Tahukah kamu bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia? Bahkan, kondisi yang satu ini berhasil menempati posisi pertama, lho. Penyakit jantung tidak memandang usia, bisa menyerang anak-anak, remaja, hingga orang dengan usia lanjut.

Apalagi, Covid-19 yang masih terus mewabah juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan jantung ketika kamu terpapar virus tersebut. Untuk itu, mempertahankan kesehatan jantung penting dijalani, ya. Menjaga kesehatan organ vital tersebut juga cukup mudah dilakukan, seperti menjalani pola makan dan hidup yang sehat.

Seperti diketahui, gaya hidup sehari-hari sering menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit jantung. Ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik, tekanan yang dialami, atau jenis makanan yang dikonsumsi.

Untuk menjaga kesehatan jantung, terutama di masa pandemi, berikut ini 5 tips yang dapat kamu terapkan, Enervoners. Simak selengkapnya sampai habis, yuk!

 

 

#1 – Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Credit Image - timesindonesia.co.id

Makanan sehat menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan jantung. Jenis makanan ini meliputi sayur dan buah, lho. Keduanya merupakan sumber nutrisi yang kaya akan sumber vitamin dan mineral. Banyak kandungan-kandungan substansial yang dapat menjaga kesehatan jantung dimiliki oleh sayur dan buah.

Mengonsumsi sayur dan buah juga akan mencegah seseorang mengonsumsi kalori berlebih. Hal ini menjadikan sayur dan buah baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya serangan jantung.

Selain itu, kamu juga dianjurkan rutin mengonsumsi sumber biji-bijian utuh, ya. Jenis makanan tersebut dapat kamu jadikan sebagai pengganti nasi putih, misalnya menjadi nasi cokelat – atau bisa juga nasi merah. Tak hanya itu, kamu dapat memilh roti yang terbuat dari tepung gandum utuh, yang pastinya baik bagi kesehatan jantung.

 

#2 – Memperoleh Asupan Lemak Sehat

Tenang, lemak tidak selalu bersifat jahat, kok. Ada juga lemak sehat yang diperlukan bagi tubuh untuk menjalani fungsinya. Tetapi, hanya ada jenis lemak tertentu yang dapat memberikan dampak baik, termasuk dalam urusan menjaga kesehatan jantung.

Dilansir dari Help Guide, mengonsumsi lemak monounsaturated fat dan polyunsaturated fat dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Selain itu, lemak sehat ini dapat menurunkan LDL dan menaikkan HDL, menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya irama jantung yang abnormal, serta mencegah terjadinya penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah.

Jenis lemak sehat tersebut dapat kamu peroleh dari mengonsumsi alpukat, kacang-kacangan, ikan, biji bunga matahari, biji labu, minyak zaitun, minyak kelapa, maupun ikan.

 

#3 – Batasi Konsumsi Garam

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Langkah selanjutnya yang perlu kamu terapkan demi menjaga kesehatan jantung, termasuk di masa pandemi, yaitu dengan memerhatikan asupan garam sehari-hari. Jangan dianggap sepele lho, konsumsi garam berlebih dapat mendatangkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, termasuk yang berkaitan dengan kondisi kesehatan jantung.

Lebih baik, kamu mengurangi asupan garam, karena hal ini juga dapat meningkatkan irama detak jantung. Selain itu, konsumsi garam berlebih juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi – yang menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit kardiovaskular.

 

#4 – Jalani Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat memang baik untuk mempertahankan kesehatan jantung, salah satunya rutin berolahraga. Dalam sebuah studi 1996 US Surgeon General’s Report on Physical Activity and Health membuktikan bahwa adanya kaitan antara aktivitas fisik dengan kesehatan jantung. Seseorang yang cenderung lebih aktif secara fisik memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah daripada orang-orang yang tidak terlalu aktif secara fisik, lho.

Dalam beberapa studi, disarankan kamu cukup melakukan olahraga selama 30 sampai 60 menit per hari dengan intensitas sedang. Rutinitas ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali per minggu.

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan kondisi kesehatan mental. Jadi, hindari berfokus pada kesehatan secara fisik saja. Kondisi mental yang baik juga dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu bisa rutin melakukan aktivitas fisik, rajin melakukan meditasi, melakukan sosialisasi secara berkala, atau melakukan kegiatan refreshing yang disukai. Menjaga kondisi fisik dan mental sangat penting untuk kesehatan jantung. Sebab keduanya saling memengaruhi dan memberikan dampak pada kesehatan jantung.

 

#5 – Rutin Konsumsi Vitamin C

Credit Image - womansworld.com

Ternyata, vitamin yang satu ini juga berperan baik terhadap kesehatan jantung, tak hanya soal menjaga sistem kekebalan tubuh saja. Mungkin kamu masih bingung – bagaimana sih cara vitamin C menjaga kesehatan jantung? Berikut ini di sejumlah caranya.

  • Vitamin C memiliki kaitan erat dengan penurunan kadar lipoprotein yang umumnya dapat memicu stroke. Sehingga, secara tidak langsung manfaat ini juga turut menjaga kesehatan jantung, lho.
  • Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah.
  • Vitamin C mampu melindungi tubuh dari risiko penggumpalan dalam pembuluh darah.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • Vitamin C dapat membantu proses penyembuhan dinding arteri yang rusak, sehingga mencegah penimbunan kolesterol di dalam tubuh.
  • Vitamin C merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular.
  • Membantu meningkatkan kadar kolestrol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sejumlah hal di atas, sudah pasti memiliki kaitan erat dengan kesehatan dan fungsi jantung, ya. Untuk itu, guna menjaga kesehatan jantung tetap maksimal, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis.

Namun, agar lebih mudah, kamu sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima tips menjaga kesehatan jantung selama pandemi. Yuk, diterapkan dalam rutinitas sehari-hari, ya!

 

 

Featured Image - aimsindia.com

Source - popmama.com