Enervoners, apakah kamu mengetahui hal mengenai disiplin diri? Ya, meski sering dianggap sepele, namun aspek yang satu ini penting untuk membantu meningkatkan produktivitas kamu, lho. Bahkan, menerapkan menyelesaikan berbagai pekerjaan yang dimiliki.

Selain itu, kalau kamu ingin mendapatkan jenjang karir yang cemerlang, disiplin diri juga tentu saja penting, lho. Jadi, sudahkah kamu disiplin dalam melakukan berbagai pekerjaan? Kalau belum, jangan khawatir, sebab kali ini Enervon punya 4 tips yang dapat membantu kamu, nih.

Tenang, skill disiplin diri bisa dilatih secara perlahan. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Mungkin inilah ungkapan yang tepat dalam melatih disiplin diri. Nah, tanpa perlu berlama-lama, berikut ini ulasan mengenai disiplin diri.

Simak sampai habis, yuk!

 

 

Apa Itu Disiplin Diri?

Credit Image - jojonomic.com

Sebelum memasuki ulasan mengenai cara meningkatkan disiplin diri, pastinya kamu perlu mengetahui definisi dari hal tersebut terlebih dahulu, ya. Menurut Mind Tools – disiplin diri merupakan kemampuan untuk mendorong diri sendiri agar semakin maju, serta termotivasi dalam berbagai kondisi. Misalnya, kalau ada distraksi atau kendala, seseorang yang disiplin bakal tetap maju untuk mencapai tujuannya.

Agar bisa memiliki kemampuan untuk disiplin, kamu perlu berlatih berulang kali, bahkan setiap harinya, lho. Memang ini tidak mudah, namun bukan hal yang tidak mungkin. Kalau dirimu sering merasa moody – atau susah untuk mengatur waktu dengan baik, maka prinsip disiplin perlu dipelajari lebih dalam lagi.

Dengan menjadi seseorang yang disiplin, apalagi di dunia kerja, kamu pun dapat menjadi seseorang yang dapat membuat keputusan rasional, bukan emosional. Jadi, tidak ada rasa menyesal – atau bersalah di kemudian hari, ya.

 

Apa Saja Manfaatnya?

Credit Image - blog.jfgranja.com.br

Kalau sudah mengetahui definisinya, kini kamu perlu mengetahui berbagai manfaat baik dari disiplin diri, nih. Berikut ini di antaranya.

  • Mampu melewati masa sulit

Dilansir dari The Business Woman Media, salah satu memiliki manfaat disiplin diri, yaitu menjadi pribadi yang mampu melewati situasi apapun, termasuk yang sulit sekalipun. Memang, dalam berkarir, tentu ada masa-masa yang sulit, kan? Semua orang pasti pernah mengalami kondisi tersebut.

Jika kamu termasuk orang yang disiplin, sudah pasti kamu bisa menjadi tangguh dan sabar dalam melalui segala tantangan yang dihadapi tersebut.

 

  • Hasil pekerjaan lebih baik

Karena kamu dapat bersikap disiplin, serta fokus terhadap pekerjaan yang ada, maka hasil pekerjaan pun kemungkinan besar kana menjadi lebih baik. Pasalnya, selama bekerja, kamu jarang terdistraksi, baik secara eksternal maupun internal.

Lebih dari itu, sikap disiplin diri ini juga dapat membantumu menjadi lebih produktif dalam melakukan pekerjaan, lho.

 

  • Membantu mempelajari hal baru

Disiplin diri juga berkaitan dengan proses belajar mengenai hal-hal baru. Disiplin yang baik dapat membantumu melakukan kegiatan baru, karena akan terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuan diri, meskipun memang ini bukanlah hal yang mudah.

Dalam karir, melatih skill, termasuk soft skill sangat dibutuhkan. Sebab, kemampuan ini akan membantumu terus berkembang.

 

4 Cara Membangun Disiplin Diri

Credit Image - codemi.co.id

Untuk melatih, serta membangun sikap positif yang satu ini, kamu hanya memerlukan 4 cara sederhana, lho. Apa saja, ya?

1. Pilih tujuan yang ingin dicapai

Hal pertama yang perlu kamu lakukan, yaitu mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Tanamkan dalam benakmu mengenai tujuan tersebut – dan pastikan sudah selalu fokus dalam mencapainya. Tujuan ini tidak harus mengenai pekerjaan, kok. Misalnya, sesederhana ingin menyelesaikan 20 buku dalam satu tahun.

Nah, dalam menentukan tujuan, gunakan paduan SMART, yang terdiri dari specific, measurable, attainable, relevant, dan juga time-bond. Pastikan kamu sudah menerapkan sejumlah hal tersebut untuk mengetahui tujuan yang benar-benar ingin dicapai, ya.

 

2. Temukan motivasi

Selanjutnya, pikirkanlah mengapa kamu ingin mencapai tujuan tersebut dengan menjadi diri yang disiplin. Seperti, ingin membaca 20 buku dalam satu tahun guna meningkatkan pengetahuan – atau mengasah skill tertentu.

Selain itu, dalam mencapai tujuan pastinya akan ada kendala yang dihadapi. Sikap disiplin bisa membantumu mengatasi tantangan tersebut, lho. Tapi, kamu juga perlu mengetahui kendala yang mungkin terjadi, misalnya rasa malas. Maka, carilah cara untuk mengatasi rasa tersebut.

 

3. Pantau perkembangan

Setiap perkembangan yang kamu alami, sudah pasti harus dicatat, ya. Meski hanya perkembangan kecil, namun tetap saja ini sebuah kemajuan, lho. Contohnya, kalau ingin membaca 20 buku setahun, berapa buku yang sudah dibaca bulan ini? Atau, berapa halaman yang mesti dibaca dalam per hari? Pastikan kamu sudah memenuhi, sekaligus mencatat target-target kecil tersebut.

 

4. Tetap fokus

Untuk mencapai tujuan dengan menerapkan disiplin diri, pastikan kamu tetap fokus terhadap hal yang ingin dicapai tersebut, ya. Buang jauh-jauh pikiran yang kurang penting, serta yang dapat mengganggu proses mencapai cita-cita kamu.

Namun, yang pasti, agar pikiran tetap fokus, pastikan kamu juga sudah mendapatkan asupan energi yang cukup, seperti dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon Active,  pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, sudahkah kamu punya sikap disiplin diri? Kalau belum, yuk terapkan 4 tips di atas untuk mewujudkannya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - karirgogo.com