Penggunaan masker ganda – atau disebut juga sebagai masker medis sebagai lapisan dalam, kemudian masker kain di bagian luarnya.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang salah dalam penggunanaan masker ganda. Banyak yang beranggapan bahwa merangkap dua masker medis lebih bermanfaat – dibanding kombinasi masker medis dan masker kain. Hal tersebut sangat keliru!

Memangnya, mengapa sih masker medis tidak boleh didobel dengan sesama masker medis juga? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Menggunakan Dua Masker Medis Tak Boleh Dilakukan, Mengapa Demikian?

Credit Image - mooimom.id

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang dokter Spesialis Patologi Klinik, Nafiandi, mengungkapkan bahwa penggunaan masker medis rangkap – alias menggunakan masker dobel dengan masker medis saja justru tidak lebih efektif, dibanding dengan rangkap masker medis dan masker kain.

Menggunakan masked medis di dalam, kemudian masker kain di luar – dapat meningkatkan efektivitas filtrasi masker, serta dpat memblokir sebesar 80 persen partikel. Memakai dua rangkap masker medis, termasuk disposable mask tidak dapat memberikan perlindungan efektif, sebab masker bedah masih memiliki area open face di sisi samping – dan berpotensi menyebabkan kebocoran.

Dengan kata lain, penggunaan masker bedah secara berlapis tidak akan meningkatkan kemampuan filtrasi, maupun kesesuaian masker. Selain itu, disarankan untuk tidak menggunakan kombinasi masker KN95 atau N95 dengan masker lainnya.

Sebelumnya, CDC merekomendasikan penggunaan masker double sehingga area wajah dapat ditutupi secara lebih ketat. Dengan demikian, transmisi dapat berkurang sebesar 85-95 persen. Masker kain sebagai lapisan luar sendiri dapat memberikan penambahan perlindungan sekitar 50 - 70 persen.

 

Cara Tepat Menggunakan Masker Ganda

Credit Image - halodoc.com

Agar penggunaannya dilakukan secara tepat, sehingga perlindungan pun semakin maksimal – ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam memakai masker ganda, yaitu:

  • Hindari menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Jenis masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri, dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun.
  • Pilih masker yang memiliki beberapa lapisan untuk mencegah droplets.
  • Masker medis harus digunakan secara tepat, yaitu menutupi area hidung hingga dagu – tanpa ada celah di bagian kedua sisi wajah.
  • Pilih masker medis yang dilapisi dengan masker kain katun – pastikan bersifat breathable.
  • Hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi menjadi celah masuknya virus.

Selain itu, gunakan masker yang terdapat kawat untuk menyesuaikan bentuk hidung. Penyangga tersebut bisa digunakan agar masker dapat digunakan secara sempurna dan menyesuaikan bentuk wajah.

Kemudian, pengguna juga dapat mengikat karet telinga dan melipat sisa masker – jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah. Dengan demikian, masker dapat menutupi bagian hidung dan mulut secara sempurna.

 

Optimalkan Perlindungan Diri, Lengkapi Dengan Langkah Pencegahan Lainnya!

Credit Image - bestlifeonline.com

Selain menggunakan masker, baik satu maupun ganda – beragam upaya lainnya juga perlu turut diterapkan untuk menghindari penyebaran virus corona. Bagaimana caranya? Pastikan kamu rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan kurangi bepergian – kecuali karena hal penting.

Lalu, jaga terus kesehatan tubuh – dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini bisa dioptimalkan dengan rutin mengonsumsi suplemen, terutama Viitamin C. Kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon setiap hari yang dapat bantu tingkatkan imun tubuh.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi yang menginginkan perlindungan ekstra, bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi masyarakat yang sudah sering beraktivitas di luar rumah!

Selain itu, direkomendasikan pula untuk minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh tetap optimal agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh.

 

Itulah alasan sebaiknya menghindari penggunaan dua rangkap masker medis, yang ternyata justru tidak dapat memberikan perlindungan maksimal. Yuk, terus lakukan langkah pencegahan – serta optimalkan kekebalan tubuh untuk bantu mencegah infeksi virus!

 

 

Featured Image - health.detik.com

Source - cnnindonesia.com