Salah satu tahapan perekrutran pekerja yang tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah wawancara kerja atau interview. Memahami cara untuk menjawab pertanyaan yang sering atau biasanya muncul menjadi satu cara untuk memulai persiapan ini. Dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, pertanyaan soal perkenalan diri sering dianggap remeh namun memiliki dampak yang besar. Bagaimana cara kamu menceritakan diri sendiri kepada tim rekruter akan memengaruhi penilaian mereka terhadap kepribadian dan keterampilan kerja calon karyawan. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan diri adalah salah satu jenis pertanyaan tersebut. Mari mengenali kelebihan dan kekurangan diri serta cara menjelaskannya saat wawancara kerja.

Sebelum mulai pada pembahasannya, pertanyaan yang diajukan tim perekrut tidak selalu menggunakan kata “apa kelebihan dan kekurangan dirimu?”. Beberapa bentuk variasi pertanyaan yang secara garis besar memberikan maksud yang sama adalah sebagai berikut:

  • Apabila kamu meminta rekan kerja menjelaskan dirimu dalam satu kata terkait suatu pekerjaan, kata apa yang akan mereka gunakan?
  • Apakah kamu tipe pekerja yang dapat meningkatkan kerja sama tim?
  • Apa saja sifat atau karakter yang menjadi kelemahan kamu dalam bekerja?

Cara Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri

Sebagian besar orang sulit mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dirinya secara detail. Apalagi jika harus mengaitkannya dengan posisi yang akan dilamar. Lakukan cara ini untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan diri.

1. Melakukan Refleksi Diri

Pertama adalah dengan melakukan refleksi diri atau bertanya pada diri sendiri. Beberapa contoh pertanyaan yang bisa menjadi pancingan untuk proses ini adalah “pujian apa yang pernah diberikan orang lain padaku?”, “tugas apa yang paling aku sukai dan paling cepat aku selesaikan?”, “kondisi atau situasi apa yang membuat aku tidak produktif?”, dan lain sebagainya. Menjawab pertanyaan semacam itu akan membuat kamu memahami kemampuan diri secara efektif.

2. Tanyakan Pendapat Orang Lain

Setelah itu, tanyakan juga pendapat orang lain terkait manajemen kerjamu selama ini. Pilih beberapa orang yang paling kamu percayai dan paling sering berinteraksi denganmu, bisa seorang manajer, guru di kelas pelatihan, klien langganan, dan sebagainya. Lihat dan analisis variasi dan pola jawaban mereka, kemudian pilih keunggulan yang paling menonjol dan kelemahan yang mampu terus diperbaiki. Dalam proses ini, kemampuan mendengarkan orang lain sangat dibutuhkan agar kamu tidak berkecil hati.

3. Buat Daftarnya secara Tertulis

Tuliskan semua jawaban tadi menjadi daftar kelebihan dan kekurangan diri untuk kemudian kamu telaah satu per satu. Pada tahap ini, kamu akan memiliki banyak referensi untuk mengolah jawaban saat wawancara kerja. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan refleksi di masa yang akan datang.

4. Gunakan Jasa Pihak Ketiga Bila Diperlukan

Bila kamu ingin identifikasi yang paling netral, cobalah menggunakan jasa pihak ketiga yang memiliki alat atau instrumen asesmen khusus. Sudah banyak platform digital yang menyediakan fitur ini dan dapat diakses secara gratis.

Cara Menjawab dan Menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan Diri

1. Jadikan Deskripsi Pekerjaan sebagai Fokus Kekuatan

Tidak perlu menjelaskan semua kelebihan kamu, tapi pilih yang paling sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan. Deskripsi ini bisa dilihat pada lowongan pekerjaan kolom kualifikasi atau keterampilan yang dibutuhkan. Tunjukkan bahwa kelebihan kamu dapat menunjang pekerjaan kamu di posisi yang dituju. Tim perekrut kurang memperhatikan kelebihan yang tidak terlalu memengaruhi kinerja.

2. Jabarkan Kemampuan secara Spesifik

Jelaskan keterampilan yang paling kuat secara spesifik dan kaitkan langsung dengan contoh nyata. Misalnya, kamu memiliki kelebihan dalam menggunakan bahasa asing dalam percakapan. Maka jelaskan secara rinci bahwa kamu mampu presentasi dan berdiskusi menggunakan bahasa asing serta menuliskan laporan dalam bahasa yang sama.

3. Eksplorasi Setiap Poin Kemampuan

Saat menjelaskan suatu kelebihan, setidaknya perlu ada 3 topik terkait kelebihan tersebut yang harus kamu sampaikan. Ketiga topik tersebut adalah contoh nyata atau pengalaman yang sudah terjadi, dampak positif menerapkannya, serta seberapa banyak kamu menggunakan kelebihan itu untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

4. Trik Menjabarkan Kekurangan Diri

Kemudian untuk menjelaskan kekurangan diri, ubah cara berpikir sebuah kekurangan sebagai hambatan menjadi peluang untuk terus meningkatkan kemampuan. Dengan begitu kekuranganmu akan dinilai sebagai sesuatu yang bisa diubah. Beberapa contoh kelemahan yang masih bisa ditoleransi tim perekrut biasanya berupa hard skill pendukung, seperti menggunakan alat terbaru, kemampuan presentasi, dan lain-lain. Hindari memilih kekurangan yang melibatkan karakter atau sikap yang mengarah pada ketidakprofesionalitasan kerja.

Prinsip dari menjelaskan kekurangan diri adalah pilih kelemahan dengan akibat yang paling kecil saat bekerja. Kemudian tunjukkan seberapa besar keinginan kamu untuk terus memperbaikinya. Perbanyak penjelasan soal cara mengatasi kekurangan tersebut dibanding konsekuensi memilikinya.

5. Hindari Menyebutkan Kekurangan yang Klasik

Dalam memilih 1-2 kekurangan, pilih jenis yang paling tidak umum disebutkan. Kekurangan seperti perfeksionis dan workaholic adalah jenis jawaban yang paling umum. Beberapa contoh kekurangan yang nyata namun sering tidak disebutkan adalah pemalu, mendelegasikan tugas, meminta pertolongan, mengatur tujuan, dan lain-lain.

Hadapi Wawancara Kerja dengan Tubuh Berstamina

Selain menyiapkan strategi untuk menjawab dan menjelaskan kelebihan dan kekurangan diri, penting juga lho mempersiapkan stamina tubuh dan konsentrasi. Baik itu wawancara yang mengharuskan kamu mendatangi tempat kerja, maupun wawancara secara daring. Stamina tubuh yang prima akan membuat kamu lebih siap menghadapi momen penting ini. Apalagi jika kamu sedang dalam posisi akan mengikuti wawancara kerja di beberapa tempat sekaligus.

Untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan energi yang cukup, mengonsumsi tablet multivitamin adalah langkah yang disarankan. Enervon Active dan varian Enervon lainnya sudah bisa dibeli melalui Tokopedia dan Shopee resmi.

Referensi:

  1. https://www.hirecruiting.com/how-to-identify-strengths-and-weaknesses-at-work/
  2. https://hbr.org/2023/05/how-to-answer-what-are-your-strengths-and-weaknesses
  3. https://www.betterteam.com/strengths-and-weaknesses#.