Melonjaknya kasus Covid-19 yang terjadi beberapa waktu terakhir, membuat sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan bekerja di rumah – alias work from home. Sudah diterapkan sejak tahun 2020 silam, tentunya sudah banyak pekerja yang terbiasa dalam penerapan kebijakan tersebut.

Meski demikian, bukan berarti seluruh pekerjaan justru dapat berjalan dengan lancar, lho. Masih ada sejumlah tantangan yang kerap dihadapi selama bekerja di rumah, termasuk dalam hal brainstorming. Perubahan workflow seringkali membuat penyampaian ide menjadi lebih sulit dilakukan.

Jika kamu terbiasa melakukan brainstorming dengan interaksi langsung – ketika bekerja di rumah, kegiatan tersebut menjadi tantangan tersendiri, bahkan tak jarang hasil yang diperoleh pun kurang memuaskan.

Lalu, apa yang perlu dilakukan agar proses brainstorming tetap berjalan dengan baik, serta kamu pun tetap aktif dan produktif? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Buat Agenda yang Terencana

Credit Image - dreamplanner.com

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam kegiatan brainstorming selama bekerja di rumah, yaitu buatlah agenda terlebih dahulu. Tak bisa dipungkiri, brainstorming bisa menjadi aktivitas yang melelahkan otak – atau cenderung membosankan. Berada dalam ruangan yang sama untuk saling berdiskusi mengenai ide – tentu akan memakan waktu yang lama.

Untuk itu, sebelum memulai sesi brainstorming, ada baiknya kamu menyiapkan agenda secara matang terlebih dahulu – dan rencanakan agenda tersebut secara disiplin. Pilihlah salah satu peserra untuk menjadi time keeper agar waktu brainstorming menjadi lebih efektif – dan pastinya teratur.

 

Cari Ruang Kerja yang Bebas dari Distraksi

Bekerja di rumah memang tidak semudah yang dibayangkan, ya? Ada banyak distraksi yang menyebabkan konsentrasi terpecah – atau bisa menurunkan produktivitas. Untuk itu, ada baiknya kamu menggunakan ruangan yang kondusif, terutama ketika melakukan brainstorming.

Carilah ruangan yang memungkinkanmu bekerja dengan tenang, misalnya di dalam kamar. Kemudian, epada keluarga bahwa meskipun berada di rumah – kamu masih bekerja secara full time. Sehingga, mereka tidak akan mengganggu sesi brainstorming dengan tim.

 

Mulailah Dengan Hal yang Unik dan Berbeda

Credit Image - prdaily.com

Ketika bekerja di kantor, kamu dan tim memiliki lingkungan yang sama. Namun, saat work from home, setiap orang pasti memiliki hal-hal unik – yang memungkinkan tim bertukar pikiran akan hal tersebut. Misalnya, mulailah brainstorming dengan membicarakan sesuatu yang menarik, seperti acara TV yang sedang ditonton.

Selain itu, kamu dan anggota tim pun bisa membicarakan hal lainnya, seperti sarapan yang dibuat – atau justru apa yang sedang dilakukan oleh hewan peliharaan. Pengalaman tersebut dapat mendorong beragam percakapan, serta menginspirasi orang untuk menghasilkan ide-ide baru.

 

Lakukan Brainstorming Sendiri, Sebelum Bersama Tim

Brainstorming juga dapat dilakukan secara mandiri, lho – bahkan, hal ini bisa memberika suatu hasil yang baik. Sebab, ketika melakukan brainstorming sendiri, kamu dapat menyatakan ide secara leluasa, tanpa harus “dihakimi” dengan orang lain.

Berbeda halnya ketika brainstorming dengan anggota tim, biasanya hanya sedikit orang yang mengeluarkan ide dan pendapat – karena takut ide yang disampaikan menuai kritik buruk, atau bahkan ditolak.

Selain itu, dengan melakukan brainstorming mandiri, kamu juga dapat mengevaluasi ide-ide yang ingin disampaikan ke forum. Dengan demikian, ketika sesi tersebut dilakukan bersama anggota tim, kamu sudah memiliki ide yang matang.

 

Pastikan Kamu Menggunakan Aplikasi Kolaborasi Ya!

Credit Image - pgi.com

Ketika melakukan pekerjaan remote – alias bekerja di rumah, sudah pasti dibutuhkan aplikasi yang dapat menunjang produktivitas pekerjaan ya. Begitu pula ketika melakukan kegiatan brainstorming secara online.

Sudah pasti, diperlukan aplikasi yang dapat membantu, sekaligus mempermudah tim untuk berkomunikasi – dan melakukan kolaborasi dalam menyampaikan ide-idenya. Dalam hal ini, kamu bisa gunakan beberapa tools, seperti papan tulis virtual – alias virtual whiteboard.

 

Tetap Perhatikan Hal ini Ketika Melakukan Brainstorming

Nah, agar proses pengumpulan ide dan solusi dapat berjalan dengan baik, ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan nih! Berikut ini di antaranya.

  • Hindari mengkritik – atau langsung meragukan ide yang muncul, apalagi ketika melakukan brainstorming dalam kelompok. Ingatlah bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membuka semua kemungkinan untuk mencapai sebuah solusi ya.
  • Hargai pula semua ide yang muncul meskipun cukup unik, atau justru terdengar mustahil. Ide-ide seperti ini dapat memancing sesuatu yang lebih baik dari anggota kelompok lainnya, lho.
  • Analisis ide yang dihasilkan setelah proses brainstorming. Dengan demikian, ide dapat menjadi satu gagasan yang utuh dan solutif.

Dan yang tak kalah penting, ketika melakukan brainstorming pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian, biar proses pengumpulan ide dapat berjalan maksimal ya! Pastinya, hal tersebut dapat membuatmu tetap fokus dan berstamina, sehingga tak gampang lelah, lho.

Selain mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang, kamu juga direkomendasikan untuk minum multivitamin, seperti Enervon Active – yang punya kandungan vitamin lengkap, sekaligus mampu meningkatkan stamina tubuh, lho.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk memberi stamina pada tubuh sehingga tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh biar nggak mudah terserang berbagai macam penyakit.

 

Nah, itulah kelima tips melakukan brainstorming ketika bekerja di rumah. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan sejumlah cara di atas? Berbagai tips tersebut bisa membantumu makin produktif meskipun sedang work from home, lho.

 

 

Featured Image - klikdokter.com