Sedang Diet, Tapi Berat Badan Tak Juga Turun? Ini 5 Penyebabnya

Sedang Diet, Tapi Berat Badan Tak Juga Turun? Ini 5 Penyebabnya

font size A Ǎ

Memiliki berat badan ideal memang merupakan dambaan setiap orang. Bukan hanya soal penampilan saja, namun berat badan yang tepat, serta stabil juga penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Pasalnya, obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, mulai dari jantung, diabetes, hipertensi, bahkan kolesterol.

Umumnya, ketika sedang diet, cara yang paling sering dilakukan, yaitu dengan mengurangi porsi makan, mengatur gaya hidup sehat, bahkan memilih jenis makanan yang juga sehat – dan kaya akan nutrisi penting. Tetapi, meskipun sudah menjalani berbagai cara tersebut, masih banyak orang yang merasa kesulitan menurunkan berat badan, lho.

Sudah menjalani upaya diet, namun angka di timbangan tak kunjung turun. Apakah kamu sedang mengalami hal serupa? Ternyata, menurut seorang ahli gizi asal New York, Lisa Moskovits, ada 5 hal yang dapat menghambat penurunan berat badan, walau sudah mengonsumsi makanan sehat.

Apa saja sih hal tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

#1 – Terlalu Memerhatikan Kalori, Tapi Kurang Nutrisi

Sedang Diet, Tapi Berat Badan Tak Juga Turun? Ini 5 Penyebabnya

Credit Image - journal.sociolla.com

Perlu diketahui, kalori merupakan takaran energi di dalam suatu makanan. Jika ingin menurunkan berat badan, berarti kamu mesti mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, sebagian besar orang terlalu fokus dengan pengurangan kalori, dan lupa soal pemenuhan gizi.

Dilansir dari Insider, gizi berperan penting untuk memenuhi nutrisi, dibanding hanya berfokus pada jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, kamu bisa memilih jenis makanan yang sama-sama mengandung 100 kalori, tapi kaya akan gizi. Nah, hal ini akan lebih membantu proses diet agar berjalan lancar, ya.

 

#2 – Stres dan Kurang Tidur

Ketika kamu stres dan kurang tidur, kedua hal ini juga bakal memengaruhi program diet yang tengah kamu jalani, lho. Sebab, hal tersebut dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan tentunya kondisi kesehatan mental juga akan memengaruhi tubuh secara fisik.

Menurut Lisa Moskovitz, diet yang sempurna dan banyak aktivitas tidak bisa membentuk badan ideal, jika kamu mengalami stres yang tinggi. Lebih baik atur waktu dalam sepekan untuk tidur ekstra dan yoga. Bermeditasi dan menenangkan tubuh dapat memiliki efek positif, penurunan berat badan pun jadi lebih cepat.

 

#3 – Mengurangi Porsi Makan Secara Drastis

Sedang Diet, Tapi Berat Badan Tak Juga Turun? Ini 5 Penyebabnya

Credit Image - canhope.kompas.id

Apakah kamu termasuk yang melakukan cara ini dalam program dietmu? Wah, sebaiknya dihindari, ya! Ketika sedang diet, hal utama dan sering dilakukan, yaitu mengurangi porsi makan secara drastis. Dengan demikian, bukan tidak mungkin tubuh akan sering merasa lapar. Hal ini ternyata bisa berdampak buruk, lho.

Kurang asupan makanan akan memaksa tubuh menimbun atau menyimpan semua kalori. Jadi, alih-alih membakar sebagai mekanisme perlindungan, hal tersebut justru bakal memperlambat metabolisme tubuh.

 

#4 – Masih Sering Mengonsumsi Makanan Kemasan

Ketika sedang diet, mungkin kamu seringkali memilih jenis makanan yang mudah dijangkau, termasuk makanan kemasan. Padahal, kalau kalau kamu kerap membeli makanan kemasan sebagai rendah lemak atau rendah natrium, pelan-pelan justru akan merusak tubuh.

Untuk itu, disarankan agar menghindari makanan kemasan, kalau bisa benar-benar tidak mengonsumsinya sama sekali. Sebab, hal ini tidak akan membantu proses penurunan berat badanmu, ya. Kandungan bahan pengawet dan kimia lainnya pun lebih banyak dibanding yang alami.

 

#5 – Punya Kondisi Kesehatan Tertentu

Sedang Diet, Tapi Berat Badan Tak Juga Turun? Ini 5 Penyebabnya

Credit Image - panduandiet.com

Faktor terakhir yang dapat memengaruhi penurunan berat badan, yakni adanya kondisi kesehatan tertentu. Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa dirinya punya masalah kesehatan. Bukan tidak mungkin, kondisi tersebut dapat menghambar program diet yang tengah kamu jalani, lho.

Misalnya, ada yang tidak menyadari punya masalah kesehatan berkaitan dengan tiroid yang kurang aktif, serta menghalami sensitivitas insulin. Jadi, disarankan sebelum memulai diet, ketahui dulu atau cek ke dokter apakah tubuh bisa melakukan diet tertentu atau tidak. 

 

Itulah kelima alasan mengapa berat badan sulit turun, meskipun kamu sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat. Pastikan kamu menjalani diet sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh, ya. Jangan hanya karena ingin kurus, lantas tak memerhatikan kesehatan tubuh!

 

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!