Dongeng Fabel Ternyata Baik Untuk Anak! Berikut Ini 4 Rekomendasinya

Dongeng Fabel Ternyata Baik Untuk Anak! Berikut Ini 4 Rekomendasinya

font size A Ǎ

Moms, apakah kamu dan Si Kecil sudah mulai bosan – atau, kehabisan melakukan kegiatan di rumah selama pandemi Covid-19? Wah, kalau tengah mengalami hal tersebut, kamu dapat mengajak anak untuk membaca dongeng fabel, lho.

Aktivitas membaca dongeng, termasuk dalam bentuk dongeng fabel tidak hanya menyenangkan bagi anak, tetapi juga dapat mempererat ikatan – serta membantu memperluas imajinasinya. Singkatnya, kegiatan yang satu ini juga berperan besar dalam proses tumbuh kembang anak.

Berdasarkan informasi dari Australasian Journal of Early Childhood, membacakan dongeng bermanfaat untuk membangun rasa komunitas yang lebih besar, meningkatkan pengetahuan – dan daya ingat, mendukung perkembangan literasi awal, serta memperluas potensi kreatif pada anak.

Nah, saat ini, tersedia berbagai macam dongeng fabel yang dapat kamu bacakan, lho. Umumnya, yang dapat menarik perhatian Si Kecil, yaitu dongeng tentang hewan. Tentu saja, jenis dongeng tersebut memiliki nilai moral yang bisa dijadikan pembelajaran oleh anak.

Lantas, apa saja sih rekomendasi dongeng fabel tersebut? Yuk, simak ulasannya sampai habis ya, moms!

 

 

Dongeng Fabel Si Kancil

Dongeng Fabel Ternyata Baik Untuk Anak! Berikut Ini 4 Rekomendasinya

Credit Image - poskata.com

Rekomendasi dongeng fabel pertama, yaitu Si Kecil – cerita yang sudah cukup populer sejak lama. Sesuai judulnya, dongeng yang satu ini menceritakan tentang kancil, seekor hewan yang dikenal sangat cerdik dan juga lincah.

Meski begitu, perilakunya yang nakal ini tidak disukai oleh penduduk desa. Sebab, kancil seringkali mencuri hasil tanam penduduk desa, seperti sayur dan buah yang ditanam di perkebunan. Nah, suatu hari Si Kancil kehausan dan sedang mencari minum. Karena tidak menemukan, ia akhirnya pergi ke kebun penduduk desa untuk mencuri mentimun.

Sayangnya karena kurang waspada, ia terjebak dalam perangkap yang terpasang. Melihat Si Kancil berhasil ditangkap, ia pun dinasihati agar tidak mencuri lagi.

 

Kelinci dan Kura-Kura, Rekomendasi Dongeng Hewan Lainnya

Dongeng Fabel Ternyata Baik Untuk Anak! Berikut Ini 4 Rekomendasinya

Credit Image - kumparan.com

Berikutnya, ada pula dongeng fabel yang mengisahkan seekor kelinci dan kura-kura. Dalam dongeng yang satu ini, Si Kelinci memiliki sifat yang sombong – dan, seringkali mengejek Si Kura-Kura yang lamban ketika berjalan.

Pada suatu ketika, Kura-Kura pun mengajak Kelinci untuk bertanding lomba lari, karena ia ingin memberikan pelajaran untuk Kelinci. Di awal pertandingan Kelinci melesat jauh meninggalkan Kura-Kura yang memang cara berjalannya cukup lamban, namun ia tidak mau menyerah.

Sementara itu, Kelinci yang merasa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, memutuskan untuk beristirahat dan tidur sekejap di tengah pertandingan. Namun saat terbangun, ia pun terkejut, karena ternyata Kura-Kura sudah sampai di garis akhir. Dari kejadian tersebut, Kelinci pun merasa malu dengan hal ini.

 

Semut dan Belalang Juga Merupakan Pilihan Dongeng yang Menarik!

Dongeng Fabel Ternyata Baik Untuk Anak! Berikut Ini 4 Rekomendasinya

Credit Image - cerita-anak-indo.blogspot.com

Dongeng fabel lainnya yang bisa kamu ceritakan pada Si Kecil, yaitu Semut dan Belalang. Cerita mengenai hewan yang satu ini berkisah tentang seekor semut yang rajin – dan belalang yang punya sifat malas.

Semut yang rajin bekerja keras untuk mempersiapkan cadangan makanan, karena musim dingin akan tiba. Meskipun masih agak lama, dirinya tetap bekerja keras mengumpulkan makanan. Berbeda dengan belalang yang justru bersantai-santai, sebab ia mengira musim dingin masih jauh.

Hingga ketika musim dingin tiba, Si Belalang kehabiskan makanan terlebih dahulu – dan, akhirnya meminta makanan dari Si Semut. Awalnya, semut tidak mengindahkan permintaan tersebut, tapi karena dirinya merasa kasihan melihat Si Belalang hampir mati, ia pun memberikan cadangan makanannya.

 

Siput dan Kancil yang Punya Cerita Ringan

Dongeng Fabel Ternyata Baik Untuk Anak! Berikut Ini 4 Rekomendasinya

Credit Image - motherandbaby.co.id

Dongeng fabel yang satu ini merupakan cerita mengenai hewan yang mudah diceritakan, lho. Jadi, dongeng ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Siput dan Kancil – menceritakan mengenai siput yang akhirnya dapat mengalahkan kancil dalam lomba lari. Kok bisa ya?

Siput memiliki akal untuk meminta teman siput lainnya untuk berada di titik-titik jalur lomba lari sampai ke finish. Si Kancil tidak sadar, bahwa siput ini merupakan siput lain, karena cangkangnya yang sama.

Hingga akhirnya rencana siput berjalan lancar dan siput tadi menjadi pemenang walaupun sebenarnya yang berhasil mencapai garis finish ialah temannya. Dongeng ini mengajarkan anak-anak untuk tidak bersikap sombong seperti kancil.

 

Wah, itulah 4 rekomendasik dongeng fabel yang bisa diceritakan pada anak, moms. Tentu saja, sejumlah dongeng tersebut dapat memberi manfaat bagi tumbuh kembangnya, termasuk dalam hal imajinasi dan kreativitas.

Tapi, agar proses perkembangan anak semakin maksimal, pastikan pula kamu sudah memberikan asupan nutrisi yang baik ya. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi, salah satunya dengan  memberi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin khusus anak yang satu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, meningkatkan napsu makan, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit.

 

Jadi, moms tertarik membacakan dongeng fabel yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - limone.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!