Sejak tanggal 23 Agustus 2021 silam, penyuntikan vaksin Pfizer udah mulai dilakukan di DKI Jakarta. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Pfizer akan digunakan dalam program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum. Tak perlu khawatir, vaksin yang satu ini juga diberikan secara gratis bagi yang belum mendapat dosis vaksinasi.

Vaksin Pfizer juga sudah mendapatkan UEA – atau izin penggunaan darurat, baik dari BPOM maupun WHO. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai efek samping yang bisa ditimbulkan. Jika mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), biasanya hanya ringan saja, seperti terasa pegal di bagian suntikan, demam ringan, atau merasa ngantuk.

Bagi yang ingin mendapatkan vaksin Pfizer, berikut ini ada sejumlah informasi yang perlu diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

 

Efikasi Vaksin Pfizer – Wajib Diketahui!

Credit Image - megapolitan.kompas.com

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengungkapkan bahwa vaksin Pfizer memiliki efektivitas sebesar 95 persen – pada usia 16 tahun ke atas. Angka tersebut diperoleh berdasarkan uji klinis yang dilakukan.

Selain itu, ada pula uji klinis lainnya yang mengemukakan, vaksin Pfizer efektif memicu respons imun pada usia 12-15 tahun – dengan kekuatan respons imun setara pada usia 16-25 tahun.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Public Health England (PHE) – dua dosis vaksin Pfizer 96 persen efektif mencegah risiko rawat inap pada pasien Covid-19, termasuk akibat varian Delta. Seperti diketahui, varian tersebut lebih mudah menular, bahkan dikhawatirkan memiliki kemampuan untuk ‘kabur dari vaksin.

Saat ini, dikatakan pula bahwa vaksin Pfizer juga akan digunakan oleh anak-anak. Saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah menyetujui penggunaan vaksin tersebut untuk anak berusia 12-15 tahun.

 

Syarat Penerima Vaksin Pfizer

Untuk mendapatkan jenis vaksin yang satu ini, ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi, yaitu:

  • Belum pernah mendapat dosis pertama vaksin Covid-19
  • Berusia di atas 18 tahun
  • WNI yang memiliki KTP – atau domisili DKI Jakarta
  • Bisa diberikan kepada yang memiliki komorbid, dengan catatan membawa surat rekomendasi dokter spesialis yang merawat
  • Tidak berlaku untuk booster, alias dosis ketiga
  • Ketika hari vaksinasi, tunjukkan KTP
  • Mendaftar secara online melalui aplikasi JAKI

Bagi yang ingin mendapatkan vaksin Pfizer, pastikan kamu sudah memenuhi sejumlah syarat di atas, ya.

 

Lokasi Penyuntikan Vaksin Pfizer

Credit Image - rdk.fidkom.uinjkt.ac.id

Dilansir dari PopMama, salah satu lokasi penyuntikan vaksin Pfizer di DKI Jakarta, yaitu Puskesmas Kecamatan Cilandak. Hal ini juga didasari dari unggahan akun Instagram terkait @puskesmaskecamatancilandak. Selain itu, ada pula dua lokasi lainnya yang melayani vaksinasi Pfizer, seperti di Badan PPSDM Kementerian Kesehatan – terletak di Jalan Hang Jebat, dan Gedung Judo Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Saat ini, vaksin Pfizer sudah didistribusikan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Namun, perlu diketahui bahwa Jabodetabek merupakan wilayah prioritas yang bisa memperoleh vaksin jenis ini. Sebab, vaksin Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan khusus – bahkan, harus segera digunakan. Secara spesifikasi vaksin ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara minus 90 hingga minus 60 derajat Celcius.

Selain itu, vaksin Pfizer juga perlu disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan, serta mengencerkan vaksin sebelum disuntikan.

Tentu saja, dengan adanya penambahkan jenis vaksin lainnya yang dapat diperoleh masyarakat Indonesia, ini merupakan kabar baik, sehingga herd immunity bisa segera dicapai – dan pastinya pandemi Covid-19 mampu teratasi.

 

Usai Mendapatkan Vaksin, Prokes Masih Harus Dijalani

Setelah mendapatkan vaksinasi, masyarakat juga masih diimbau untuk tetap melakukan protokol kesehatan – dengan demikian, perlindungan terhadap tubuh semakin maksimal, dan risiko tertular virus dapat diminimalisir.

Menjalani protokol kesehatan 5M yang meliputi memakai masker – dapat gunakan masker ganda, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas – hindari bepergian jika bukan untuk urusan mendesak, dan menghindari kerumunan tetap perlu dipatuhi, hingga nantinya pandemi Covid-19 terbukti bisa dikendalikan.

Perlu diketahui bahwa mendapat vaksin – bukan berarti bebas dari ancaman penularan virus corona. Hanya saja, dengan mendapat vaksinasi risiko mengalami gejala berat, hingga harus dirawat di ICU — atau risiko kematian pun sangat dapat diminimalisir.

 

Konsumsi Suplemen Juga Masih Dianjurkan

Credit Image - medicalnewstoday.com

Tidak hanya protokol kesehatan, menjaga daya tahan tubuh juga tetap diperlukan setelah mendapatkan vaksin. Salah satunya, dengan memenuhi asupan vitamin dan mineral, termasuk dengan mengonsumsi suplemen – yang masih sangat direkomendasikan.

Untuk jenis suplemen, dianjurkan memilih dengan kandungan vitamin bersifat imunomodulator, yaitu dapat membantu meningkatkan, sekaligus menjaga kekebalan tubuh. Lantas, apa suplemen yang sebaiknya dikonsumsi?

Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra bagi tubuh, terutama bagi yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Bagi yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga sistem kekebalan, sekaligus mempertahankan stamina tubuh biar tidak mudah lelah.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah informasi mengenai syarat penerima vaksin Pfizer, serta lokasi penyuntikannya. Apakah kamu sudah vaksin? Kalau belum, jangan ditunda lagi, ya. Nantinya, setelah vaksin, pastikan tetap menerapkan prokes, serta jaga imun tubuh agar risiko paparan virus dapat semakin diminimalisir.

 

 

Featured Image - news.sky.com

Source - popmama.com