Jadi Cara Menjaga Kebersihan Diri, Kenapa Cuci Tangan Penting Dilakukan?

Jadi Cara Menjaga Kebersihan Diri, Kenapa Cuci Tangan Penting Dilakukan?

font size A Ǎ

Selain menjaga kesehatan agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, menjaga kebersihan diri juga termasuk langkah yang penting untuk menghindari risiko terkena berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19. Salah satu cara menjaga kebersihan diri yang sangat direkomendasikan, yaitu mencuci tangan.

Cuci tangan merupakan tindakan yang paling mudah – dan tentunya sederhana untuk mencegah penyebaran penyakit. Tanpa disadari, tangan sering menjadi perantara dari berbagai macam bakteri, kuman, maupun virus untuk masuk ke dalam tubuh.

Tapi sayangnya, masih banyak yang belum menyadari manfaat menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan nih. Apakah kamu juga belum mengetahuinya? Wah, hal yang satu ini dapat memberikan banyak keuntungan untuk kehidupan sehari-hari, lho.

Penasaran apa saja sih manfaat yang bisa diberikan dari rutin mencuci tangan? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Dapat Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Jadi Cara Menjaga Kebersihan Diri, Kenapa Cuci Tangan Penting Dilakukan?

Credit Image - lifepack.id

Menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan dapat mencegahmu terkena berbagai macam penyakit. Perlu diketahui, proses berpindahnya kuman bisa berlangsung dengan cepat – baik dari orang ke orang lainnya, atau dari benda yang sudah terkontaminasi.

Jika sudah masuk ke bagian dalam tubuh, ada kemungkinan patogen berbahaya tersebut kan mengganggu sistem imunitas tubuh. Hal tersebut biasanya akan membuatmu sakit – atas reaksi adanya infeksi di dalam tubuh oleh bakteri, kuman, atau virus.

Untuk itu, mencuci tangan dengan baik dan benar dapat membawa manfaar berupa mencegah penularan penyakit secara efektif. Tangan sering digunakan untuk menyentuh bagian tubuh, seperti pipi, mulut, hidung, atau mata. Jika tangan kotor, maka kuman bisa sangat cepat tersebar.

Adapun berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan rutin mencuci tangan, yaitu sakit pencernaan – seperti diare, keracunan makanan, dan hepatitis A, gangguan pernapasan – pneumonia dan flu, serta infeksi lainnya.

 

Membunuh Kuman dan Mikroorganisme Berbahaya

Manfaat selanjutnya dari menerapkan cara menjaga kebersihan diri ini – dapat membantu membasmi mikroorganisme berbahaya yang tidak terlihat di tanganmu. Sifat dari bakteri, kuman, dan virus memang mikroskopik. Artinya, kamu tidak bisa melihat mikroorganisme ini dengan mata telanjang.

Meski tak tertangkap mata, bukan berarti patogen berbahaya tidak ada di permukaan tangan dan benda-benda di sekitarmu, lho. Justru, mikroorganisme ini tersebar di mana-mana, termasuk dalam benda-benda terdekat Anda yang kemungkinan besar sudah terkontaminasi. Hal ini meliputi telepon genggam, laptop, meja, sepatu, atau pun tas.

Untuk itu penting untuk selalu cuci tangan setelah beraktivitas, karena kuman tersebar di mana-mana meskipun kamu tidak dapat melihatnya.

 

Memutus Rantai Penyebaran Selama Pandemi

Jadi Cara Menjaga Kebersihan Diri, Kenapa Cuci Tangan Penting Dilakukan?

Credit Image - alodokter.com

Di masa seperti pandemi, kebiasaan menjaga kebersihan diri, termasuk mencuci tangan bisa menjadi suatu hal sederhana yang dapat menyelamatkan banyak orang. Ingatlah bahwa mencuci tangan tidak hanya mencegahmu dari penularan penyakit – tapi, juga bisa melindungi orang-orang di sekitar.

Selain itu, kunci keberhasilan suatu masyarakat dalam menghadapi pandemi adalah ketika orang-orang di dalamnya kompak menjaga kebersihan, termasuk menerapkan kebiasaan cuci tangan. Tindakan yang dilakukan satu orang akan berpengaruh secara signifikan pada suatu kelompok sosial. Nah, kamu bisa membawa perubahan besar dengan cara memulai dari diri sendiri.

Oleh karena itu, pastikan kamu tidak pernah melewatkan kebiasaan cuci tangan, dan selalu ingatkan orang-orang di sekitar untuk memulai kebiasaan ini.

 

Juga Dapat Menghemat Biaya Pengeluaran

Penyakit yang ditularkan dari tangan yang tidak bersih – memiliki tingkat keparahan beragam, mulai dari ringan sampai berat. Jika sudah sakit, pastinya kamu perlu mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan, kan? Hal ini mungkin tidaklah murah.

Semakin berat penyakit yang diderita, tentu semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Dengan menjaga kebersihan diri, termasuk rajin mencuci tangan – dapat memberikan manfaat berupa menghemat pengeluaran karena lebih jarang berobat ke rumah sakit.

Dibanding dengan pengeluaran yang ekstra saat sedang sakit, mencuci tangan hanya membutuhkan ‘modal’ berupa kesadaran, sabun, dan air. Jadi, cobalah untuk disiplin dalam mencuci tangan agar tubuh tetap sehat. Ini merupakan cara termudah dan paling murah untuk mencegah penyakit, lho.

 

Tapi, Lakukan Juga Langkah Perlindungan Diri Lainnya Ya!

Jadi Cara Menjaga Kebersihan Diri, Kenapa Cuci Tangan Penting Dilakukan?

Credit Image - viantt.id

Selain rutin mencuci tangan, selama pandemi perlindungan diri akan makin maksimal – ketika seluruh protokol kesehatan juga dilakukan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan juga ikut diterapkan.

Kemudian, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan tubuh, dengan menerapkan gaya hidup sehat – dimulai dari menjalani pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat cukup yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh tetap optimal.

Dan, tentunya kamu dianjurkan rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C – yang berfungsi mempertahankan imun tubuh, sehingga risiko terserang virus corona dapat diminimalisir.

Untuk suplemen Vitamin C, kamu direkomendasikan minum Enervon-C yang punya kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C baik dalam bentuk tablet – yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – dan tentunya, dapat bantu mengoptimalkan sistem imun.

 

Wah, itulah empat manfaat yang bisa diperoleh dengan menjaga kebersihan diri, terutama rutin mencuci tangan. Mulai sekarang, yuk rajin bersihan tanganmu dengan air mengalir dan sabun – untuk bantu cegah penularan penyakit, termasuk virus corona!

 

 

Featured Image - health.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!