Tak diragukan lagi, tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Vitamin merupakan asupan penting yang berperan dalam proses pembentukan jaringan, serta sistem pertahanan tubuh. Salah satu vitamin penting yang bisa mendukung fungsi tubuh, yakni Vitamin C – alias Asam Askorbat.

Manfaat Vitamin C yang paling dikenal memang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Pastinya, kamu pun sudah sering mendengar manfaat yang satu ini, ya? Tetapi, hal tersebut bukanlah satu-satunya manfaat Vitamin C, lho.

Bahkan, masih banyak manfaat Vitamin C lainnya yang berperan penting untuk menjaga kesehatan peredaran darah, hingga dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya yang tidak menular.

Lebih lanjut mengenai manfaat Vitamin C, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Credit Image - protinex.com

Manfaat Vitamin C yang satu ini merupakan yang paling dikenal. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih – yang juga disebut sebagai limfosit dan fagosit.

Selain itu, Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan, sehingga vitamin yang satu ini juga dapat melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, lho. Tak berhenti sampai sini, manfaat Vitamin C pun bisa memperkuat pertahanan kulit – yang bertugas untuk menghalau bakteri, jamur, dan mikroba lain penyebab penyakit.

 

Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Apakah kamu sudah tahu manfaat Vitamin C yang satu ini? Ya, anemia defisiensi besi dapat dicegah dengan memenuhi asupan Vitamin C. Kondisi tersebut merupakan penyakit yang terjadi ketika sel darah merah tidak memiliki cukup zat besi. Padahal, sel darah merah memerlukan zat besi untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Kamu bisa mencegah anemia defisiensi besi dengan memenuhi kebutuhan Vitamin C harian ya. Nantinya, vitamin tersebut akan bekerja dengan meningkatkan penyerapan zat besi, khususnya dari sumber nabati yang zat besinya lebih sulit diserap oleh tubuh.

 

Juga Dapat Menurunkan Kolesterol

Credit Image - klikdokter.com

Selanjutnya, manfaat Vitamin C pun penting bagi seseorang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi. Dilansir dari Hello Sehat – beberapa penelitian terdahulu menenukan bahwa mengonsumsi Vitamin C sebanyak 500 mg per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

LDL atau low-density lipoprotein – serta trigliserida merupakan kolesterol ‘jahat’ yang bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C membantu mencegahnya dengan menjaga kadar keduanya tetap terkendali.

 

Menurunkan Risiko Terserang Penyakit Kronis

Seperti yang sudah disebutkan, Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan alami – yang merupakan zat untuk melindungi berbagai sel tubuh dari efek radikal bebas. Tanpa adanya antioksidan, sel tubuh lebih rentan mengalami kerusakan atau mutasi yang berbahaya.

Dari kerusakan yang dapat terjadi akibat radikal bebas – hal ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit jantung, pengerasan pembuluh darah, hingga kanker. Asupan vitamin C memang tidak secara langsung mencegah penyakitnya, tapi berpotensi menurunkan risikonya.

 

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Credit Image - jovee.id

Secara tidak langsung, manfaat Vitamin C juga dapat dirasakan dalam proses penyembuhan luka, lho. Dalam penyembuhan luka tentunya diperlukan banyak protein, termasuk kolagen. Jika produksi kolagen menurun, luka tentu lebih lama sembuh dari seharusnya.

Nah, Vitamin C dapat membantu merangsang produksi, pematangan, hingga pelepasan kolagen pada jaringan yang mengalami luka. Hal tersebut dapat membantu mempercepat pembentukan jaringan baru yang akan menutup luka. Dengan begitu, luka akan lebih cepat sembuh.

 

Sumber Vitamin C yang Dapat Dikonsumsi

Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian, kamu bisa mengonsumsi sejumlah makanan sehat – seperti sayur dan buah yang kaya akan vitamin tersebut. Dari buah, kamu bisa konsumsi jeruk, buah lemon, pepaya, kiwi, buah berries, nanas, maupun leci.

Sedangkan, untuk sayur kamu bisa temukan kandungan Vitamin C pada beberapa jenis sayur, termasuk kangkung, brokoli, kale, paprika merah dan hijau, kembang kol, kubis, serta cabai merah.

Yang perlu diketahui – kamu mesti memperhatikan proses pengolahan sayuran yang mengandung Vitamin C. Jika tidak, kandungan vitaminnya justru dapat hilang. Pastikan, kamu mengolah sayur dengan suhu rendah dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi risiko vitamin C yang terbuang.

Jadi, apa yang mesti dilakukan? Kamu direkomendasikan untuk mengoptimalkan asupan Vitamin C dengan rutin mengonsumsi suplemen dengan kandungan lengkap, lho.

 

Yuk, Konsumsi Suplemen Vitamin C Untuk Perkuat Imun Tubuh!

Credit Image - eatthis.com

Untuk membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C setiap harinya – dan tentunya lebih mudah dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap setiap harinya.

Direkomendasikan untuk minum  Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat meningkatkan produktivitasmu.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai 5 manfaat Vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, terus penuhi kebutuhan asupan yang satu ini – agar daya tahan tubuh terjaga, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya!

 

 

Featured Image - today.com