamu perlu menutup mata dan diikuti hembusan napas yang teratur. Setelah hembusan napas stabil, fokuskan perhatian kamu ke dalam tubuh mulai dari bagian kepala sampai ujung kaki dengan perlahan-lahan. Dan, nantinya otot-otot tubuh akan merasa rileks luar biasa.

 

Untuk Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Selanjutnya, meditasi lain yang dapat kamu lakukan, yaitu concentration meditation. Meditasi tipe ini akan membantumu menemukan sesuatu yang lebih detail dalam pikiran. Nah, proses meditasi tersebut merupakan kunci untuk mengetahui dan memahami diri lebih baik lagi.

Untuk melakukan concentration meditation, diperlukan beberapa langkah dasar. Pertama, mulailah dengan menghitung 1 sampai 8 dalam setiap tarikan napasmu tanpa suara. Kemudian, ulangi kembali hitungan ketika sudah sampai di hembusan napas yang kedelapan. Dan, fokuskan pikiran kesetiap udara yang keluar dan masuk tubuh.

Cobalah untuk melakukan meditasi ini secara rutin untuk merasakan manfaat baiknya!

 

Meditasi Sembari Jalan Kaki

Credit Image - liputan6.com

Kamu bosan meditasi sambil duduk? Yuk, coba lakukan kegiatan ini sambil berjalan kaki. Cara tersebut merupakan salah satu yang terbaik untuk merelaksasikan otot, serta pikiran secara bersamaan, lho. Kamu tertarik melakukannya?

Caranya pun cukup mudah. Pertama, pilihlah lokasi yang tidak terlalu ramai – atau bisa juga yang memiliki pemandangan cantik. Lalu, kurangi kecepatan berjalan kaki dan gunakan teknik pernapasan yang baik. Ingatlah untuk tetap memfokuskan diri kepada setiap jejak langkah ya.

Tapi, tipe meditasi ini lebih dianjurkan untuk kamu yang tidak mudah lelah ketika berjalan kaki. Sebab, jika terlalu lelah berjalan, maka konsentrasi akan hilang – dan meditasi bisa gagal!

 

Menulis Sambil Melakukan Meditasi

Metode yang satu ini merupakan teknik yang dapat memberikan mindset positif bagi diri sendiri. Dan, ternyata tipe meditasi sembari menulis pun sudah banyak digunakan oleh budaya Timur. Hal ini dikarenakan kultur Timur sangat sulit untuk mengekspresikan diri secara langsung.

Dengan demikian, menulis dijadikan sebagai media penghubung, sekaligus tempa untuk mencurahkan perasaan. Misalnya, menulis diari – kegiatan sederhana yang bisa dilakukan sembari meditasi. Luangkan waktu 15 menit untuk menulis mengenai perasaan yang kamu rasakan setiap harinya.

 

Kerjakan Aktivitas Sederhana Dengan Kondisi Mindful

Credit Image - ems.ekrut.com

Yang terakhir, kamu juga dapat mengubah setiap kegiatan sederhana menjadi aktivitas yang mindful, lho. Seperti, memilih kegiatan sederhana yang hanya memerlukan sedikit tingkat fokus, misalnya mencuci muka – atau menyetrika pakaian. Aktivitas tersebut tentu bisa dilakukan tanpa berpikir.

Sama seperti meditasi sambil berjalan kaki, lakukan aktivitas ini secara perlahan-lahan. Hindari tergesa-gesa – sebab, semua kegiatan perlu dilakukan secara mindful. Meskipun terkesan sepele, namun meditasi ini dapat memberikan manfaat yang baik – kamu pun akan melihat dunia dengan perspektif yang lebih dalam dan menarik, lho.

 

Wah, bagaimana? Itulah kelima jenis meditasi yang bisa kamu lakukan di mana saja. Jadi, kamu ingin segera melakukan meditasi yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - realsimple.com