Hormon Bahagia Bantu Menjaga Kekebalan Tubuh, Lho. Kok Bisa?

Hormon Bahagia Bantu Menjaga Kekebalan Tubuh, Lho. Kok Bisa?

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, seiring masih berlangsungnya pandemi Covid-19 tak sedikit orang yang mudah merasa jenuh, cemas, hingga merasa stres berlebihan. Tenang, perasaan tersebut wajar dirasakan, mengingat adanya sejumlah pembatasan aktivitas selama masa pandemi.

Dalam keadaan pandemi, sepertinya sulit sekali untuk tetap bahagia – apakah kamu setuju? Padahal, bahagia dapat berdampak baik untuk kesehatan, terutama bagi daya tahan tubuh. Tapi tak perlu kahwatir – karena, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa bahagia.

Selain melakukan berbagai aktivitas positif, menjaga suasana hati juga bisa dilakukan dengan memicu hormon bahagia di dalam tubuh. Penasaran, apa saja sih hormon bahagia tersebut?

Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa Itu Hormon Bahagia?

Hormon Bahagia Bantu Menjaga Kekebalan Tubuh, Lho. Kok Bisa?

Credit Image - cnnindonesia.com

Dilansir dari website covid19.go.id – menjaga suasana hati tetap bahagia dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Masyarakat dapat melakukannya dengan memicu hormon bahagia yang ada di dalam tubuh, yaitu dopamin, serotonin, dan endorfin.

Sejumlah senyawa yang disebut “hormon bahagia” tersebut merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh sejumlah kelenjar yang berbeda-beda di dalam tubuh. Salah satu fungsinya adalah untuk membantu menangkal stres. Hormon bahagia ini tentu sangat penting untuk menangkal stres, terlebih di masa pandemi ini.

Saat diproduksi oleh tubuh, hormon akan mengalir melalui aliran darah dan berperan penting dalam banyak proses tubuh. Sejumlah hormon tertentu bahkan bisa memberikan perasaan positif termasuk kebahagiaan dan kesenangan.

 

Dopamin – Hormon Untuk Meningkatkan Rasa Senang

Dilansir dari Healthline, Dopamin dikenal juga sebagai hormon “rasa senang”. Hormon yang satu ini sering dikaitkan dapat memberikan rasa atau sensasi kesenangan, pembelajaran, memori, serta fungsi sistem motorik.

Dopamin merupakan neurotransmitter yang dibuat di otak. Jadi, pada dasarnya, ia bertindak sebagai pembawa pesan kimia antara neuron. Hormon yang satu ini juga disebut sebagai reward hormone, yaitu rasa bahagia yang akan didapatkan setelah melakukan sesuatu.

Ada pun hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dopamin di dalam tubuh, diantaranya olahraga, makan makanan enak dan sehat, tidur cukup, memasak, dan tertawa.

 

Endorfin yang Dapat Mengurangi Rasa Sakit

Hormon Bahagia Bantu Menjaga Kekebalan Tubuh, Lho. Kok Bisa?

Credit Image - jovee.id

Selanjutnya, ada pula endorfin yang dapat berperan untuk mengurangi rasa sakit di dalam tubuh – serta dapat meningkatkan kesenangkan. Secara alami, manusia akan berusaha untuk merasakan kesanangan, sekaligus menghindari rasa sakit. Jadi, setiap individu pun cenderung melakukan suatu aktivitas jika itu membuat kita merasa baik.

Endorfin juga merupakan pereda nyeri alami dalam tubuh yang diproduksi sebagai respons dari perasaan stres atau tidak nyaman. Hormon yang satu ini bisa diperoleh dengan melakukan hal-hal positif, seperti mendengarkan musik atau lagu kesayangan, menonton film lucu, makan coklat, dan berolahraga.

 

Serotonin Untuk Memperbaiki Suasana Hati

Dan, terakhir ada juga serotonin – hormon bahagia yang dapat membantu memperbaiki, atau meregulasi suasana hati, pola tidur, napsu makan, sistem pencernaan, kemampuan belajar, hingga membantu dalam hal berkaitan dengan memori.

Perlu diketahui, kekurangan serotonin dapat mengakibatkan gangguan mood,  seperti kecemasan atau depresi. Kegiatan yang bisa meningkatkan serotonin di dalam tubuh, diantaranya berjemur, olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari, meditasi, mendengarkan musik, dan massage.

 

Selain Bahagia, Jaga Imunitas Tubuh Dengan Sejumlah Hal Ini!

Hormon Bahagia Bantu Menjaga Kekebalan Tubuh, Lho. Kok Bisa?

Credit Image - cashbac.com

Tak hanya tetap merasa bahagia, untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi Covid-19 – ada sejumlah hal lain yang perlu dilakukan. Mudahnya, masyarakat disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, yang tentunya dapat membantu mempertahankan sistem imunitas.

Ada pun kebiasaan sehat yang bisa dilakukan, yaitu menjaga pola makan yang sehat, rajin minum air putih untuk menghindari dehidrasi, rajin berolahraga – cukup lakukan latihan yang ringan secara rutin, dan jangan lupa – untuk rajin memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin, tak hanya dapat diperoleh dari asupan makanan saja, namun nutrisi yang satu ini juga bisa didapatkan dari suplemen. Disarankan mengonsumsi mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki sejumlah kandungan vitamin, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Atau, kamu dapat konsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Itulah ulasan mengenai hormon bahagia yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yuk, selama pandemi – lakukan berbagai aktivitas yang positif agar suasana hati tetap terjaga. Dengan demikian, tubuh pun tetap sehat dan terhindar dari risiko berbagai macam penyakit.

 

 

Featured Image - theweek.com

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!