Moms, kamu pasti setuju kalau membacakan dongeng, termasuk sebelum pergi tidur merupakan salah satu cara untuk mengenalkan kebiasaan membaca kepada anak. Jangan salah, meningkatkan kreativitas, hingga mempererat hubungan orangtua dengan sang buah hati.

Ketika membacakan dongeng sebelum tidur, mungkin anak belum mengerti hal yang sedang kamu bicarakan. Tapi jangan khawatir ya, pasalnya sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa tidak ada istilah terlalu dini untuk membiacakan membacakan dongeng sebelum tidur pada anak.

Lantas, apakah moms tertarik ingin membacakan dongeng sebelum tidur secara rutin? Wah, ini merupakan pilihan yang tepat! Dari sekian banyaknya dongeng yang dapat dipilih, setidaknya ada ada 6 rekomendasi cerita yang punya pesan moral yang bagus.

Penasaran, apa saja rekomendasi dongeng tersebut? Yuk, simak ulasannya sampai habis, moms!

 

 

1. Kisah Kancil dan Buaya

Credit Image - poskata.com

Rekomendasi dongeng sebelum tidur yang satu ini mungkin sudah diketahui oleh banyak orangtua, ya. Kisah kancil dan buaya menceritakan seekor kancil cerdik yang bertemu dengan sekelompok buaya yang tengah kelaparan. Masalahnya, kancil mesti menyebrangi sungai – tanpa harus dijadikan santapan bagi para buaya, nih.

Sebagai solusi, kancil pun berkata bahwa ia bersedia menyerahkan diri, namun ragu apakah dagingnya cukup untuk semua buaya tersebut. Kemudian, kancil meminta buaya berbaris untuk menghitung jumlah mereka. Para buaya pun menuruti perkataan tersebut – dan berbaris rapi sampai membentuk formasi yang mirip dengan jembatan.

Sembari berhitung, kancil melompati buaya satu per satu, sampai akhirnya ia sampai di ujung sungai. Setelah itu, kancil langsung melarikan diri – dan berhasil menipu para buaya tersebut.

Dalam dongeng sebelum tidur ini, pesan moral yang bisa disampaikan pada anak, yaitu harus berusaha mencari akal dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, dongeng kancil dan buaya juga mengajarkan bahwa kecerdikan mampu mengalahkan kekuatan, lho.

 

2. Kura-Kura dan Kelinci yang Sombong

Nah, kalau dongeng sebelum tidur yang ini menceritakan seekor kelinci yang sombong – karena merasa ia bisa berlari paling cepat di antara binatang lainnya. Kemudian, ia pun menantang semua hewan untuk berlomba lari dengannya, namun tidak ada yang mau mengikuti, terkecuali kura-kura. Singkat cerita, lomba lari antara kelinci sombong dan kura-kura pun diadakan.

Kelinci langsung berlari cepat meninggalkan kura-kura, namun di tengah jalan ia merasa lelah – dan akhirnya tertidur. Kura-kura yang tidak patah semangat pun terus ingin menyelesaikan pertandingan tersebut. Akhirnya, kura-kura berhasil lebih dulu sampai di garis finish dan memenangkan lomba lari.

Pesan moral yang bisa dipetik dari dongeng sebelum tidur ini, yakni jangan menjadi seseorang yang sombong, bahkan sampai meremehkan kemampuan orang lain. Di sisi lain, diajari pula bahwa tidak boleh mudah menyerah dan terus berusaha sampai mencapai tujuan yang diinginkan.

 

3. Dongeng Terbentuknya Danau Toba

Credit Image - sakolaku.com

Selain kedua dongeng di atas, moms juga bisa menceritakan dongeng sebelum tidur dengan tema cerita rakyat asli Indonesia, ya. Dongeng yang satu ini mengisahkan seorang pemuda yang bernama Toba Sumatera Utara. Ketika tengah memancing, ia berhasil mendapatkan seekor ikan bersisik emas. Kemudian, Toba pun segera membawanya pulang untuk disantap.

Namun, karena kayu bakar di rumahnya habis, maka ia pun harus mencarinya terlebih dahulu. Betapa terkejutnya ia ketika sampai di rumah ada seorang gadis cantik yang telah menunggunya, sementara ikan emas yang tadi dipancingnya menghilang.

Gadis tersebut adalah jelmaan dari ikan emas yang bersedia menjadi istri Toba dengan syarat ia tidak membocorkan jati dirinya. Akhirnya, mereka berdua menikah dan memiliki seorang anak yang diberi nama Samosir.

Sayangnya, sang anak tumbuh menjadi anak nakal yang tidak menuruti perintah orangtuanya, hingga suatu hari Toba marah – kemudian, menghardiknya dengan sebutan anak ikan. Samosir yang terkejut mengadu pada sang ibu.

Samosir lalu diminta oleh ibunya untuk naik ke bukit, karena setelah itu ada air bah deras yang melanda tempat tersebut. Sang ibu masuk ke danau dan kembali menjadi ikan, sementara Toba tenggelam di danau. Danau tersebut kini dikenal sebagai Danau Toba, sedangkan sang anak berubah wujud menjadi pulau yang ada di tengah danau yang kini disebut Pulau Samosir.

Pesan moralnya, anak diajarkan untuk harus selalu menepati janji yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Dan, jadilah anak yang patuh kepada kedua orangtua.

 

4. Legenda Candi Prambanan

Dongeng sebelum tidur ini mengisahkan tentang sebuah kerajaan Prambanan yang dipimpin Prabu Baka. Suatu hari, kerajaan ini berperang dengan kerajaan Pengging yang dipimpin Bandung Bondowoso. Kerajaan Pengging memenangkan peperangan dan Bandung Bondowoso menggantikan tahta Prabu Baka di kerajaan Prambanan.

Ia terpikat oleh kecantikan Roro Jonggrang, puteri dari Kerajaan Prambanan, dan ingin meminangnya. Roro Jonggrang memberikan syarat jika Bandung Bondowoso ingin menikahinya, yaitu membangun seribu candi dalam waktu semalam.

Dengan bantuan para jin, Bandung Bondowoso hampir berhasil menyelesaikan syarat tersebut. Namun karena Roro Jonggrang tidak ingin menikah dengannya, ia pun mencari akal untuk menggagalkan pembangunan candi, yaitu dengan membangunkan para gadis untuk memukul lesung sebagai tanda pagi hampir tiba.

Ayam jantan pun turut berkokok dan membuat para jin segera meninggalkan pekerjaannya karena khawatir matahari segera terbit. Bandung Bondowoso yang menyadari usahanya gagal dan marah. Ia pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah arca.

Dari dongeng sebelum tidur ini, ada pesan moral yang dapat dipetik, yaitu jadilah orang yang tegas, bertanggung jawab, dan selalu menepati janji yang telah dibuat.

 

5. Kisah Pengembala Biri-Biri

Credit Image - kompasiana.com

Yang terakhir, moms bisa membacakan dongeng sebelum tidur tentang kisah pengembala biri-biri, ya. Cerita ini mengisahkan seorang pemuda yang bekerja sebagai pengembala biri-biri, namun ia merasa bosan, karena harus melakukan kegiatan yang sama setiap harinya.

Tiba-tiba, ia memiliki sebuah ide untuk mengerjai orang-orang di desanya untuk mengusir kebosanannya. Sambil berpura-pura panik, ia berlari menuju desa dan berteriak, “Ada serigala!”. Kemudian, warga yang mendengar pun segera berlari ke padang rumput untuk mengusir serigala tersebut. Namun sayangnya, warga hanya menemukan si pengembala biri-biri tertawa senang karena berhasil menipu mereka.

Sang pengembala pun mengulangi keisengan tersebut di lain hari dan membuat para warga merasa marah. Hingga akhirnya pada suatu sore, muncull seekor serigala sungguhan dari dalam hutan. Si pengembala berteriak ketakutan untuk meminta bantuan warga, tapi kali ini mereka tidak percaya padanya.

Akhirnya, serigala pun menyantap kawanan biri-biri tersebut dengan leluasa, sementara si pengembala bingung tidak bisa berbuat apa-apa.

Dari dongeng sebelum tidur tersebut, anak bisa memetik pesan moral berupa jangan suka berbohong, karena sifat ini merupakan hal tercela – dan membuat orang lain tidak pernah percaya lagi padanya.

 

Wah, moms membacakan dongeng sebelum tidur memang dapat membantu memaksimalkan proses tumbuh kembang anak, ya. Selain itu, ada banyak pesan moral yang dapat diterapkan Si Kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memaksimalkannya, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi anak, termasuk asupan vitamin yang baik untuk pertumbuhannya – dan bisa menjaga daya tahan tubuh anak.

Vitamin bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan sehat, lho. Tapi, sebagai pelengkap moms juga dapat berikan multivitamin untuk Si Kecil. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, dari kelima rekomendasi dongeng sebelum tidur di atas, moms ingin membacakan yang mana dahulu, nih?

 

 

Featured Image - id.theasianparent.com