Sudah hampir dua tahun lamanya kita hidup berdampingan dengan pandemi. Dari awal kemunculannya, virus Covid-19 ini sudah meresahkan, terlebih untuk kamu ya, moms. Varian delta yang kini hadir tentunya membuat moms semakin cemas.

Covid-19 varian delta sendiri di Indonesia memiliki kasus tertinggi di dunia dan menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan. Moms diimbau untuk terus waspada terhadap kondisi si kecil agar tetap terhindar dari gejala Covid-19 varian yang satu ini.

Covid-19 memang sangat mengkhawatirkan dan juga berdampak buruk pada tubuh anak. Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menunjukkan bahwa proporsi kasus konfirmasi Covid-19 pada anak usia 0-18 tahun mencapai 12,5%.

Untuk itu, moms – penting untukmu mengenali gejala Covid-19 varian delta pada anak agar dapat  menghindarinya dan melakukan penanganan yang tepat. Pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis untuk tau gejala serta penanganannya, ya!

 

 

Mengenal Varian Delta pada Covid-19

Credit Image - potensibisnis.pikiran-rakyat.com

Kehadiran varian baru dari Covid-19 ini membuat semua orang menjadi lebih waspada. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, bahwa varian delta merupakan jenis virus corona yang lebih menular dan terkuat yang pernah ada. Varian ini 40% lebih menular dibandingkan dengan varian Alpha. Perumpamaannya – satu orang terinfeksi dapat menularkan virus yang sama ke 7-8 orang lainnya.

Hal itulah yang menyebabkan varian delta ini sangat mungkin menginfeksi banyak orang – terlebih di area yang memiliki tingkat vaksinasi yang rendah. Selain penularan yang lebih luas, virus ini juga lebih mematikan dibandingkan varian corona yang lainnya. Tidak heran, jika sejak kehadiran varian delta ini WHO menghimbau untuk kita semua semakin waspada. Dan tentunya membuat moms lebih waspada dalam menjaga si kecil.

 

Kasus Covid-19 varian Delta pada Anak

Credit Image - timesofindia.indiatimes.com

Sebelum mengetahui gejalanya, ada baiknya moms mengetahui terlebih dahulu kondisi penularan Covid-19 varian delta yang terjadi di Indonesia. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa IDAI menyatakan terdapat 12,5% kasus Covid-19 varian delta pada anak.

Dari pemaparan data tersebut terbukti, bahwa terdapat 1 dari 8 kasus konfirmasi Covid-19 adalah anak-anak. Pemaparan inipun dikatakan langsung oleh Prof. DR. Dr. Aman Bhakti Pulungan, SPA(K), FAAP – selaku ketua IDAI.

Di Indonesia sendiri, tingkat case fatality rate di usia ini sudah mencapai 3-5%, tentunya ini bukan angka yang kecil ya, moms. Kondisi yang mengkhawatirkan ini meningkat pesat karena hadirnya varian delta dan kondisi transimisi serta penularan lebih parah dibandingkan ketika awal pandemi hadir.

 

Gejala Varian Delta pada Anak

Credit Image - orami.co.id

Meskipun seringkali memiliki gejala yang sama, namun sebenarnya infeksi Covid-19 varian Delta ini memiliki gejala yang bervariasi di setiap orangnya, termasuk pada si kecil. Gejala varian delta pada anak memang bisa bermacam-macam – dan tidak khas, namun yang seringkali dirasakan adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan saluran pencernaan dan pernapasan

5 gejala Covid-19 dengan varian delta yang umumnya terjadi pada anak yaitu:

  1. Demam
  2. Mencret 
  3. Batuk
  4. Pilek
  5. Ruam di kulit

Selain itu, anak cenderung akan mengalami kesulitan bernapas dan mudah lelah akibat gangguan pernapasan yang disebabkan oleh batuk dan pilek yang dirasakannya. Gangguan pencernaan seperti mencret juga dapat membuatnya kehilangan nafsu makan.

Jika anak mengalami beberapa gejala Covid-19 atas, moms diimbau untuk tidak asal memberikan pengobatan yang ada di rumah saja, namum segeralah untuk menghubungi dokter atau fasilitas layanan kesehatan yang ada di sekitar rumah.

Untuk menjaga si kecil agar tidak terpapar oleh varian Covid-19 dengan varian delta ini, moms harus memastikan si kecil memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajaknya mengonsumsi makanan yang memiliki vitamin tinggi seperti buah-buahan, daging, ikan, serta makanan lainnya yang dapat menyeimbangkan gizi dalam tubuhnya.

Agar membantu moms untuk memberi asupan tersebut, moms juga bisa memberikan Enervon-C Plus Sirup secara rutin untuk membantunya memenuhi kebutuhan nutrisinya. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Vitamin yang terkandung dalam multivitamin ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit dan juga dapat menjaganya dari pandemi ini. Sebab, kandungan yang terdapat pada multivitamin ini juga dapat meningkatkan napsu makannya dan menjaganya agar tetap aktif, loh!

Untuk memperoleh produk Enervon-C Plus Sirup kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Selain menjaga nutrisinya, untuk menjaga si kecil agar tidak terjadi indikasi gejala dari paparan varian delta ini, maka upayakan juga agar si kecil tidak keluar rumah ya, moms – kecuali untuk keperluan mendesak. Yuk, pastikan vitamin si kecil sudah terpenuhi dan kesehatannya tetap terjaga!
 

 

Featured Image - lifepack.id

Source - kompas.com