Di masa pandemi ini, pola konsumsi sehari-hari, salah satunya dengan terbiasa untuk rutin mengonsumsi sayur dan buah.

Salah satu gelaja Covid-19 yang seringkali dialami adalah sesak napas dan kekurangan oksigen. Tahukah kamu, evervoners – bahwa terdapat buah tertentu yang membuat tubuh mendapatkan oksigen lebih banyak dari seharusnya di produksi.

Untuk itu, penting untukmu mengetahui 5 buah di bawah ini dan mengonsumsinya secara rutin agar dapat menjaga kadar oksigen dalam tubuh, Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Alpukat

Credit Image - eatthis.com

Buah yang kaya antioksidan merupakan salah satu makanan yang dapat menjaga tingkat oksigen dalam tubuh, seperti alpukat contohnya. Buah yang satu ini sudah dipastikan dapat menjaga tingkat oksigen dalam tubuh karena seorang hhli gizi dan ahli diet – Manisha Chopra telah menjelaskannya.

Menurut Manisha kepada Healthshots – alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan, karena Nilai pH yang terkandung dalam alpulat berkisar delapan.  Lebih dari itu, vitamin dan mineral yang terkandung dalam alpukat juga bisa membantu meningkatkan suplai darah dalam tubuh dan oksigenasi ke otak.

 

#2 – Delima

Melansir dari Times of India, Antioksidan dalam buah delima ternyata bermanfaat untuk membantu memompa tingkat oksigen dalam darah. Karena kandungan antioksidan tersebut dapat melawan radikal bebas dan mencegah pembekuan darah.

Nutrisi yang ada buah delima yang kaya vitamin C memiliki peran penting untuk menentukan kesehatan, termasuk menjaga tingkat oksigen dalam tubuh. Selain itu, Nitrat pada buah delima juga memiliki senyawa yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan kinerja oksigen untuk masuk ke seluruh tubuh.

 

#3 – Lemon

Credit Image - jovee.id

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya oksigen dan dapat membantu kadar oksigen dalam tubuhmu meningkat. Satu buah lemon mengandung 21,6 mg vitamin C, dan kadar sifat elektrolitik di dalamnya membuat lemon menjadi buah yang dapat menenangkan batuk, pilek dan flu.

Seperempat cangkir jus lemon lurus akan memberi 47 persen dari asupan harian oksigenmu, sehingga kamu disarankan untuk mengonsumsi segelas air lemon setiap harinya. Dengan mengonsumsi lemon segelas air lemon setiap hari, niscaya kadar oksigen dalam tubuhmu dapat terpenuhi lho, enervoners!

 

#4 – Kiwi

Selain lemon, buah kiwi juga kaya akan vitamin C dan juga serat makanan yang berfungsi untuk memberikan berbagai manfaat kesehatan. Melansir dari Styles at Life, buah kiwi mengandung banyak fitonutrien yang dapat membantu tubuh menetralisir radikal bebas – yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh dan juga meningkatkan serta memperlancar oksigen masuk ke sel darah.

Mengonsumsi kiwi juga dapat menjaga kesehatan jantung, pencernaan serta kekebalan tubuh. Kiwi mampu membuat oksigen secara tidak langsung meningkatkan produksi oksigen ketika tubuh sudah menurun kadar oksigennya. Untuk itu, pastikan kamu mengonsumsi buah ini secara rutin ya!

 

#5 – Buah Beri

Credit Image - verival.at

Seperti yang sudah diketahui, buah-buahan beri memang kaya akan vitamin. Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah beri juga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, lho. Buah beri kaya akan senyawa yang disebut dengan anthocyanin – yang memiliki fungsi bertanggung jawab untuk melindungi dinding arteri dan menjaga pembuluh darah sehingga lebih fleksibel.

Menguntip dari dari Stylecraze, buah beri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan memiliki nilai pH yang cukup tinggi di dalamnya, yaitu 8. Jenis beri seperti blueberry dan strawberry dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh dan menjaga tubuh dari paparan radikal bebas.

 

Itulah 5 buah yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh. Untuk kamu yang sedang menjalani isolasi ataupun dalam kondisi prima, pastikan mengonsumsi buah-buahan di atas dengan rutin agar oksigen dalam tubuhmu tetap terjaga ya!

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - popmama.com