Sejak awal bulan Juli 2021, pemerintah telah membuka vaksinasi Covid-19 untuk umum yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Hal ini juga berkaitan sebagai syarat menunjukkan kartu vaksin Covid saat melakukan perjalanan jauh – selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di area berbagai daerah di Indonesia.

Tak diragukan lagi, mendapatkan vaksin Covid merupakan salah satu cara untuk membantu menghentikan laju penularan virus corona, sekaligus mempercepat berakhirnya pandemi – dengan membentuk kekebalan kelompok.

Kamu juga tak perlu khawatir mengenai vaksin Covid yang tersedia, karena pemerintah sudah menjamin vaksin yang diberikan kepada masyarakat sudah aman, serta bisa memberikan berbagai manfaat yang baik. Lantas, apakah kamu segera ingin vaksin selama masa PPKM?

Wah, kalau begitu, yuk simak informasi di bawah ini – untuk mengetahui cara daftar vaksin Covid yang perlu kamu ketahui. Simak selengkapnya sampai habis ya!

 

 

Mendaftar Vaksin Covid: Apa Saja Syarat yang Dibutuhkan?

Credit Image - travel.dream.co.id

Adapun sejumlah syarat yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri dalam program vaksinasi massal Covid-19 di Jakarta, yaitU;

  1. Wajib bawa KTP dan merupakan WNI.
  2. Peserta berusia 18-49 tahun dapat membawa KTP atau KTP non DKI Jakarta.
  3. Hadir 15 menit sebelum jadwal kedatangan yang tertulis di e-voucher.
  4. Menjaga protokol kesehatan selama proses vaksinasi Covid-19.
  5. Menunjukkan bukti e-voucher agar dapat masuk ke area puskesmas dan mendapat layanan vaksinasi.
  6. E-voucher yang diterima bukan jaminan akan mendapat vaksinasi karena data diverifikasi ulang oleh sistem P-Care.
  7. Masyarakat yang datang tanpa mendaftar atau peserta datang di luar jadwal tidak mendapat layanan vaksinasi.
  8. Bagi peserta yang berobat rutin penyakit kronis, dapat membawa surat rekomendasi vaksin Covid dari dokter spesialis.
  9. Pelayanan vaksinasi di hari Sabtu hanya hingga pukul 12.00 WIB.
  10. Layanan vaksinasi tidak beroperasi pada hari Minggu atau hari besar.
     

Lalu, Bagaimana Cara Mendaftarkan Diri Dalam Program Tersebut?

Dilansir dari Kompas, menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa pendaftaran dapat dilakukan baik secara online, maupun offline.

Masyarakat pun dapat memperoleh informasi mengenai vaksin Covid dari website dinas kesehatan setempat – atau dari laman vaksin.loket.com, serta melalui aplikasi Peduli Lindungi atau dengan walk in. Sementara, pendaftaran offline dapat dilakukan dengan datang langsung ke fasilitas kesehatan terdekat.

Berikut ini sejumlah cara untuk mendaftarkan diri dalam program vaksin Covid selama masa PPKM.

  • Kunjungi laman vaksinasi.loket.com, kemudian lokasi yang ingin kamu pilih untuk vaksinasi
  • Pilih tanggal dan waktu kedatangan.
  • Isi data dengan lengkap.
  • Pendaftaran selesai – dan nantinya e-voucher akan dikirim melalui e-mail dan WhatsApp.
  • Setelah mendaftar online, peserta dapat mengecek status pendaftaran melalui aplikasi Peduli Lindungi.

 

Ingat! Protokol Kesehatan Masih Harus Dijalani Setelah Vaksinasi

Credit Image - hindustantimes.com

Kamu sudah mendapatkan vaksin Covid? Ini bukan berarti kamu boleh lengah, lho. Usai vaksinasi, protokol kesehatan pun masih harus dijalani, sehingga tubuh bisa memperoleh perlindungan secara maksimal. Tapi, ini tak berarti kalau vaksin tidak bermanfaat ya, melainkan dengan vaksin risiko terinfeksi bisa semakin berkurang.

Dan, kalau pun nantinya terinfeksi virus corona, maka gejala yang dirasakan tidak berat, bahkan dapat mengurangi risiko rawat inap hingga kematian.

Untuk itu, masyarakat terus diimbau menerapkan protokol kesehatan setelah mendapat vaksin, yaitu memakai masker — kamu juga disarankan untuk mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas – hindari bepergian kecuali untuk urusan mendesak.

 

Maksimalkan Perlindungan Usai Vaksin, Tetap Konsumsi Suplemen Secara Rutin!

Usai mendapatkan vaksinasi, menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat bergisi seimbang – tapi, kamu juga masih perlu mengonsumsi suplemen. Dengan demikian, manfaat vaksin untuk perlindungan tubuh pun bisa dirasakan secara maksimal.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi setelah vaksin, yaitu suplemen jenis imunomodulator – merupakan jenis yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Kamu direkomendasikan untuk  Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, bisa juga minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Wah, itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftarkan diri dalam program vaksin Covid selama masa PPKM. Jadi, sudahkah kamu mendapatkan vaksinasi? Kalau sudah – yuk tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga terus daya tahan tubuhmu!


 

Featured Image - mediaindonesia.com