Saat ini, Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Di kondisi tersebut, dikhawatirkan rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M. Faqih menyebutkan bahwa masih ada beberapa penyakit infeksi lainnya yang mesti diwaspadai, terutama di musim hujan. Apalagi, cuaca yang cenderung lembap menjadi salah satu penyebab penyakit lebih gampang menular.

Lantas, apa saja penyakit yang mesti diwaspadai selama musim penghujan, selain Covid-19? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Tak Hanya Corona, Penyakit Ini Juga Mudah Menular Selama Musim Hujan

Credit Image - alodokter.com

Diketahui, memasuki musim hujan memang ada berbagai penyakit infeksi, seperti demam berdarah yang jumlah kasusnya terbilang cukup banyak, bahkan angka kematiannya pun masih tinggi. Selain itu, ada juga penyakit tuberculosis – alias TBC dan HIV yang juga memiliki tingkat kasus tinggi di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, jumlah kasusnya juga menduduki rangking lima besar di dunia.

Sejumlah penyakit tersebut pun belum termasuk beberapa penyakit yang sudah dicoba untuk dieradiksi, seperti polio. Namun, di beberapa wilayah kasus penyakit tersebut masih tetap terdeteksi. Bahkan, masih sering terjadi, malah semakin bertambah selama pandemi. Untuk itu, masyarakat diminta agar tetap waspada terhadap penyakit yang rentan terjadi di musim hujan.

 

Cegah Penyakit Dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Credit Image - tribunnews.com

Masih dilansir dari sumber yang sama, yaitu CNN Indonesia, disebutkan bahwa ada sejumlah gaya hidup sehat yang dianjurkan agar tubuh tidak rentan terserang penyakit. Berikut ini di antaranya.

1. Perilaku

Perilaku bersih dan sehat, seperti mandi secara rutin – serta rajin cuci tangan merupakan bagian dari perilaku untuk menjaga diri tetap bersih. Kalau kebersihan sudah terjaga, maka kuman tidak akan masuk ke dalam tubuh. Sebaliknya, kuman, virus, dan bakteri akan makin mudah masuk ke tubuh ketika mengabaikan kebersihan.

 

2. Lingkungan

Selanjutnya, ada faktor lingkungan yang juga tak boleh diabaikan. Dengan sintas dan disinfeksi lingkungan rumah, lingkungan kerja, bahkan lingkungan belanja juga penting dilakukan agar virus tidak bertebaran. Dalam hal ini, yang perlu dilakukan, yaitu membersihkan barang-barang – atau apapun yang sering disentuh banyak orang, termasuk gagang pintu, gadget, serta benda elektronik lainnya. Intinya, rutinlah membersihkan lingkungan sekitar.

 

3. Menjaga daya tahan tubuh

Memang, hal yang satu ini sangat penting dilakukan, mengingat imunitas merupakan benteng utama terhadap penularan penyakit. Daya tahan tubuh bisa dijaga dengan berbagai cara sederhana, termasuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, rutin berolahraga dan istirahat yang teratur.

 

4. Pelayanan kesehatan

Pelayanan kesehatan bisa berarti rumah sakit, klinik, puskesmas dan lainnya. Kelengkapan dan pelayanan fasilitas kesehatan juga penting untuk membantu masyarakat menjaga kesehatan.

 

Rutin Konsumsi Multivitamin Juga Dianjurkan

Credit Image - orami.co.id

Dalam penerapan gaya hidup sehat, memenuhi kebutuhan vitamin juga penting diperhatikan, apalagi di masa pandemi. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin dari Enervon yang punya kandungan lengkap.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Kesimpulannya, tak hanya Covid-19, namun kamu juga mesti mewaspadai risiko penularan penyakit lainnya selama musim hujan. Dalam hal ini, dianjurkan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari!

 

 

Featured Image - honestdocs.id

Source - cnnindonesia.com