Tak bisa dipungkiri, olahraga merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan secara rutin. Bukan tanpa alasan, namun risiko terkena berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19.

Seperti diketahui, ketika sistem imunitas tubuh sudah baik, maka risiko terinfeksi virus, kuman, maupun bakteri penyebab penyakit akan menurun. Selain itu, menjadi aktif juga dapat berdampak positif terhadap kesehatan mental.

Nah, di masa pandemi – kamu memang disarankan menjalani home-workout, alias berolahraga di rumah saja. Jangan salah! Kegiatan ini tak kalah baiknya kok dari berolahraga di luar rumah, seperti di pusat kebugaran.

Lantas, apa saja yang bisa diperoleh dari berolahraga di rumah? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Membuatmu Merasa Lebih Bahagia

Credit Image - womantalk.com

Rutin berolahraga, termasuk di rumah saja dapat menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin – yang dapat bantu menghilangkan perasaan depresi.

Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin – untuk menghasilkan perasaan positif, serta mengurangi persepsi nyeri. Bahkan, olahraga pun terbukti mengurangi gejala pada orang yang menderita kecemasan. Hal ini dapat membantu membuat seseorang lebih sadar akan kesehatan mental.

Jadi, apapun jenis olahraga yang kamu lakukan, hal ini sudah dapat membantu suasana hati menjadi lebih baik.

 

Pastinya, Bisa Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup tidak aktif merupakan faktor utama dalam peningkatan berat badan – yang juga bisa menyebabkan obesitas. Dalam hal ini, kamu mesti memahami dahulu hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi, lho. Tubuh akan menghabiskan energi dalam tiga cara, yakni mencerna makanan, berolahraga, dan mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan.

Saat berdiet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolisme tubuh – sehingga, dapat memperlambat proses penurunan berat badan. Sebaliknya, olahraga yang teratur terbukti meningkatkan laju metabolisme, yang akan membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan.

 

Baik Untuk Kesehatan Otot dan Tulang

Credit Image - cara.dafunda.com

Seperti diketahui, olahraga memiliki peran penting dalam membangun dan mempertahankan kesehatan otot, serta tulang. Misalnya, aktivitas fisik seperti angkat beban – akan merangsang pembentukan otot, apalagi jika dibarengi dengan asupan protein yang baik.

Hal ini terjadi karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan ototmu – untuk menyerap asam amino. Dengan berlatih fisik secara teratur, maka risiko kehilangan massa otot pun dapat diminimalisir, lho. Memang, seiring bertambahnya usia – manusia cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, yang bisa menyebabkan peningkatan risiko cederna.

Kamu dapat menggabungkan latihan aerobik dengan latihan angkat beban yang bisa memaksimalkan penurunan lemak, serta memelihara massa otot. Kedua hal ini juga berperan penting dalam menjaga berat badanmu ya.

 

Dapat Meningkatkan Energi Tubuh

Olahraga pun dikenal menjadi kegiatan yang bisa menambah energi, baik bagi dalam kondisi sehat – maupun orang yang memiliki kondisi medis tertentu. Sebuah studi menemukan bahwa enam minggu berolahraga secara teratur dapat mengurangi rasa lelah.

Selain itu, olahraga dapat meningkatkan energi, termasuk bagi orang yang menderita sindrom kelelahan kronis – dan berbagai penyakit serius lainnya. Hasil ini pun dirasakan secara signifikan, lho. Jadi, untuk kamu yang ingin mempertahankan energi sekaligus stamina tubuh, yuk lakukan olahraga secara rutin meskipun di rumah saja!

 

Juga Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Credit Image- alodokter.com

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penyakit kronis. Dalam hal ini, melakukan olahraga rutin telah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, kebugaran kardiovaskular dan komposisi tubuh, menurunkan tekanan darah – dan juga kadar lemak darah.

Sebaliknya, kurang olahraga teratur, bahkan dalam jangka pendek, dapat menyebabkan peningkatan lemak perut yang signifikan. Adapun hal itu dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kematian dini. Untuk itu, aktivitas fisik harian dianjurkan untuk mengurangi risiko terkena sejumlah penyakit tersebut.

 

Menjaga Kesehatan Tubuh Juga Bisa Dilakukan Dengan Hal Ini, Lho

Agar kesehatan tubuh, termasuk imunitas makin terjaga maksimal – selain rutin berolahraga, kamu juga dianjurkan untuk menerapkan sejumlah kebiasaan sehat lainnya, seperti menerapkan pola makan bergizi seimbang, tidur yang cukup, serta mengelola stres dengan baik.

Dan, yang tidak kalah penting, kamu juga dianjurkan memenuhi kebutuhan vitamin – yang bisa menjaga kekebalan, serta mempertahankan stamina tbuh, lho. Selain dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Atau, kamu juga bisa mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit.

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

 

Wah, itulah kelima manfaat dari berolahraga di rumah yang dapat kamu peroleh. Yuk, jangan malas dan tetap rutin untuk melakukan aktivitas fisik biar kesehatan tubuh semakin terjaga!

 

 

Featured Image - tokoalatfitness.com