Enervoners, kamu pasti setuju bahwa daya tahan tubuh seringkali dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Seperti, ada hal-hal yang bisa membuatnya semakin kuat, seperti rutin berolahraga, hingga istirahat yang cukup. Namun, tak sedikit pula faktor yang justru mampu menurunkan kekuatan sistem imun.

Sayangnya, masih banyak orang yang kerap tidak sadar dengan berbagai kebiasaan yang terus dilakukan, padahal hal tersebut dapat melemahkan daya tahan tubuh, lho. Perlu diketahui bahwa mencegah terserang berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19 yang masih terus mewabah.

Untuk mencegah menurunnya daya tahan tubuh, ada baiknya kamu menghindari 6 kebiasaan buruk berikut ini, ya. Penasaran, apa saja hal tersebut?

Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Pola Makan Tak Seimbang

Credit Image - futuready.com

Seperti yang sudah disebutkan, demi mencapai sistem kekebalan yang kuat, maka kamu direkomendasikan menerapkan pedoman gizi seimbang. Sebaliknya, jika pola makanmu tidak baik, bukan tak mungkin sistem imun akan melemah, lho. Pola makan punya pengaruh yang tinggi terhadap kinerja kekebalan. Jadi, perhatikan poin yang satu ini, ya!

Misalnya, kamu terlalu junk food – pastinya kebiasaan ini akan menurunkan imunitas tubuh. Atau, kerap mengonsumsi makanan ultra process juga dapat menjadi masalah terhadap imunitas tubuh. Bahkan, jika makanan yang dimasak di rumah juga minim terhadap kandungan nutrisi juga akan membuat imunitas tubuh melemah.

Agar sistem imunitas tubuh tetap kuat, kamu perlu memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikro, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dan, penting pula untuk memilih buah dan sayur yang bervariasi agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik.

 

#2 – Konsumsi Gula yang Berlebihan

Kamu masih suka mengonsumsi makanan tinggi gula? Hati-hati, kebiasaan ini bakal menurunkan sistem kekebalan tubuhmu, lho. Asupan makanan tinggi gula yang terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, ternyata gula memiliki struktur yang mirip dengan vitamin C. Nantinya, ketika tubuh memerlukan asupan vitamin C untuk membunuh virus di dalam tubuh – dan kamu terlalu banyak mengonsumsi gula, yang terjadi adalah sistem imun akan kebingungan untuk membedakan antara gula dan vitamin C.

Akibatnya, tubuh tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk melawan virus, karena tidak berhasil memperoleh asupan vitamin C yang cukup.

 

#3 – Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Credit Image - wolipop.detik.com

Memang, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Cukup dengan meluangkan waktu 30 menit dalam sehari sudah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, lho.

Kalau kamu seorang pekerja kantoran yang punya aktivitas padat, serta memerlukan waktu duduk yang lama, cobalah memberikan jeda setiap 30 menit untuk berdiri dan berjalan sedikit walau hanya untuk mengambil air ataupun ke toilet. Selain itu, ketika di kantor, kamu bisa gunakan tangga daripada lift untuk menuju ruangan – intinya perbanyak aktivitas jalan kaki.

Kebiasaan untuk meningkatkan aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Dalam berbagai penelitian menunjukkan kalau berolahraga dapat membantu tubuh menghasilkan antibodi yang akan membantu melawan berbagai macam penyakit.

 

#4 – Tak Punya Manajemen Stres yang Baik

Untuk kamu yang masih sering merasa stres, cobalah atasi perasaan tersebut. Pasalnya, stres berlebihan punya pengaruh buruk terhadap imunitas tubuh. Seseorang yang tidak dapat mengatur tingkat stresnya dapat membuat imunitas tubuh menurun. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pola manajemen stres yang tepat.

Ada pun beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres, yakni memiliki waktu healing dan refreshing. Selain itu, menerapkan metode pernapasan juga membantu melepas stres. Namun, jika memang perlu berkonsultasi dengan psikolog, maka jangan ragu untuk melakukannya, ya.

 

#5 – Kurangnya Asupan Air

Credit Image - grid.id

Sampai saat ini, masih banyak orang yang menganggap remeh kebiasaan minum air, lho. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, segera hilangkan kebiasaan tersebut – dan pastikan kebutuhan cairan tubuhmu sudah terpenuhi. Namun, yang dimaksudkan di sini, yaitu mengonsumsi air mineral – jenis air murni yang tidak punya rasa, bau, maupun warna.

Sekitar 70 persen dari tubuhmu terdiri air, bahkan darah juga membutuhkan air yang cukup untuk mengedarkan kebutuhan oksigen dan sumber nutrisi lainnya untuk tubuh. Jika kamu kekurangan air maka yang terjadi adalah terganggunya sistem peredaran darah untuk membawa kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh organ di dalam tubuh. Akibatnya, imunitas tubuh melemah dan menjadi mudah terkena penyakit.

 

#6 – Melewatkan Asupan Multivitamin

Hal yang satu ini juga kerap dianggap sepele, lho. Padahal, mengonsumsi suplemen secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin. Dengan demikian, kekebalan tubuh pun semakin terjaga dan pastinya menjadi tidak mudah jatuh sakit.

Hal yang satu ini erat kaitannya dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks. Kombinasi keduanya berperan penting dalam mempertahankan imunitas, serta membantu proses pemulihan ketika sakit. Bahkan, vitamin C dan vitamin B kompleks pun berperan dalam pembentukan energi untuk beraktivitas, lho.

Perlu diketahui bahwa vitamin C dan vitamin B kompleks tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Jadi, selain dari makanan, mendapat asupan vitamin dari suplemen multivitamin sangat dianjurkan, ya.

Ada pun suplemen yang direkomendasikan untuk kamu konsumsi, yaitu multivitamin Enervon Active yang kaya akan kandungan lengkap lainnya, sekaligus pastinya baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Kombinasi Vitamin C dan Vitamin B Kompleks secara ampuh dapat menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi dapat melindungi tubuh secara ekstra, sekaligus memberikan rasa segar sepanjang hari!

Lalu, bagaimana kalau punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Kamu direkomenadikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi, yang pastinya lebih tahan lama ya. Manfaat yang satu ini pasti dapat membuat tubuh tak mudah lemas, serta kamu bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

 

Jadi, itulah keenam kebiasaan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Apakah kamu masih suka melakukan hal di atas? Sebaiknya segera dihentikan agar daya tahan tubuh tetap kuat, ya!

 

 

Featured Image - rightasrain.uwmedicine.org

Source - popmama.com