Pandemi yang saat ini melanda membuat si kecil kehilangan aktivitas yang seharusnya di dapatkan di luar rumah. Hal ini menjadi kekhawatiran bagi sebagian besar orang tua karena takut sang anak kehilangan momen berharganya.

Meskipun pandemi, ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan agar si kecil tetap bertumbuh dan berkembang dengan baik loh, moms. Dengan cara sederhana, kamu bisa memanfaatkan agar si kecil tidak melewatkan momen pertumbuhannya. Hal sederhana tersebut bisa dimulai dengan mengajaknya membantu ibu.

Jika si kecil merupakan anak yang masih pra-sekolah, kamu bisa mengajaknya untuk mengerjakan pekerjaan rumah – tentunya tidak mengerjakan hal yang berat ya, moms. Manfaat apa saja yang akan didapatkan si kecil ketika membantu ibu? Simak ulasan selengkapnya di bawah!

 

 

Melatih Kemandirian Anak

Credit Image - gitacinta.com

Mengajak si kecil untuk melakukan tugas sederhana yang ada di rumah dan sesuai dengan perkembangan usianya akan sangat bermanfaat, terutama untuk melatih kemandiriannya.

Dengan membantu ibu, anak akan terbiasa melakukan berbagai macam hal sendiri, seperti mengambil makanan sendiri, membereskan mainannya, dan hal sederhana lain yang bisa dilakukannya untuk diri sendiri.

 

Melatih Motorik Anak

Ketika membantu ibu melipat baju – secara tidak langsung moms juga telah mengasah motorik kasar dan halus yang dimilikinya. Salah satu kegiatannya adalah dengan melipat baju. Pada kegiatan ini, si kecil dapat membedakan berbagai macam jenis kain yang ditemukannya.

Motorik halus yaitu kekuatan jari-jemari tangannya  Untuk usia prasekolah melatih motorik halus adalah hal yang penting dan tentunya akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Pastikan ajak si kecil melakukan banyak aktivitas untuk membantu ibu, ya!

 

Menambah Kosakata Anak

Credit Image - haibunda.com

Anak dengan usia prasekolah berada dalam fase ingin tahu dan akan mengajukan banyak pertanyaan. Momen ini bisa menjadi kesempatan moms untuk menambah kosakatanya dengan menyebut benda-benda yang ditanyakan anak ketika sedang membantu ibu.

Selain itu, moms juga bisa meminta anak untuk mengambil benda yang telah disebutkan. Dengan cara in,i si kecil akan belajar nama benda dan meningkatkan daya ingat akan nama benda yang diketahuinya.

 

Melatih Konsentrasi Anak

Meskipun terkesan sederhana, mengajak anak untuk membantu ibu dapat bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak. Hal ini karena anak harus bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaan yang dilakukannya.

Seperti melipat bajunya hingga rapi ataupun ketika merapikan mainannya. Konsentrasi penuh yang dimilikinya ketika membantu ibu juga bisa melatih konsentrasinya agar tidak menjadi pribadi yang mudah terpecah fokusnya.

 

Melatih Anak untuk Menjaga Kebersihan

Credit Image - tribunnews.com

Ketika anak sudah terbiasa dengan membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah, umumnya pribadi sang anak akan lebih apik dalam menjaga kebersihan dan kerapihan. Hal itu terjadi karena anak sudah terlatih mengerjakan sesuatu dengan standar yang dimiliki oleh orang tuanya.

Contohnya adalah saat membantu ibu membereskan rumah dan menaruh barang di tempat yang telah ditata rapi, maka hal itu akan memberinya pemahaman – bahwa sesuatu yang enak dilihat adalah yang bersih dan juga rapi.

 

Momen Bonding dengan Anak

Selain pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih mudah dan menyenangkan, membantu ibu bisa sekaligus bermanfaat untuk moms menjalin kedekatan dengan anak, loh! Dengan ini juga, anak telah ditanamkan rasa tanggung jawab.

Momen yang membuat bonding ini karena pekerjaan yang dilakukan oleh anak untuk membantu ibu terasa menyenangkan. Ketika membantu ibu, anak pra-sekolah bisa diajak untuk ngobrol sehingga akan membuatnya lebih terbuka dan dekat denganmu.

 

Menciptakan Suasana Gembira di Rumah

Credit Image - tribunnews.com

Membantu ibu dalam pekerjaan rumah bisa membuat anak merasa fun atas apa yang dijalaninya. Seperti yang telah disebutkan di atas – anak merasa memiliki kedekatan yang lebih terhadap ibu atau bahkan orang tuanya dan membuatnya menjadi terbuka.

Suasana gembira ini dapat muncul ketika anak mulai merasa nyaman dengan aktivitas membantu ibu yang seringkali dilakukan bersama dan suasana gembira ini pasti akan tercipta dengan sendirinya.

Mengajak anak untuk membantu ibu di rumah memang memiliki banyak manfaat, namun jangan sampai energi terkuras dan membuatnya jatuh sakit. Untuk itu, penting untuk moms tetap menjaga asupan gizi seimbangnya dengan memberinya multivitamin.

Moms bisa memberikan multivitamin seperti Enervon-C Plus Sirup yang memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, serta Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, membantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit, serta membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhannya – terlebih ketika membantu ibu.

Melihat manfaat yang didapatkan si kecil ketika membantu ibu berguna untuk tumbuh kembangnya ini, jangan lupa menerapkannya dengan tepat dan tidak berlebihan ya, moms!

 

 

Featured Image - klikdokter.com