Enervoners, ketika sedang memberi jawaban tepat merupakan salah satu bahan pertimbanganmu diterima di kantor tersebut.

Saat interview kerja, kamu dituntut untuk memberikan jawaban tepat, termasuk mengenai motivasi melamar kerja. Dengan demikian, pihak pewawancara – biasanya HRD, akan lebih yakin untuk mempekerjakan kamu di perusahaan terkait.

Perlu diketahui, motivasi merupakan salah satu alasan atau tujuan yang dapat digunakan sebagai acuan oleh seseorang ketika melakukan sesuatu. Motivasi melamar kerja, yaitu alasanmu untuk bekerja, serta mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan, atau passion yang dimiliki.

Apakah kamu masih bingung, kira-kira jawaban apa yang perlu diberikan ketika ditanyakan hal tersebut? Nah, kali ini Enervon bakal kasih 5 jawaban yang bisa digunakan. Yuk, simak sampai habis, ya!

 

 

1. Meringankan Beban Orangtua

Credit Image - cermati.com

Jawaban motivasi melamar kerja yang satu ini termasuk yang paling sering digunakan, lho. Jika keinginanmu bekerja adalah untuk membahagiakan orangtua – atau bahkan meringankan beban keluarga, maka jangan malu dalam mengutarakannya, ya. Sampaikan bahwa itulah motivasi yang kamu miliki.

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup masing-masing, jadi tidak ada salahnya kalau motivasi melamar kerja, yaitu untuk tidak lagi membebani kedua orangtua. Kalau ingin menggunakan jawaban ini, kamu bisa mengatakan “saya ingin hidup dengan hasil usaha sendiri, tanpa perlu membebani orangtua”, atau “saya juga ingin memberikan kepada orangtua, agar mereka tak perlu lagi bekerja”.

 

2. Ingin Hidup Mandiri

Setiap orang pastinya ingin dapat hidup mandiri, seperti membayar segala kebutuhan dengan usahanya sendiri. Nah, hal yang satu ini juga dapat kamu jadikan sebagai jawaban motivasi melamar kerja, lho. Sama seperti alasan sebelumnya, jangan pernah malu untuk mengungkapkan tujuan kamu melamar kerja, ya!

Hidup mandiri memang sebuah keharusan ketika sudah mulai beranjak dewasa, sehingga tak ada salahnya, kok, untuk menjadikan hidup mandiri sebagai alasan kuat dalam mencari pekerjaan. Tapi, pastikan kamu sudah menggunakan motivasi melamar kerja yang satu ini secara tepat.

 

3. Membiayai Anggota Keluarga

Credit Image - onefinance.com

Motivasi melamar kerja berikutnya, yaitu ingin membiayai kehidupan anggota keluarga. Kamu bisa jujur dengan keadaan yang tengah dijalani, sebab situasi yang kamu miliki bisa menjadi faktor utama untuk mencari pekerjaan. Misalnya, harus menjadi tulang punggung keluarga, karena orangtua tidak lagi sanggup bekerja.

Bagi sebagian orang, membiayai kehidupan anggota keluarga memang termasuk kewajiban, bahkan cukup umum di lingkungan masyarakat. Jadi, tak perlu berkecil hati – dan ungkapkan saja sebagai jawaban dari pertanyaan motivasi melamar kerja.

Jangan lupa, gunakan bahasa yang baik dan benar agar HRD tidak salah mengartikan jawaban yang kamu berikan, ya.

 

4. Ingin Berpartisipasi Dalam Memajukan Perusahaan

Jawaban yang satu ini terkesan cukup percaya diri, ya? Namun, hal tersebut juga cukup ampuh untuk membuat pihak HRD semakin tertarik ketika sesi wawancara, lho. Jawaban motivasi melamar kerja untuk berpartisipasi dalam memajukan perusahaan juga terbilang masih jarang digunakan oleh para pelamar, nih.

Tidak banyak orang yang memberikan jawaban tersebut, sebab biasanya pelamar akan menjawab seputar masalah pribadi saja. Tapi, tidak ada salahnya kalau kamu ingin mencoba memberikan alasan motivasi kerja yang satu ini.

Kamu dapat mengatakan bahwa “saya ingin bekerja di perusahaan ini, karena berniat untuk memajukan perusahaan. Dan, saya dapat membantu perusahaan agar menjadi lebih baik lagi”.

 

5. Pekerjaan Sesuai Dengan Keahlian yang Dimiliki

Credit Image - tomps.id

Yang terakhir, kamu dapat memberikan alasan motivasi melamar kerja dengan mengatakan bahwa ingin mengembangkan – serta memanfaatkan keahlian yang dimiliki. Jawaban ini juga dapat berarti kalau kamu telah siap bekerja, dan pastinya ingin perusahaan tersebut menjadi lebih maju.

Jika motivasi melamar kerja untuk menyesuaikan dengan keahlian yang dimiliki, kamu bisa memberikan jawaban, seperti “saya memiliki pengalaman di bidang yang sama dengan lowongan pekerjaan, jadi sekiranya skill yang dimiliki dapat bermanfaat bagi perusahaan ini”.

Nah, memiliki jawaban tepat mengenai motivasi melamar kerja memang penting, ya. Namun, pastikan juga kamu sudah memiliki asupan energi yang cukup. Jadi, ketika sesi interview dimulai, kamu pun tetap merasa fokus dalam menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan.

Memiliki energi yang cukup juga dapat mendukung produktivitas, jadi memperoleh masa depan yang sukses bukan lagi sekedar impian! Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

 

Jadi, itulah kelima alasan motivasi melamar kerja yang dapat kamu berikan ketika sesi wawancara, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - journal.sociolla.com