Memenuhi kebutuhan vitamin setiap harinya memang penting, terutama di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, hal tersebut dapat vitamin C dan vitamin B kompleks, yang ternyata punya fungsi mengejutkan!

Ya, fungsi vitamin C dan vitamin B kompleks mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan termasuk paru-paru sekalipun. Seperti diketahui, paru-paru merupakan organ yang dapat terdampak infeksi Covid-19, bahkan pasiennya sering merasakan sesak napas, dada terasa sakit, hingga pneumonia.

Lantas, apa sih kaitannya fungsi vitamin C dan vitamin B kompleks dalam mempertahankan kondisi kesehatan paru-paru?

Berikut ini ulasan lengkapnya. Yuk, simak sampai habis, Enervoners!

 

 

Fungsi Vitamin C dan B Kompleks: Bantu Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Credit Image - sepalika.com

Sudah diketahui bahwa fungsi vitamin C punya kaitan erat dengan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun, serta dapat membantu menangkal berbagai penyakit, seperti flu maupun pilek. Kamu pun sudah tahu akan hal yang satu ini, kan? Namun, lebih dari itu, vitamin ini juga dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru, lho.

risiko pneumonia, termasuk yang disebabkan oleh Covid-19. Selain itu, fungsi vitamin C juga diyakini dapat mencegah – dan mengendalikan gejala asma. Wah, pastikan kamu sudah rutin mendapat asupan vitamin ini agar manfaatnya dapat dirasakan, ya.

Sementara itu, fungsi vitamin B kompleks juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan organ paru-paru, nih. Ini berkaitan dengan vitamin B9 – atau asam folat yang dapat membantu melindungi paru-paru dari berbagai penyakit, seperti emfisema, bronkitis kronis, beberapa bentuk asma, dan juga pneumonia – termasuk yang disebabkan oleh virus corona.

Lalu, ada pula fungsi vitamin B6 yang juga sering dikaitkan dengan perannya untuk membantu fungsi paru-paru menjadi lebih baik secara keseluruha, sekaligus memberikan perlindungan sehingga risiko kanker paru bisa diminimalisir.

Untuk itu, pastikan kamu sudah mendapatkan kedua asupan vitamin tersebut agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

 

Asupan Lainnya yang Juga Baik Untuk Paru-Paru

Credit Image - jovee.id

Selain kedua fungsi vitamin di atas, kamu juga perlu memenuhi berbagai jenis mineral yang disebut baik untuk kesehatan paru-paru. Lantas, apa saja sih mineral yang dimaksud? Ini berupa asupan magnesium, kalsium, selenium, dan potasium yang dapat diperoleh dari makanan, ya. Sejumlah mineral tersebut dapat membantu menurunkan risiko asma, lho.

Magnesium juga dapat mengendurkan otot-otot di sekitar bronkus paru, sehingga saluran pernapasan tetap terbuka. Perlu diketahui, terjadinya penyempitan brokus bisa memicu timbulnya penyakit asma. Untuk memperoleh mineral tersebut, kamu bisa mengonsumsi sayuran berwarna hijau, kacang, biji-bijian, gandum, daging sapi dan ayam, buah-buahan, dan ikan.

Namun yang tidak kalah pentingnya, pastikan kamu juga sudah menerapkan hidup bersih, seperti sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, hindari menyentuh bagian wajah – terutama mata, hidung, dan mulut, serta menerapkan etika batuk dan bersin. Yang pasti, pastikan kamu tetap memakai masker ketika bepergian keluar rumah, ya.

 

Sumber Vitamin C dan Vitamin B Kompleks Terbaik

Credit Image - vitamins.lovetoknow.com

Kebutuhan vitamin C dapat kamu penuhi dengan mengonsumsi sejumlah makanan, seperti buah jeruk, kiwi, mangga, pepaya, jambu biji, brokoli, paprika, kale, cabai, dan juga tomat. Sementara itu, vitamin B kompleks bisa diperoleh dari seafood – seperti ikan, kerang, dan tiram, susu dan produk olahannya, telur, gandum, dan biji-bijian.

Agar asupan vitamin, termasuk vitamin C dan vitamin B kompleks semakin maksimal. Dianjurkan pula untuk rutin mengonsumsi suplemen multivitamin, ya. Tapi, pastikan kamu minum di waktu yang tepat – agar penyerapan pun bisa berjalan optimal. Dengan demikian, fungsi vitamin keduanya pun dapat dirasakan secara maksimal, termasuk bagi kesehatan paru-paru.

Mengenai multivitamin yang direkomendasikan, kamu bisa mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active yang punya kandungan lengkap, nih.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Yang pasti, fungsi vitamin dalam kedua multivitamin tersebut bakal membantu menjaga kesehatan paru-paru kamu. Jadi, tak perlu ragu untuk mengonsumsi suplemen Enervon Active, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui fungsi vitamin C dan vitamin B kompleks untuk menjaga kesehatan paru-paru, ya. Mulai sekarang, yuk rutin konsumsi kedua vitamin tersebut!

 

 

Featured Image - klikdokter.com