Bagi sebagian orangtua mungkin sudah pernah mencoba teori cara mendidik anak, namun anak masih tidak menggubrisnya. Masalah seperti ini sepertinya memang menjadi masalah utama orangtua jaman sekarang. Jika kamu sering memanjakan si kecil, sebaiknya jangan dilakukan terus menerus, karena hal ini justru akan membuat anak semakin manja dan merasa semua keinginannya harus terpenuhi.

Lalu, bagaimana cara agar anak mau mendengar perintah dari orangtua? Berikut tips yang kamu bisa ikuti.

1. Dengarkan si kecil terlebih dahulu

Credit: Medcom.id

Meski orangtua memberi perintah, bukan berarti kamu tidak perlu mendengar keluhan anak. Mereka mungkin capek belajar, sedang tidak dalam suasana hati yang baik, atau misalnya ada masalah lain yang mereka alami.

Mau mendengarkan adalah kunci dari cara mendidik anak yang baik. Jika kamu menjukkan sikap mau mendengar terhadap keluhan anak, atau peka bahwa mereka sedang kesal karena ada masalah, maka nantinya mereka pun akan mau mendengarkan perintahmu.

2. Panggil nama mereka

Credit: Kompasiana

Berteriak tidak pernah menjadi cara mendidik anak yang disarankan karena hanya akan membangkitkan emosi. Sebagai orangtua, kamu sendiri pun juga pasti tidak ingin diteriaki oleh atasan hanya karena diminta untuk melakukan hal sepele. Anak pun juga merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memanggil nama si kecil ketika mereka sedang bermain. Ketika menoleh dan memperhatikanmu, katakana dengan baik hal yang kamu inginkan dari si kecil.

3. Tatapan mata yang hangat

Credit: Kumparan

Tatapan mata memiliki kekuatan untuk menunjukkan perasaan. Saat orangtua menatap mata anak, ia pun akan melihat bahwa orangtua mereka memberi perhatian, bukan rasa marah atau emosi negative lainnya.

Dengan menatap mata anak, kamu pun akan paham apakah ia  benar- benar mendengar atau cuek terhadap perintah yang kamu berikan. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan kepedulian dengan cara mendengar dan ikut empati dengan hal yang sedang mereka rasakan.

4. Introspeksi diri

Credit: Grid.id

Sebagai orangtua, terkadang kamu lupa pernah membuat janji namun sering tidak dipenuhi. Dari semua teori cara mendidik anak, introspeksi diri sering terabaikan.

Bagaimana mungkin anak akan mendengar perintah orangtua, jika kamu sendiri sering tidak konsistem dengan ucapan. Akibatnya, kata- kata apapun tidak akan mempan lagi. Orangtua sering memarahi anak karena melakukan suatu hal yang sebenarnya sering dilakukan oleh orangtua.

Nah, inilah yang sebaiknya benar- benar harus diperhatikan orangtua dalam menerapkan beragam cara mendidik anak. Yuk, coba aplikasikan 4 tips di atas dalam keseharian mendidik anak.

 

Featured Image - Tribunnews