Yuk, Kenali Fungsi Vitamin B2 yang Bikin Metabolisme Makin Optimal!

Yuk, Kenali Fungsi Vitamin B2 yang Bikin Metabolisme Makin Optimal!

Vitamin B kompleks merupakan salah satu jenis vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh, salah satu fungsi vitamin B kompleks yang paling dikenal, yaitu dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga pembentukan energi dapat berjalan dengan maksimal.

Vitamin tersebut pun terdiri dari 8 jenis, termasuk vitamin B2 – atau disebut juga sebagai riboflavin yang memiliki peran penting agar fungsi sel dapat berjalan secara normal. Riboflavin pun bekerja dengan mengubah karbohidrat menjadi adenosin trifosfat yang merupakan sumber energi untuk otot tubuh.

Fungsi vitamin B2 pun tidak kalah banyak dan beragam lho, bahkan mencakup banyak sistem dalam tubuh, seperti pencernaan, peredaran darah, hingga fungsi otak. Tak sampai sini saja, namun masih ada banyak fungsi vitamin B2 lain yang wajib kamu ketahui, nih.

Sudah penasaran, kira-kira apa saja sih fungsi vitamin yang satu ini? Yuk, kita lanjut bahasannya di bawah ini, ya!

 

 

Membantu Pembentukan Energi

Yuk, Kenali Fungsi Vitamin B2 yang Bikin Metabolisme Makin Optimal!

Credit Image - alodokter.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi vitamin B2 berperan dalam membantu pembentukan energi tubuh. Nantinya, vitamin B2 bertugas untuk mengubah karbohidrat menjadi adenosin trifosfat yang menyediakan energi untuk tubuh ketika dibutuhkan.

Nah, kalau kamu kekurangan vitamin B, maka tubuh tidak mampu membentuk adenosin trifosat dalam jumlah yang cukup, sekalipun bahan bakunya tersedia, lho. Lalu, apa yang terjadi? Tubuh bakal kekurangan bahan bakar – alias energi yang membuatmu menjadi kurang tenaga dan gampang lemas. Jadi, jangan sepelekan fungsi vitamin B2 yang satu ini!

 

Dapat Mencegah Anemia, Lho

Apakah kamu sudah mengetahui fungsi vitamin B2 yang ini? Ya, kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan kekurangan zat gizi lainnya, sebab riboflavin berperan penting dalam proses penyerapan gizi. Salah satu masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat kekurangan vitamin B2, yaitu anemia defisiensi besi.

Anemia defisiensi besi terjadi bila jumlah zat besi dalam sel darah merah sangat sedikit. Tubuh pun tidak bisa membentuk hemoglobin, yaitu protein pengikat oksigen pada sel darah merah. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen.

 

Menghindari Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

Yuk, Kenali Fungsi Vitamin B2 yang Bikin Metabolisme Makin Optimal!

Credit Image - deherba.com

Fungsi vitamin B2 berikutnya yang juga tak kalah penting, yaitu mencegah penyumbatan pembuluh darah dengan menurunkan kadar homosisten – yang merupakan asam amino umum dan dapat ditemukan pada darah. Dalam jumlah yang besar, zat tersebut dapat memicu pengerasan arteri dan penggumpalan darah, lho.

Nah, untuk mencegah terjadinya penyumbatan tersebut kamu direkomendasikan untuk rutin mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B2. Menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi riboflavin selama 12 minggu, termasuk dalam bentuk suplemen disebut bisa menurunkan kadar homosisten darah, hingga sebanyak 40 persen.

 

Berperan Untuk Memecah Makanan Menjadi Zat Gizi

Perlu kamu ketahui nih, bahwa makanan yang disantap setiap harinya tidak dapat langsung digunakan begitu saja, ya. Dalam hal ini, tubuh harus mencernanya menjadi bentuk yang paling kecil, sehingga dapat diserap oleh usus, kemudian diedarkan ke seluruh jaringan melalui aliran darah.

Ada pun fungsi vitamin B2 lainnya, yaitu dapat membantu penguraian makanan menjadi zat gizi yang siap digunakan. Vitamin ini mempermudah pemecahan karbohidrat menjadi glukosa, protein menjadi asam amino, serta lemak menjadi asam lemak.

 

Dapat Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Yuk, Kenali Fungsi Vitamin B2 yang Bikin Metabolisme Makin Optimal!

Credit Image - cn.medicineton.com

Fungsi vitamin B2 lainnya yang juga tidak kalah penting, yakni dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin ini bekerja dengan meningkatkan kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein utama pembentuk struktur kulit, rambut, dan banyak jaringan lain pada tubuhmu, ya.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pun dapat menurun lho, sehingga seringkali muncul tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Dengan rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin B2, mungkin dapat menghambat hal tersebut. Jadi, rambut tetap kuat, serta kulit tampak lebih awet muda.

 

Berbagai Manfaat Lain Dari Vitamin B2

Kalau kamu sudah mengetahui berbagai fungsi utama dari vitamin B2, kini kamu juga harus mengetahui berbagai manfaat lain dari vitamin tersebut, nih. Rutin mendapat asupan riboflavin dapat membantu menjaga kesehatan hati dan fungsinya, memelihara lapisan mukosa pada sistem pencernaan, dan juga menjaga kesehatan mata, sel saraf, kulit, serta otot.

Selain itu, fungsi vitamin B2 juga mampu membantu proses penyerapan vitamin B kompleks lainnya – seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, dan vitamin B9. Dari sejumlah manfaat tersebut, dapat disimpulkan bahwa vitamin B2 termasuk zat gizi esensial yang memiliki peran penting terhadap tubuh, ya.

 

Lalu, Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin B2?

Nah, fungsi vitamin B2 memang sangat penting untuk mendukung fungsi tubuh, kan? Untuk itu, pastikan kamu sudah mendapat asupannya setiap hari. Apalagi, vitamin tersebut merupakan jenis vitamin yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, lho.

Vitamin B2 dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan – yang pastinya mudah kamu temukan, seperti susu, roti, daging, telur, kacang-kacangan, dan juga sayuran hijau. Nah, untuk mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan vitamin B2, kamu juga direkomendasikan mengonsumsi multivitamin yang mengandung riboflavin, ya.

Untuk asupan multivitamin, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu, nih.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya, lho.

 

Wah, itulah sejumlah fungsi vitamin B2 yang berperan penting untuk fungsi tubuh. Yuk, penuhi kebutuhan vitamin yang satu ini agar kesehatan senantiasa terjaga!

 

 

Featured Image - nutritionadvance.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!