Tahukah kamu bahwa setiap individu mesti mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup setiap harinya? Ya, hal ini benar adanya, sebab mengonsumsi berbagai sumber vitamin yang satu ini dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, serta menjaga kesehatan sistem saraf, lho.

Lebih dari itu, mendapatkan sumber vitamin B12 yang cukup setiap harinya pun bisa bahan bakar yang digunakan tubuh selama beraktivitas. Artinya, tubuh pun tidak gampang merasa lemas, ya.

Namun, dari mana sajakah kamu bisa menemukan sumber vitamin yang satu ini? Nah, setidaknya ada 5 jenis makanan kaya akan vitamin B12 yang disarankan, nih. Tapi ingat, kamu juga tetap memerlukan asupan suplemen multivitamin guna memaksimalkan pemenuhan kebutuhan vitamin tubuh.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini 5 sumber vitamin B12 yang dapat dikonsumsi secara rutin!

 

 

#1 – Daging Sapi

Credit Image - insider.com

Sumber vitamin B12 pertama yang pastinya paling mudah ditemui, yaitu daging sapi. Perlu diketahui, kalau jenis makanan yang satu ini tidak hanya mengandung zat besi saja, namun juga kaya akan vitamin B12, lho. Dalam 85 gram daging sapi, setidaknya terkandung 1,3 mcg vitamin B12.

Bahkan, daging sapi merupakan sumber protein dan vitamin B2 yang mampu meringankan gejala sindrom premenstruasi – yang kerap dialami oleh wanita, nih. Meski disebut sebagai sumber vitamin B12 yang baik, tapi usahakan untuk tidak mengonsumsi daging sapi berlebihan, ya. Ingat, semua yang berlebihan tidaklah baik.

Pasalnya, daging merah memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, sehingga bila dikonsumsi secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Jika ingin mengonsumsi daging sapi, konsumsilah dalam jumlah secukupnya dan kombinasikan dengan sayuran atau biji-bijian utuh yang mengandung banyak serat.

 

#2 – Susu

Berikutnya ada susu yang dapat kamu jadikan sebagai sumber vitamin B12 harian. Dalam1 gelas susu rendah lemak, terkandung 1 mcg vitamin B12. Susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat mencegah gejala sindrom premenstruasi – sama seperti daging merah yang juga bisa dijadikan sebagai sumber vitamin B12 yang baik.

Tak hanya itu, dilansir dari Alodokter, wanita yang mengonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak setiap hari memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami masalah ovulasi. Salah satu cara nikmat untuk mengonsumsi susu, yaitu membuatnya menjadi smoothie, dengan menambahkan buah beku, almond, jahe, dan kayu manis.

 

#3 – Yoghurt

Credit Image - cnnindonesia.com

Bagi pecinta yoghurt, ini kabar baik untukmu! Pasalnya, jenis makanan yang satu ini juga dianggap sebagai sumber vitamin B12 yang baik dikonsumsi secara rutin, lho. Kamu mesti tahu bahwa sekitar 225 gram yoghurt rendah lemak mengandung 1 mcg vitamin B12.

Selain itu, yoghurt juga mengandung kalsium, magnesium, dan protein yang dapat membantu mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi. Kandungan probiotik yang terkandung dalam yoghurt pun baik untuk pencernaan. Namun, pastikan kamu memilih yoghurt yang rendah lemak, ya. Untuk mengolahnya, kamu bisa menambahkan yoghurt ke dalam smoothie atau mencampurnya dengan gandum, buah, atau kacang-kacangan.

 

#4 – Telur

Selanjutnya, ada pula sumber vitamin B12 lainnya, yakni telur. Dalam 1 butir telur rebus dengan ukuran besar mengandung 0,5 mcg vitamin B12.  Telur sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dan vitamin D. Kandungan tersebut penting bagi tubuh untuk menyerap kalsium dan mempertahankan kekuatan tulang.

Cara terbaik untuk mengonsumsi sumber vitamin B12 yang satu ini adalah dengan merebusnya atau membuatnya menjadi telur orak-arik. Namun, jika kamu memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, sebaiknya batasi konsumsi telur, terutama bagian kuning telur.

 

#5 – Berbagai Jenis Ikan

Credit Image - kompas.com

Dan, ada pula sumber vitamin B12 berupa ikan-ikanan yang dapat kamu konsumsi secara rutin, nih. seperti, ikan sarden. Diketahui dalam setiap 85 gram kan tersebut mengandung 7,5 mcg vitamin B12, serta kaya akan kalsium, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Jadi, ikan yang satu ini dapat dijadikan sebagai sumber vitamin B12 harian, ya.

Selain itu, ada pula ikan salmon yang juga kaya akan protein, serta asam lemak omega-3. Dalam 85 gram salmon, terkandung sekitar 5 mcg vitamin B12. Untuk mendapatkan manfaat kandungan salmon secara optimal, masaklah salmon dengan cara dipanggang.

Ikan tuna juga dapat dijadikan sebagai sumber vitamin B12, sebab dalam 85 gram ikan tuna terkandung 2,5 mcg vitamin B12. Mengonsumsi ikan tuna dalam jumlah tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin B12 harianmu, lho.

Dalam tuna, terkandung pula eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati.

Mengonsumsi sejumlah sumber vitamin di atas memang penting adanya, ya. Tapi, seperti yang sudah disebutkan, agar pemenuhan kebutuhan vitamin makin maksimal, pastikan kamu sudah rutin mengonsumsi suplemen multivitamin – yang pastinya juga mengandung vitamin B12, NIH.

Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya, lho.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Nah, itulah kelima jenis sumber vitamin B12 yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Apakah kamu sudah rutin mendapatkan asupan vitamin yang satu ini? Jangan dilewatkan, vitamin B12 juga berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, lho!

 

 

Featured Image - healthifyme.com