Moms, Yuk Lakukan 5 Hal Ini Untuk Tingkatkan Kecerdasan Spiritual Anak

Moms, Yuk Lakukan 5 Hal Ini Untuk Tingkatkan Kecerdasan Spiritual Anak

font size A Ǎ

Untuk memasuki dunia kerja, seringkali diminta untuk melakukan tes IQ atau Intelligence Quotient. Hal ini dianggap penting karena menunjukkan anak yang cerdas dan juga idaman orang tua. Tapi, moms – ternyata ada hal yang tidak kalah penting dari IQ yang perlu ditingkatkan, loh.

Hal tersebut merupakan EQ atau yang biasa disebut Emotional Quotient – yang juga biasa dikenal dengan kecerdasan emosi serta SQ atau yang dikenal dengan Spiritual Quotient. Ketiga hal ini harus berdampingan agar si kecil dapat tumbuh dengan baik.

Untuk itu, moms perlu menyeimbangkan kecerdasan spiritual si kecil agar tumbuh kembangnya maksimal. Pastikan moms menyimak artikel ini sampai habis – karena selain mengetahui kecerdasan spiritual, kamu juga akan mengetahui bagaimana cara menumbuhkannya pada anak.

 

 

Mengenal Kecerdasan Spiritual

Moms, Yuk Lakukan 5 Hal Ini Untuk Tingkatkan Kecerdasan Spiritual Anak

Credit Image - pendidikankedokteran.net

Kecerdasan spiritual atau yang biasa dikenal dengan istilah SQ (Spiritual Quotient) ini menjadi kecerdasan yang berdampingan dengan IQ dan juga EQ. SQ merupakan kecerdasan jiwa yang ada dalam diri seseorang – dan tentunya harus dipupuk sedari ini.

Kecerdasan spiritual nantinya akan membuat seseorang mampu mengembangkan dirinya. Hal ini perlu dikembangkan agar anak dapat memiliki kepekaan batin terhadap diri sendiri dan juga orang lain. 

Kecerdasan ini akan membuat si kecil lebih mampu mengenali kekurangan dan kelebihan dirinya dan akan membantunya mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Kecerdasan spiritual juga menumbuhkan nilai dalam dirinya ketika tumbuh dan berkembang.

 

Menstimulasi Kecerdasan Spiritual: Kenapa Penting?

Moms, Yuk Lakukan 5 Hal Ini Untuk Tingkatkan Kecerdasan Spiritual Anak

Credit Image - popmama.com

Menstimulasi kecerdasan spiritual memang belum banyak disoroti. Namun ternyata hal ini memang harus diperhatikan. Karena ada banyak hal penting yang bisa kamu dapatkan dengan menstimulasi kecerdasan ini loh, moms.

Sang anak akan lebih mudah menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitar serta akan memiliki kepekaan yang tinggi terhadap sesama. Tentunya hal ini diperlukan untuk hidup bermasyarakat. Sang anak juga akan mampu menghadapi kegagalan dan juga kesulitan yang dialami dalam dirinya sehingga tidak mudah putus asa.

Kecerdasan spritiual secara tidak langsung akan mengajarkan si kecil untuk melihat realita bahwa hidup tidak selalu berjalan dengan baik. Namun di saat yang bersamaan, ia mampu untuk berusaha mencapai tujuan hidupnya seperti yang diinginkannya. Hal ini juga dilakukan agar si kecil mampu membentuk coping mechanism dalam diri agar tidak mudah stres ketika besar nanti.

Dengan membangun stimulasi kecerdasan spritiual, maka fungsi IQ serta EQ dapat berjalan dengan baik dan juga efektif – sehingga dalam dirinya sudah terbentuk konsep Tuhan yang dijadikannya untuk bersandar.

 

5 Cara Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual

Moms, Yuk Lakukan 5 Hal Ini Untuk Tingkatkan Kecerdasan Spiritual Anak

Credit Image - bgca.org

Untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual, tentunya moms perlu melakukan hal-hal yang dapat menstimulasinya. Hal tersebut bisa dicoba dengan 5 langkah di bawah ini:

1. Pancing Kreativitas Sang Anak Dengan Bertanya

Sering-seringlah bertanya pada si kecil, terutama pertanyaan yang terkait dengan spiritual, seperti pertanyaan terkait Tuhan, alam semesta tercipta, dan keberadaan manusia di dunia, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan Tuhan.

 

2. Buat sang Anak Percaya dengan Orang Tuanya

Yang kedua, moms bisa membebaskannya untuk mengungkapkan perasaan, khayalan, serta menceritakan sudut pandang mereka. Tanpa harus menghakimi mereka. Hal ini penting dilakukan agar ia percaya dengan orang tuanya.

 

3. Melibatkan Anak dalam Aktivitas Keagamaan

Untuk menerapkan konsep Tuhan pada anak, kamu juga perlu membuktikan keberadaan Tuhan itu sendiri. Hal itu bisa dilakukan dengan melibatkannya dalam aktivitas keagamaan sehingga ia dapat merasakan sendiri kehadiran Tuhan pada dirinya. Pastikan moms jugaselalu menjelaskan makna dari apa yang ia pelajari terkait agama ini ya!

 

4. Bimbing sang Anak untuk Meningkatkan Kecerdasannya

Untuk meningkatkan hal ini, tentu moms perlu menyediakan waktu khusus untuknya dalam membimbing mereka dalam meningkatkan kecerdasan serta pengetahuan tentang keagamaan.

 

5. Berikan Contoh Konsep Spiritual

Hal yang terakhir adalah – pastikan moms memberikan contoh kepada si kecil mengenai konsep spritiual sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi contoh bagaimana moms menghadapi masalah sehari-hari dengan kecerdasan spriitual yang moms miliki.

Untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, si kecil juga harus tetap sehat dengan memberikan asupan suplemen dengan kandungan lengkap untuk mengoptimalkan daya kerja otaknya. Moms bisa memberinya  Enervon-C Plus Sirup – yang  mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D. Multivitamin anak andalan ini bisa bantu penuhi nutrisi selama masa pertumbuhan anak, sekaligus jaga imunitasnya.

 

Dengan mengembangkan kecerdasan spiritual, si kecil akan mampu menutupi kekurangan dalam dirinya dan mengasah kelebihannya agar dapat menatap masa depan yang cerah. Untuk itu, pastikan moms melakukan langkah di atas dengan tepat ya!

 

 

Featured Image - metroparent.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!